Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
kenapa-balita-perlu-masuk-prasekolah_large
Pola Asuh Anak

Kenapa Balita Perlu Masuk Prasekolah?

15 Januari 2020

Kenapa balita perlu masuk prasekolah? Prasekolah adalah tempat di mana balita bisa mulai belajar hal-hal dasar, yang bisa menjadi bekalnya sebelum memasuki sekolah dasar.

Di prasekolah yang tepat, si Kecil akan mendapatkan banyak kemampuan baru yang sesuai dengan perkembangan usia dan kecerdasannya dengan mulai berkreasi, bermain dan menjelajah. Berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan prasekolah untuk perkembangan si Kecil:

- Mulai Belajar Kemampuan Bersosialisasi

Dengan menjadi bagian pada kegiatan bernyanyi dan membaca cerita juga eksperimen dalam berkesenian, si Kecil akan mendapatkan pengalaman untuk mengikuti arahan dan bekerja sama dengan teman sebayanya.

- Perkenalan Dengan Hal Dasar

Manfaat mengikuti prasekolah juga termasuk mengeja kata, bernyanyi, belajar menghitung, meningkatkan kemampuan berbahasa lewat dongeng, hingga belajar mengenal warna. Semua aktivitas menyenangkan ini bisa meningkatkan rasa ingin tahu dan pengetahuan si Kecil. Si Kecil juga akan berkenalan dengan tanaman, biologi, geologi hingga mengenal bentuk. Si Kecil juga akan mengenal musim dan bermain di luar ruangan.

- Belajar Tentang Dunia Yang Lebih Luas

Semakin sering si Kecil bermain, menjelajah dan melihat banyak orang-orang di sekitarnya, maka ia akan belajar lebih banyak. Di prasekolah, kesempatan untuk terus mengeksplorasi tidak memiliki batasan.

Did you know?

”Penyesuaian ke fase prasekolah bisa menjadi hal yang sulit bagi balita, namun Ibu bisa membantu si Kecil melalui fase transisi ini. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

- Memiliki Kesempatan Untuk Berkreasi

Guru prasekolah memiliki berbagai jenis proyek seni dan kerajinan tangan untuk si Kecil. Dengan berkreasisi Kecil akan memiliki kesempatan lebih besar untuk memunculkan sisi kreatifnya dan mengembangkan daya imajinasinya.

- Arahan dari Ahlinya

Penting untuk memiliki guru yang bagus dan memiliki pengaruh positif bagi si Kecil, karena guru pertama si Kecil akan memberikan ia dan Ibu, banyak pelajaran seputar pengembangan kepribadian dan kognitif anak.

Berikan si Kecil dukungan terbaik untuk pertumbuhannya, penuhi asupan nutrisinya di sini.

Baca Juga:

Hindari Perilaku Buruk Balita Di Prasekolah

Tahap Perkembangan Usia Anak 6 Tahun

- Webster-Stratton, C. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 1997; 65, 93-109.

- Arnold, D. H., et al. Journal of Community Psychology, 1999;27, 589-598.

comment-icon comment-icon