Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Manfaat Asam Amino bagi Tubuh Ibu Hamil dan Balita

Kesehatan

Manfaat Asam Amino bagi Tubuh Ibu Hamil dan Balita


Asam amino adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai hal. Senyawa ini memiliki banyak peran dalam menjaga kesehatan tubuh, menjalankan aktivitas, dan bahkan mengatur suasana hati.

Asam amino sebenarnya adalah senyawa pembangun protein. Saat mengonsumsi makanan yang mengandung protein, usus akan memecah protein tersebut untuk menjadi asam amino yang kemudian akan diserap dan dimanfaatkan untuk beragam fungsi tubuh.  

Manfaat asam amino untuk tinij dapat diperoleh dengan berbagai cara. Yang pasti, Mama dan keluarga perlu mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein, seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, kedelai, kacang-kacangan, dan juga susu. 

Ragam Fungsi Asam Amino bagi Tubuh

Seperti yang telah dikatakan di atas, ada banyak manfaat asam amino untuk tubuh. Berikut ini adalah uraiannya:

Meningkatkan imunitas

Jika Mama dan anggota keluarga ingin memiliki kekebalan tubuh yang kuat, konsumsi makanan yang kaya akan asam amino adalah salah satu kuncinya. Pasalnya, asam amino dibutuhkan untuk membentuk sitokin dan antibodi, yaitu komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Asam amino juga memiliki peranan penting dalam pembentukan sel darah putih yang merupakan pemeran utama dalam melawan dan mencegah infeksi

Meningkatkan massa otot

Otot kita terdiri dari serabut-serabut protein yang sangat kuat. Untuk membangun massa otot, tentunya diperlukan asam amino sebagai bahan-bahan pembangun protein tadi. Jadi, konsumsi makanan yang mengandung asam amino juga dapat membantu meningkatkan massa otot.

Mengatasi dehidrasi dan kelelahan

Saat asam amino glutamine diserap oleh usus, air dan elektrolit juga akan ikut terserap bersamanya. Hal ini tentunya akan meningkatkan jumlah air dan elektrolit yang terserap dalam satu waktu. Dengan begitu, asam amino dapat membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi dan ketidakseimbangan kadar elektrolit tubuh yang bisa menyebabkan kelelahan.

Memperbaiki suasana hati

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino dapat membantu memperbaiki suasana hati. Hal ini karena salah satu jenis asam amino, yaitu triptofan, dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon serotonin (hormon pengatur suasana hati).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memenuhi kebutuhan triptofan mampu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan suasana hati.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat asam amino berikutnya adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat ini dapat diperoleh karena asam amino, khususnya asam amino arginin, mampu meningkatkan dan melancarkan aliran darah di pembuluh darah koroner di jantung.

Mengurangi risiko alergi

Karena merupakan bentuk protein yang paling sederhana, asam amino dapat memberikan manfaat protein tanpa memicu reaksi alergi. Selain itu, asam amino juga diketahui berpotensi menghambat terjadinya reaksi alergi terhadap protein yang ada pada makanan, misalnya susu sapi.

10 Sumber Asam Amino

Sebenarnya, memenuhi kebutuhan asam amino tidaklah sulit. Asam amino dapat diperoleh dari berbagai makanan yang mengandung protein, seperti:

  1. Daging sapi
  2. Daging ayam
  3. Ikan
  4. Telur
  5. Jagung
  6. Kedelai
  7. Quinoa
  8. Beras merah
  9. Buncis
  10. Kacang-kacangan

Selain dari makanan tersebut, asam amino juga dapat ditemukan dalam susu sapi. Apabila si Kecil yang berusia di atas 1 tahun  mengalami alergi susu sapi, Mama dapat memberikan susu Neocate Junior, karena asam amino pada Neocate Junior aman untuk dikonsumsi penderita alergi susu sapi. Namun untuk penggunaannya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan.

Guna mendapatkan manfaat asam amino dengan maksimal, pastikan asupannya terpenuhi dengan baik. Untuk mengetahui kebutuhan asam amino pada anak, Mama dapat berkonsultasi kepada dokter.

  • Coqueiro, A. Y., Rogero, M. M., & Tirapegui, J. (2019). Glutamine as an Anti-Fatigue Amino Acid in Sports Nutrition. Nutrients, 11(4), pp. 863.
  • Meyer, R., Groetch, M., & Venter, C. (2018). When Should Infants with Cow's Milk Protein Allergy Use an Amino Acid Formula? A Practical Guide. The Journal of Allergy and Clinical Immunology: in Practice, 6(2), pp. 383-399.
  • van Bergenhenegouwen, J., et al. (2018). Oral exposure to the free amino acid glycine inhibits the acute allergic response in a model of cow's milk allergy in mice [Abstract]. Nutrition Research, 58, pp. 95–105.
  • Wax, E. National Institute of Health (2019). U.S. National Library of Medicine MedlinePlus. Amino acids.
  • Kubala, J. Healthline (2018). Essential Amino Acids: Definition, Benefits and Food Sources.
  • Waller, G. V. D. Healthline (20180. 5 Proven Benefits of BCAAs (Branched-Chain Amino Acids).
  • Eldridge, L. Very Well Health (2020). Types and Function of White Blood Cells (WBCs).
  • Dolson, L. Very Well Fit (2019). Amino Acids.
  • WebMD (2020). Slideshow: Causes of Fatigue and Sleepiness and How to Fight Them.
  • WebMD (2020). Branched-Chain Amino Acids.
comment-icon comment-icon