Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
sakit-punggung-saat-kehamilan_large
Kehamilan & Menyusui

Sakit Punggung saat Kehamilan

15 Januari 2020

Sakit punggung saat hamil kerap terjadi pada ibu mengandung. Berikut tips dari Tim Ahli Nutriclub untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri punggung yang Ibu alami.

Penyebab Sakit Punggung di Masa Kehamilan

Sakit punggung atau nyeri punggung yang Ibu rasakan ini diakibatkan oleh beban perut yang semakin besar, beban ini menarik otot punggung belakang ke depan. Selain itu, ligamen-ligamen jaringan tubuh Ibu mulai melunak karena persiapan proses melahirkan. Proses ini juga akan menyebabkan nyeri pada panggul dan punggung Ibu.

Did you know?

”Kadang, melakukan hubungan seksual dan mencapai orgasme dapat membuat Ibu merasa kram dan nyeri di punggung. Ketahui selengkapnya di sini.“

Tips Atasi Sakit Punggung

Untuk mengatasi rasa sakit pada punggung Ibu, Ibu bisa mencoba mengubah posisi tidur atau melakukan pijatan lembut untuk menguranginya. Berikut beberapa tips untuk mengatasi rasa sakit di punggung:

Cara jaga postur tubuh

Postur tubuh Ibu mempengaruhi rasa nyeri yang Ibu rasakan. Coba tetap tegak dan menjaga perut Ibu dalam posisi masuk ke dalam. 

• Posisi duduk  : Usahakan duduk tegak. Kalau perlu, tahan punggung Ibu dengan bantal. 

• Posisi tidur : Berbaringlah di satu sisi tubuh, taruh bantal di antara lutut untuk menjaga posisi yang benar. Selain itu, gunakan lengan Ibu untuk membantu mendorong tubuh ke atas sekaligus menahan perut Ibu. Posisi ini akan mengatasi ketegangan pada punggung sehingga rasa nyeri hilang.

Gunakan sepatu yang nyaman

Sepatu yang nyaman itu penting. Selama hamil  mungkin sebaiknya Ibu menghindari penggunaan sepatu berhak tinggi karena bisa memicu nyeri punggung dan kontraksi.

Menjaga aktivitas tubuh

Di masa kehamilan Ibu disarankan untuk melakukan olahraga yang sesuai untuk ibu hamil seperti renang, jalan santai, yoga atau senam khusus hamil  bisa Ibu lakukan, untuk mengatasi sakit di punggung. 

Hindari mengangkat beban yang berat

Saat kehamilan, Ibu sudah membawa janin di dalam perut Ibu. Hindari membawa beban berat yang akan memberi tekanan tambahan pada tubuh. Jika  harus mengambil sesuatu di bawah, jangan lupa tekuk lutut Ibu dan bertumpu pada paha untuk berdiri kembali.

Jika Ibu merasakan rasa nyeri di punggung yang begitu hebat dan tidak berkurang meski Ibu sudah melakukan beberapa upaya untuk meredakan nyeri tersebut, sebaiknya Ibu segera hubungi dokter.

comment-icon comment-icon