Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan dan Stimulasi yang Tepat

Stimulasi

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan dan Stimulasi yang Tepat

Article By : Sindhi Aderianti

Perkembangan bayi 5 bulan yang sesuai milestone seperti apa? Bukan hanya tubuhnya saja yang semakin berisi, Ma. Di usia ini, ia sudah mulai lebih sering bergerak dan mampu melakukan banyak hal.

Untuk menjawab rasa penasaran Mama mengenai perkembangan bayi 5 bulan, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Perkembangan Berat Badan Bayi 5 Bulan

Dari segi fisik, berat badan bayi 5 bulan terus bertambah. Peningkatan berat badan setidaknya 0,5 kilogram dari berat badannya saat berusia 4 bulan. 

Adapun rata-rata berat badan bayi 5 bulan, menurut Standar Antropometri Anak Kemenkes RI, antara lain:

  • Bayi laki-laki: 6–9,5 kilogram (kg).

  • Bayi perempuan: 5,5–9 kg.

Nah, apabila berat badan bayi 5 bulan kurang dari rata-rata di atas, Mama bisa langsung konsultasikan ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan saran yang tepat agar tumbuh kembang bayi 5 bulan berjalan optimal.

Lalu, perkembangan apa lagi yang dialami si Kecil di usia 4 bulan ini?

Bayi 5 Bulan Sudah Bisa Apa?

Banyak hal yang sudah bisa dilakukan bayi 5 bulan. Di usia ini, si Kecil mulai lebih aktif bergerak serta senang mengekspresikan perasaannya lewat mimik yang lucu.

Selengkapnya, berikut ini hal-hal yang umumnya terjadi dalam perkembangan bayi 5 bulan:

1. Menoleh ke sumber suara

Bayi 5 bulan sudah bisa menoleh ke arah sumber suara yang ada di dekatnya. Mama bisa merangsang pendengarannya dengan menunjukkan sumber suara baru atau memberi si Kecil mainan kunci yang bisa berbunyi.

Bayi juga mulai mengenali namanya saat ia dipanggil, dan menyadari apabila Mama menyebut namanya saat bercerita tentangnya kepada orang lain.

Ajarkan si Kecil untuk berbicara dengan mengajaknya bicara secara langsung. Dengan cara ini, si Kecil akan belajar untuk berbahasa. Jangan lupa untuk mematikan televisi dan radio saat Mama mengajaknya bicara.

2. Mengekspresikan perasaannya

Salah satu perkembangan bayi 5 bulan yang menarik diperhatikan adalah emosinya.

Di umur 5 bulan bayi sudah bisa mengekspresikan perasaannya. Ia mulai bisa memberitahu Mama apabila ia marah, bosan, atau gembira. 

Ia juga sudah bisa memberitahu Mama jika ia ingin digendong, dengan cara mengangkat kedua lengannya dan menangis bila Mama meninggalkannya.

Selain itu, si Kecil sudah dapat memeluk dan mencium Mama. Dan ia bisa tertawa jika Mama menunjukkan wajah yang konyol pada si Kecil.

3. Belajar duduk

Bayi 5 bulan sudah bisa mulai duduk. Ia akan mulai belajar untuk duduk sendiri dengan mendorong dengan kedua lengannya dari posisi tengkurap ke posisi duduk. 

Saat si Kecil sedang melakukan ini, jagalah agar ia tetap seimbang menahan badannya dan tidak terjatuh.

Mama bisa menahan bokongnya dengan tangan atau mengganjalnya menggunakan bantal saat duduk.

4. Mengamati benda-benda kecil

Si Kecil mulai bisa mengamati benda-benda kecil dan mengikuti pergerakannya. Ia akan mencari benda yang menghilang dari pandangannya.

Ia juga mulai bisa mengenali sebuah objek hanya dengan melihat sebagian dari objek tersebut. Misalnya, mainan favorit si Kecil yang terselip di sofa. 

Si Kecil juga mulai belajar bahwa ada hubungan sebab akibat. Misalnya, jika ia menjatuhkan mainan, maka Mama akan memungutnya. Atau, bisa juga karena si Kecil sekadar ingin tahu ke mana benda tersebut akan jatuh.

5. Mengoceh

Bayi umur 5 bulan juga sudah makin sering mengoceh alias babbling sebagai caranya berkomunikasi. 

Sebagian besar bayi usia 5 bulan sudah mulai mengoceh "ba", "ma", "ga" atau yang lainnya. Mama bisa merespon si Kecil dengan meniru suara ocehannya dan menjawab dengan antusias.

Misalnya, "Iya, betul. Itu bola merah, sayang." Si Kecil akan merasa senang jika Mama mendengarkan ocehannya dan meresponsnya, seolah-olah Mama mengerti apa yang diucapkan olehnya.

Pantau selalu berbagai perkembangan yang terjadi pada si Kecil setiap bulannya, sembari terus memberikan nutrisi terbaik dari ASI Mama.

