Kenali Tips Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Hamil - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Gaya Hidup

Kenali Tips Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Hamil

In this article

Gaya hidup sehat ibu hamil dimulai dengan mengonsumsi nutrisi tepat di selama mengandung. Menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang, serta menjalani hidup sehat akan membuat masa kehamilan Ibu jadi lebih aman dan nyaman.

Selaraskan Asupan Gizi

Ibu hamil memerlukan lebih banyak asupan protein, vitamin serta mineral seperti asam folat dan zat besi. Kehamilan juga merupakan saat yang tepat bagi Ibu, untuk melakukan perubahan ke pola makan yang lebih baik. Dapatkan asupan nutrisi seimbang, yang baik bagi ibu hamil di sini.

Fakta penting untuk Ibu:
- Ibu hamil sebaiknya menerapkan pola makan yang lebih sehat, bukan lebih banyak. 
- Variasikan menu sehat Ibu agar mendapatkan semua manfaat baik dari kandungan nutrisi makanan.
- Menurut Angka Kecukukupan Gizi (AKG) Indonesia 2013, pada trimester pertama, Ibu perlu mendapat asupan 180 kilo kalori lebih banyak setiap harinya.
- Setelah menginjak masa kehamilan trimester kedua, Ibu perlu mendapat asupan kalori tambahan sekitar 300 kilo kalori per hari.
- Ketika memasuki masa kehamilan trimester terakhir, Ibu memerlukan asupan kalori tambahan 300 kilo kalori per hari.

Did you know?

"Kenaikan berat badan yang berlebihan akan memengaruhi metabolisme janin sehingga janin dapat berkembang lebih cepat dari usia kehamilannya, demikian juga sebaliknya, bila berat badan Ibu tidak bertambah dikhawatirkan perkembangan janin akan terganggu."

dr. Ricky Susanto, M.Kes, SpOG


Hindari Alkohol dan Kafein
Menjauhi semua dampak negatif dari minuman yang mengandung alkohol maupun kafein bisa menghindari risiko gangguan pertumbuhan janin. Berikut hal-hal yang penting untuk ibu ketahui:

- Selama masa kehamilan, Ibu disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung terlalu banyak kafein, seperti kopi, teh, dan soft drink. Konsumsi lebih dari dua gelas kopi di masa kehamilan dapat menganggu perkembangan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.
- Meminum alkohol di masa kehamilan meningkatkan risiko cacat fisik, keterbelakangan mental dan masalah emosional pada bayi.
- Alkohol meningkatkan risiko Ibu mengalami keguguran.

Konsumsi Suplemen di Masa Kehamilan

Idealnya, Ibu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh melalui asupan makanan sehari-hari. Suplemen vitamin dan mineral yang sudah difortifikasi akan membantu Ibu untuk dapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Ibu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dimasa kehamilan dengan mengonsumsi susu khusus ibu hamil yang sudah difortifikasi.

Bagi ibu hamil, pastikan bahwa vitamin yang dikonsumsi mengandung asam folat, Ibu membutuhkan sekitar 600mcg asam folat. Selain itu Ibu juga memerlukan asupan kolin, zat besi dan kalsium.

Hindari Diet saat Hamil
Diet pada masa kehamilan akan cukup berbahaya, baik bagi Ibu maupun si Kecil. Kondisi penurunan berat badan Ibu akan terkait dengan masalah kekurangan kalori, zat besi, asam folat, vitamin dan mineral penting lainnya.

Menaikan Berat Badan Ketika Hamil
Di masa kehamilan, Ibu sebaiknya menaikan berat badan secara bertahap pada tiap trimester kehamilan. Menaikan berat badan dengan sehat harus berbasis pada berat badan Ibu sebelum mengandung, dan bagaimana tren kenaikan berat badan Ibu selama ini. Kenaikan berat badan Ibu semasa hamil sebaiknya berada dalam pantauan dokter, tren kenaikan akan berbeda bila Ibu mengandung bayi kembar.


Sumber:
- Murphy. Weight and Pregnancy, British Medical Journal. 2007:335:169
- Zeisel. AJCN, 2009: 89 (2): 685S-7S