Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
tetap-cantik-saat-hamil_large
Kehamilan & Menyusui

Tetap Cantik Saat Hamil

15 Januari 2020

Perut Ibu tentunya akan semakin buncit setiap pekan di masa kehamilan ini. Namun Ibu hamil juga tetap bisa tampil dan menarik.

Ibu Hamil Butuh Perhatian 

Kehamilan Ibu tentunya ikut membahagiakan bagi keluarga dan teman terdekat, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama Ibu. Namun banyaknya perubahan hormon selama masa kehamilan akan membuat Ibu jadi lebih sensitif.

Ibu mungkin merasa dilupakan, merasa tidak dihargai secara individual dan Ibu butuh perhatian lebih. Ketika perut Ibu semakin besar, biasanya keluhan yang Ibu alami juga semakin banyak. Mulai dari rasa tidak nyaman yang mengakibatkan sulit tidur, Ibu juga akan semakin mudah merasa lelah. Jadi jangan lupa untuk manjakan diri Ibu. 

Turuti keinginan diri sendiri. Jika tubuh Ibu terasa membutuhkan istirahat, maka sebaiknya Ibu tidur. Ibu juga bisa melibatkan suami atau meminta bantuan orang lain untuk membantu Ibu menyelesaikan tugas di rumah di saat Ibu perlu istirahat.

Berbagi dengan Suami 

Berbagi rasa dengan suami mengenai keluh-kesah bahkan kekawatiran Ibu, akan membuat Ibu merasa lebih lega. Jika di masa kehamilan ini Ibu juga merasa kalau Ibu kurang diperhatikan, jangan sungkan bicara dengan suami, keluarga, atau teman dekat Ibu. Mereka pasti mendengarkan dan dapat membuat Ibu merasa lebih nyaman dengan apa yang Ibu rasakan. 

Did you know?

”Olahraga selama hamil dapat menjaga kebugaran tubuh dan mengontrol kenaikan berat badan Ibu. Olahraga rutin yang bisa Ibu lakukan antara lain yoga, renang, atau senam hamil. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Ibu bisa melakukan beberapa kegiatan ini untuk memanjakan pikiran, perasaan dan tubuh Ibu di masa kehamilan, antara lain:

- Menonton film yang Ibu sukai di bioskop. Tipsnya, ibu hamil sebaiknya memiih tempat duduk yang dekat dengan lorong, agar lebih mudah dan tidak mengganggu penonton lain ketika ingin ke toilet. 

- Meminta bantuan Ayah ketika Ibu tengah menyiapkan makanan favorit di rumah dan nikmati makan malam yang romantis berdua. 

- Lakukan olahraga ringan secara perlahan. Pelepasan zat kimiawi membuat tubuh terasa lebih nyaman, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak (berhenti berolahraga empat jam sebelum waktu tidur). Olahraga rutin dapat meningkatkan stamina tubuh dan memudahkan proses melahirkan. 

- Pergi ke salon. Potong rambut atau lakukan perawatan tubuh lainnya yang bisa membuat tubuh lebih nyaman. Jika Ibu ingin dipijat untuk relaksasi, gunakan minyak yang aman untuk Ibu hamil seperti minyak lavender. 

Nikmati Waktu Kehamilan Ibu 

Walau kehamilan menimbulkan rasa mual, mudah lelah dan perasaan yang sering berubah-ubah, kehamilan itu tetap hal yang menyenangkan. Dalam kehidupan sosial, banyak fasilitas umum yang diutamakan bagi ibu hamil. Misalnya di kendaraan umum, kursi diutamakan untuk ibu hamil. Begitu pula dalam antrian.

Nikmati kebahagiaan kehamilan Ibu setiap saat hingga aktivitas sehari-hari bisa dilalui dengan nyaman. Pikirkan juga kebahagiaan ketika Ibu menggendong bayi Ibu pertama kalinya. Curhat dengan sesama calon ibu juga bisa membuat Ibu lebih tenang. 

Salah satu hal terpenting agar kehamilan Ibu tetap sehat dan perkembangan janin menjadi optimal adalah konsumsi makanan bernutrisi bagi ibu hamil. Untuk informasi lengkapnya klik di sini.

comment-icon comment-icon