Mama juga bisa menanyakan segala hal terkait tumbuh kembang si Kecil langsung dengan team Nutriclub Expert Advisor, dan temukan jawabannya melalui fitur tersebut.

Did you know?

”Di bulan kelima, si Kecil sudah bisa sepenuhnya berinteraksi dengan orang sekitar dan lingkungan. Dia bahkan sudah bisa "mengobrol" dan merespon gerakan Mama.  Ketahui selengkapnya di sini.

Si Kecil mungkin sudah mulai menunjukkan rasa takut pada orang asing. Ia akan menangis atau takut ketika ada orang asing yang mendekatinya.

Jika hal ini terjadi, gendong kembali si Kecil dan coba tenangkan. Beri pengertian pada orang itu untuk melakukan pendekatan yang perlahan pada si Kecil..

Baca Juga: 1000 Hari Pertama Periode Emas Kehidupan Anak

Stimulasi Bayi 5 Bulan

Agar perkembangan bayi 5 bulan optimal, Mama perlu melakukan stimulasi bayi 5 bulan yang tepat. Stimulasi ini juga tak hanya bisa menjadi bekal untuk menang si Kecil dalam melakukan winning skill mereka, tapi mempererat bonding antara Mama dan si Kecil!

Berikut ini adalah berbagai stimulasi yang dapat Mama berikan pada si Kecil yang berusia 5 bulan untuk mencapai perkembangan optimal:

1. Melatih duduk

Bantu si Kecil agar ia bisa duduk sendiri. Mula-mula, dudukkan si Kecil di kursi dengan sandaran agar ia tidak jatuh ke belakang.

Ketika si Kecil dalam posisi duduk tegak, pegang badannya. Jika ia bisa duduk tegak, dudukkan si Kecil di lantai yang beralaskan selimut tanpa sandaran atau penyangga.

2. Memegang benda dengan kedua tangan

Letakkan sebuah benda atau mainan di tangan si Kecil dan perhatikan apakah ia memindahkan mainan tersebut ke tangan lainnya. Usahakan agar kedua tangan si Kecil masing-masing memegang benda pada waktu yang bersamaan. 

Coba bantu si Kecil di awal dengan meletakkan mainan di salah satu tangannya, kemudian coba ajak si Kecil mengambil mainan lainnya dengan tangan yang paling sering ia gunakan.

3. Menirukan kata-kata

Ketika berbicara dengan si Kecil, coba ucapkan beberapa kata berkali-kali dan ajak ia menirukannya. Kata-kata yang paling mudah ditirukan oleh si Kecil adalah "papa" dan "mama", namun ia belum mengerti artinya.

4. Melihat wajahnya di kaca

Di usia ini, si Kecil senang melihat wajahnya di cermin. Mama bisa membawa si Kecil melihat refleksi dirinya di cermin yang tidak mudah pecah.

Perkembangan Bayi 5 Bulan Menuju 6 Bulan

Ada banyak sekali perkembangan bayi 5 bulan yang terjadi. Melihat si Kecil tumbuh dan berkembang dengan baik, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Mama. Semoga si Kecil juga melalui setiap fase tumbuh kembangnya dengan optimal ya, Ma!

Kemudian menjelang usia 6 bulan, si Kecil akan mulai pelan-pelan belajar meraih benda. Mungkin ia belum bisa menggenggam sebuah objek dengan baik, tetapi ia sudah bisa menggerakkan objek tersebut untuk mendekatinya. 

Mama bisa melatih si Kecil dengan menaruh mainan dalam jangkauannya dan membiarkan ia meraih mainan tersebut. Secara bertahap, si Kecil akan belajar memegang benda yang lebih besar dan memindahkan benda tersebut dari tangan satu ke tangan lainnya.

Lalu pada perkembangan bayi 5 bulan menuju 6 bulan nanti, idealnya si Kecil sudah bisa duduk meski dengan sedikit bantuan dari Mama untung membangunkannya. Tapi, tubuhnya sudah mulai bisa seimbang seiring dengan otot leher, bahu, dan punggungnya yang semakin kuat.

Kemampuan si Kecil untuk duduk ini juga menjadi salah satu modal utama agar bisa melanjutkan tahap perkembangannya ke fase MPASI di usia 6 bulan.

Kemudian, seperti apa perkembangan bayi di usia 6 bulan nanti?

  • BabyCenter. 5 Months Old. http://www.babycenter.com/302_5-months-old_3658806.bc
  • Mohamad, Imelda. Mencetak Anak Sehat, Cerdas, & Ceria, 2015; 1:21.
  • Rahman, Taufiqur. Stimulasi pada Bayi Umur 3-6 Bulan; 2013. http://taura-taura.com/stimulasi-pada-bayi-umur-3-6-bulan/
comment-icon comment-icon