Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
alergi-dan-pengaruhnya-terhadap-perkembangan-otak-si-kecil_large
Alergi

Alergi dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Otak Si Kecil

15 Januari 2020

Alergi yang dialami bayi pasti akan berpengaruh terhadap asupan makanan yang ia konsumsi. Hal ini akan berdampak pada hal-hal lain di tahap perkembangan bayi, salah satunya adalah berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi.

Seperti apa yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian selama ini, bahwa periode kritis pada perkembangan otak si Kecil berlangsung selama 3 tahun pertama kehidupannya. Sementara itu, perkembangan otak si Kecil sangat bergantung pada asupan nutrisi yang ia konsumsi sehari-hari.

Pengaruh Alergi

Alergi yang terjadi pada bayi, tentu akan mempengaruhi asupan makanan yang bisa konsumsi sehari-hari. Asupan makanan seimbang bagi si Kecil adalah kunci untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya.

Apabila si Kecil mengalami alergi, akan ada beberapa jenis makanan yang harus ia hindari. Untuk menjaga keseimbangan nutrisi si Kecil yang mengalami alergi, sebaiknya Ibu melakukan hal di bawah ini. Antara lain:

1. Menangani Alergi Si Kecil

Sangat dianjurkan bagi Ibu untuk mulai mendeteksi alergi yang dialami si Kecil, baik dengan melakukan beberapa tes alergi maupun dengan berkonsultasi lebih jauh dengan dokter. Deteksi dini alergi si Kecil artinya Ibu juga bisa sedini mungkin melakukan penanganan untuk mengatasi alergi yang ia alami. Penanganan alergi sedini mungkin penting untuk mencegah ketidakcukupan gizi yang diperlukan untuk perkembangan otak yang optimal.

Did you know?

”Makanan seperti gluten dan makanan laut sebaiknya tidak diberikan dulu kepada si Kecil sebelum ia mencapai usia tertentu untuk menghindari meningkatnya risiko alergi sebelum sistem kekebalan tubuhnya terbentuk dengan baik. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Imunitas si Kecil masih dalam tahap pembentukan, semakin sempurna imunitasnya maka bisa jadi alergi yang dialami si Kecil akan berkurang. Maka dari itu, sebaiknya Ibu mengoptimalkan perkembangan daya tahan tubuh si Kecil.

3. Memberikan Alternatif Menu Pengganti untuk Menghindari Makanan Penyebab Alergi

Si Kecil yang mengalami alergi terhadap suatu makanan, memiliki keterbatasan konsumsi makanan sehingga tidak mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan fisik yang optimal. Ibu sebaiknya selalu cermat dalam memberikan menu pengganti, agar tubuhnya tetap mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang.

Perkembangan Otak Di Awal Kehidupan

Periode kritis pada perkembangan otak si Kecil berlangsung selama 3 tahun pertama kehidupannya. Di sini adalah waktu terbaik bagi Ibu dalam memberikan nutrisi lengkap yang seimbang untuk mengoptimalkan semua tahap tumbuh kembang si Kecil.

Alergi bisa menghambat perkembangan otak si Kecil, bila ia mengalami alergi makanan yang mengandung kadar nutrisi yang baik untuk otaknya. 

Yuk optimalkan daya tahan tubuh si Kecil untuk menghindarinya dari alergi, salah satunya dengan memberikan nutrisi yang tepat

- Chandra RK. BMJ 1989: 299; 228-30

comment-icon comment-icon