Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
makanan-yang-mendukung-perkembangan-otak-balita_large
Nutrisi

Nutrisi Otak untuk Anak dan Perkembangan Kognitif Balita

15 Januari 2020

Otak balita tumbuh dan berkembang dengan pesat di tahun pertama kehidupannya. Karena itu, Mama perlu memenuhi asupan nutrisi otak untuk anak.

Apa Saja Makanan Nutrisi Otak untuk Anak?

Mengajaknya aktif belajar dan melakukan aktivitas positif merupakan salah satu cara untuk optimalkan perkembangan otak balita. Mengonsumsi makanan sehat secara tepat juga penting bagi si Kecil. Makanan yang mengandung antioksidan, kolin, asam lemak omega 3 dan karbohidrat mampu membantu meningkatkan kesehatan otak si Kecil.

Antioksidan

Nutrisi untuk perkembangan otak balita yang diperoleh dari antioksidan ini mampu menjaga otak si Kecil dari kerusakan akibat terjadinya cidera dan gangguan ringan yang dialami. Antioksidan bermanfaat untuk merawat saraf-saraf halus pada otak, serta menjaga neuron dan sel dari radikal bebas. Contoh makanan yang kaya akan antioksidan adalah stroberi, rasberi, bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Anjuran sajian makanan nutrisi otak untuk anak yang mengandung antioksidan:
- Konsumsi buah segar dengan yogurt rendah lemak.
- Campurkan yogurt dan buah, tambahkan susu dan buatlah smoothie.
- Gunakan potongan stroberi atau bluberi segar sebagai isi roti. Potongan buah segar lebih sehat dibandingkan selai.

Kolin

Kolin adalah nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan fungsi ingatan si Kecil. Kolin membantu otak untuk berkomunikasi dengan seluruh anggota tubuh, melalui saraf-saraf. Contoh makanan yang mengandung kolin adalah telur (terutama kuningnya), brokoli, yogurt, daging, tofu dan kacang-kacangan.
Anjuran sajian makanan yang mengandung kolin:
- Menyajikan telur dadar
- Tumis tofu potongan dadu bersama daging dan brokoli, sajikan dengan mie soba.

Asam Lemak Esensial Omega 3

Lemak sehat yang terkandung di ASI ini sangat baik bagi perkembangan otak si Kecil. Omega 3 membantu mengoptimalkan perkembangan otak dan mata si Kecil, juga mampu membuat mood si Kecil jadi lebih stabil. Makanan yang mengandung banyak omega 3 adalah salmon, udang, kerang, kacang-kacangan, telur yang diperkaya dengan omega 3.

Anjuran sajian makanan yang mengandung omega 3:
- Sajikan salmon fillet atau salmon salad yang dilengkapi dengan roti gandum
- Campurkan beberapa jenis kacang-kacangan, sereal gandum kering dan beberapa buah kering untuk cemilan sehat.

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah gandum utuh yang kaya serat. Ini sangat penting bagi fungsi otak si Kecil, karena karbohidrat kompleks merupakan bahan bakar utama bagi berjalannya fungsi otak. Di dalam tubuh karbohidrat bekerja sebagai sumber energi. Makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks antara lain, roti gandum utuh, pasta, biskuit, sereal, kentang, nasi merah.

Anjuran sajian makanan yang mengandung karbohidrat kompleks:
- Semangkuk sereal maupun oatmeal dengan susu rendah lemak
- Kentang panggang, disajikan bersama bawang putih dan salad
- Nasi putih yang dimakan dengan kari sayur.
- Terung kukus yang dimakan bersama sambal.

Mama bisa penuhi nutrisi Si Kecil dengan konsumsi vitamin untuk perkembangan otak anak atau penuhi asupan nutrisi yang bermanfaat bagi perkembangan otak si Kecil di sini.

  • Kleinman RE, Finberg LF, Klish WJ, Lauer RM. Dietary guidelines for children. J Nutr.. 1996;126:1028S-1030S.
  • McGill HC Jr, et al. Pathobiological Determinants of Atherosclerosis in Youth (PDAY) Research Group. Arterioscler Thromb Vasc Biol.. 1995;15:431-440.
comment-icon comment-icon