Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Perkembangan Janin di Minggu Ke-30

Stimulasi

Perkembangan Janin di Minggu Ke-30


Pada usia kehamilan 30 minggu, berat dan panjang tubuh janin sudah berada di ukuran yang cukup besar. Kemudian, pada umumnya, Mama mungkin akan mengalami gejala-gejala seperti sistitis dan sesak napas pada fase kehamilan ini. Agar lebih jelas, simak informasi seputar perkembangan janin 30 minggu kehamilan berikut ini, yuk, Ma!

Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

Perut Mama sekarang pasti sudah terasa jauh lebih besar. Wajar saja, karena berat janin 30 minggu Mama sudah mencapai 1,4 kg dan ukuran panjang janin 40-41 cm. Otaknya berkembang pesat di minggu ini, dan lapisan lanugo (bulu halus yang melindungi tubuh janin) akan mulai menghilang. Sebanyak 80% waktunya kini dihabiskan untuk tidur dan bermimpi.

Did you know?

”Selama kehamilan, saluran kemih Mama menjadi elastis dan melebar, sehingga bakteri mudah masuk dan menyebabkan infeksi. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Perawatan Kehamilan Usia 30 Minggu

Jika Mama bertanya-tanya seputar berapa lama kehamilan 30 minggu itu dalam perhitungan bulan, perlu diketahui bahwa jawabannya adalah 7 bulan. Artinya, si Kecil akan siap dilahirkan sekitar 10 minggu lagi.

Untuk merawat janin 30 minggu, konsumsi segelas jus jeruk atau buah-buahan setiap hari disertai dengan banyak minum air putih. Hal ini bisa mengatasi rasa panas saat pipis akibat radang pada kandung kemih (cystitis) karena kandung kemih tertekan rahim. Konsultasi ke dokter tetap jadi pilihan terbaik, karena Mama bisa mendapat antibiotik yang aman bila diperlukan.

Baca juga: 7 Mitos dan Fakta Seputar Hamil 7 Bulan

Pada masa-masa ini, Mama mungkin akan mengalami gejala-gejala tertentu yang berbeda dari sebelumnya, yakni tidur yang tidak nyaman, cemas, serta perubahan hormon. Gabungan dari segala hal ini mungkin dapat mengakibatkan Mama mengalami mimpi buruk atau mimpi yang aneh.

Sesak napas juga bisa menjadi salah satu gangguan yang sering dialami akibat terus membesarnya perut Mama dan menekan diafragma. Cobalah untuk tidur dengan posisi setengah duduk dan posisikan beberapa bantal untuk menopang punggung Mama.

Tahukah Mama?

Ketika hamil 30 minggu, perkembangan janin 30 di perut Mama masih berputar secara teratur. Mungkin posisi kepala sudah di bawah atau bahkan posisi sungsang. Di usia 32 minggu, hanya tiga dari empat janin yang berputar ke posisi tepat saat persalinan, dan 3-4% sisanya ada pada posisi sungsang. Selain itu, umumnya berat janin 30 minggu dalam kandungan mencapai 1,4 kilogram (kg).

Baca juga: Mempersiapkan Diri Jika Posisi Bayi Sungsang

Demikian penjelasan seputar kehamilan Mama dan kondisi janin 30 minggu. Kesimpulannya, masa ini adalah masa-masa penting di mana sebentar lagi si Kecil siap untuk dilahirkan ke dunia. Maka dari itu, pastikan untuk secara intensif berkonsultasi kepada ahli kandungan agar memastikan proses kehamilan berjalan sesuai rencana Mama. Kemudian, pastikan pula untuk menjaga keselamatan dan keamanan Mama di masa kehamilan serta penuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Sebagai asupan nutrisi tambahan di masa kehamilan, Mama dapat mengonsumsi produk yang dirancang khusus untuk kehamilan oleh Nutricia, yakni Lactamil Pregnasis. Produk ini disempurnakan dengan ACTIDuobio+ serta tinggi nutrisi, sehingga dapat menemani masa kehamilan hingga menyusui.

Adapun beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya, antara lain: serat pangan inulin, omega-3 dan asam folat yang tinggi, zat besi dan vitamin C, kalsium dan vitamin D3. Kemudian, produk ini pun juga rendah lemak, sehingga lebih baik bagi kesehatan Mama. Dapatkan Lactamil Pregnasis dalam varian rasa vanilla, coklat, dan strawberry, serta varian ukuran 200 gram dan 400 gram. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu, ya, Ma!

  • Pevzner, Holly. “Week 30 of Your Pregnancy.” Verywell Family, 2021, www.verywellfamily.com/30-weeks-pregnant-4159146. Accessed 3 Aug. 2021.
  • NHS Choices. Week-By-Week Guide to Pregnancy. 2021, www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/3rd-trimester/week-30/. Accessed 3 Aug. 2021.
  • Catherine,Donaldson-Evans. “30 Weeks Pregnant.” What to Expect, WhattoExpect, 21 July 2021, www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-30.aspx. Accessed 3 Aug. 2021.
comment-icon comment-icon