Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
memilih-pendamping-saat-melahirkan_large
Kehamilan & Menyusui

Memilih Pendamping Saat Melahirkan

15 Januari 2020

Tugas dari pendamping persalinan adalah memberikan Ibu dukungan praktis dan emosional di saat Ibu melahirkan. Ada banyak manfaat memiliki pendamping persalinan, salah satunya agar Ibu memiliki pengalaman melahirkan yang baik, lebih cepat dan menyenangkan.

Mengapa Perlu Pendamping?

Di bagian ini, Ibu bisa mendapat ide dan saran untuk menentukan siapa yang akan mendampingi Ibu saat persalinan. Siapapun pendamping yang Ibu pilih, tentu ia harus memotivasi Ibu dan membantu rencana persalinan agar semua berjalan lancar.

Didampingi suami atau keluarga, saat melahirkan, tentu membuat Ibu lebih tenang. Selain memberikan dukungan mental, pendamping juga membantu memastikan rencana persalinan yang sudah disusun bersama berjalan sesuai yang Ibu inginkan.

Dengan memiliki pendamping persalinan, Ibu bisa lebih berkonsentrasi pada proses persalinan. Ini akan mengurangi tingkat stres Ibu menjelang persalinan dan membuat Ibu merasa lebih rileks.

Did you know?

”Pijatan lembut dari suami bisa membantu mengurangi rasa nyeri Ibu saat persalinan. Hanya dengan pelukan atau usapan pada punggung, Ibu bisa merasa jauh lebih tenang dan percaya diri. Ketahui selengkapnya di sini.

Pertimbangan Memilih Pendamping

Pendamping persalinan belum tentu adalah sang Ayah. Meskipun ini dijadikan banyak pilihan oleh para ibu hamil, namun tetap saja kadang ini tidak menjadi opsi terbaik bagi semua orang.

Selain Ayah dari si Kecil, Ibu juga bisa memilih ibu, kakak, maupun sahabat perempuan Ibu untuk menjadi pendamping persalinan. Pendamping Ibu harus memiliki ikatan batin dan dukungan yang kuat, agar Ibu merasa nyaman saat menjalani persalinan.

Siapapun orangnya, pilih yang Ibu percaya dan mampu memberi dukungan saat menjalani proses persalinan. Mereka juga harus memiliki keberanian saat melihat Ibu kesakitan. Jangan lupa, beritahukan tanggal perkiraan persalinan, supaya mereka bisa mempersiapkan berbagai hal sebelum mendampingi Ibu.

Menyiapkan diri menjadi pendamping

Pendamping persalinan Ibu akan mengemban tanggung jawab yang besar. Ia harus siap secara mental dan fisik untuk menghadapi persalinan Ibu. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pendamping persalinan:

  • Sudah pernah mengikuti kelas prenatal bersama Ibu.
  • Sudah memahami rencana persalinan Ibu.
  • Bersedia memijat punggung Ibu untuk membuat Ibu merasa lebih nyaman.
  • Memiliki kesiapan mental dan memiliki keberanian saat melihat Ibu kesakitan.
comment-icon comment-icon