Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Stimulasi

Perkembangan Janin di Minggu Ke-30

Pada usia kehamilan 30 minggu, berat janin Ibu sudah mencapai 1,4 kg dan ukuran panjang janin 41 cm. Saat ini, Ibu mungkin mengalami gejala sistitis dan sesak napas. Ketahui selengkapnya di sini.

Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

Perut Ibu sekarang pasti sudah terasa jauh lebih besar. Wajar saja, karena berat janin 30 minggu ibu sudah mencapai 1,4 kg dan ukuran panjang janin 40-41cm. Otaknya berkembang pesat di minggu ini, dan lapisan lanugo (bulu halus yang melindungi tubuh janin) akan mulai menghilang. 80% waktunya kini dihabiskan untuk tidur dan bermimpi.

Did you know?

”Selama kehamilan, saluran kemih Ibu menjadi elastis dan melebar, sehingga bakteri mudah masuk dan menyebabkan infeksi. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Perawatan Kehamilan Usia 30 Minggu

Untuk merawat janin 30 minggu, konsumsi segelas jus jeruk atau buah-buahan setiap hari disertai dengan banyak minum air putih. Hal ini bisa mengatasi rasa panas saat pipis akibat radang pada kandung kemih (cystitis) karena kandung kemih tertekan rahim. Konsultasi ke dokter tetap jadi pilihan terbaik, karena Ibu bisa mendapat antibiotik yang aman bila diperlukan. 

Sesak napas juga bisa menjadi salah satu gangguan yang sering dialami akibat terus membesarnya perut Ibu dan menekan diafragma. Cobalah untuk tidur dengan posisi setengah duduk dan posisikan beberapa bantal untuk menopang punggung Ibu.

Tahukah Ibu?

Ketika hamil 30 minggu, janin Ibu masih berputar secara teratur. Mungkin posisi kepala sudah di bawah atau bahkan posisi sungsang. Di usia 32 minggu, hanya tiga dari empat janin yang berputar ke posisi tepat saat persalinan, dan 3-4% sisanya ada pada posisi sungsang.

comment-icon comment-icon