Kenali Tumbuh Kembang Si Kecil Usia 3 Bulan - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Stimulasi

Kenali Tumbuh Kembang Si Kecil Usia 3 Bulan

Si Kecil akan tumbuh semakin besar saat ia berusia 3 bulan dan Si Kecil akan menjadi semakin peduli dengan lingkungan sekitar. Pada usia ini, sebagai orang tua kita perlu mengatur semua jadwal harian si kecil, sehingga dengan jadwal yang teratur maka akan memberikan waktu luang yang cukup bagi Bunda untuk bisa sejenak beristirahat. Berikut adalah tahap – tahap penting yang perlu Bunda ketahui tentang perkembangan Si Kecil ketika berusia 3 bulan.

Keterampilan motorik

Refleks primitif yang dimiliki Si Kecil ketika masih dalam bulan- bulan pertama kehidupan akan mulai berkurang bahkan sampai menghilang, salah satunya adalah refleks Moro/ refleks kaget pada si kecil. Bunda juga mungkin dapat memperhatikan kekuatan otot leher Si Kecil yang mulai membaik dengan cara memegang bayi dalam posisi tegak dan akan terlihat bahwa sangat sedikit atau bahkan tidak ada bagian kepala yang goyah. Bayi berusia 3 bulan juga mulai memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang cukup untuk menopang kepala dan dada mereka dengan tangan sambil berbaring tengkurap dan kekuatan bagian otot tungkai bawah yang cukup untuk merentangkan kaki dan menendang.

Saat memperhatikan Si Kecil, Bunda juga dapat melihat beberapa tanda awal kordinasi tangan dan mata. Tangan Si Kecil dapat membuka dan menutup, menyatukan, menggesek mainan yang bergantungan, meraih mainan atau bermain sebentar, dan memasukkan barang – barang ke mulut.1,2

Tidur

Sistem saraf Si Kecil ketika berusia 3 bulan sudah matang dan perutnya sudah mulai dapat menampung lebih banyak ASI atau susu formula. Perubahan ini memungkinkan Si Kecil untuk dapat tidur dalam 6 hingga 7 jam sekaligus, yang berarti tidur nyenyak untuk Bunda juga. Jika Si Kecil terbangun di tengah malam, tunggu sekitar 30 detik sebelum Bunda kembali menetekin si Kecil, karena terkadang Si kecil hanya akan menangis dalam beberapa saat dan kemudian akan kembali tertidur.

Ketika tangisan tidak berhenti dan Bunda pergi ke kamar Si Kecil, lakukan hal – hal yang mengajarkan bahwa malam adalah waktu untuk tidur, seperti sambil menetekin Si Kecil  dan mengganti popoknya dalam gelap dan segera kembalikan Si Kecil ke tempat tidurnya.

Jadwal tidur siang Si Kecil juga harus menjadi lebih rutin sekarang. Sebagian besar bayi usia 3 bulan membutuhkan waktu tidur siang sekitar 1,5 hingga 2 jam setiap harinya.

Panca Indra

Pendengaran dan penglihatan Si Kecil yang berusia 3 bulan akan semakin membaik. Pada usia ini, Si kecil dapat memalingkan kepalanya dan tersenyum ketika mendengar suara orang tua mereka, dan mereka suka mendengarkan semua jenis musik. Si Kecil juga akan lebih suka melihat mainan berwarna cerah karena warna yang kontras tajam cenderung mudah dilihat. Ketika Bunda menatap mata Si Kecil, ia akan menatap balik. Si Kecil juga akan menatap dengan seksama bayangannya sendiri di cermin.3,4

Komunikasi

Pada usia 3 bulan, Si Kecil akan menjadi manusia yang unik dan mulai bereaksi dan berhubungan dengan dunia di sekitar mereka. Tangisan sudah tidak menjadi metode komunikasi utama Si Kecil. Bahkan bayi berusia 3 bulan seharusnya tidak menangis lebih dari 1 jam setiap harinya. Jika ini terjadi, coba periksakan Si Kecil ke dokter untuk melihat apakah terdapat masalah lainnya. Si Kecil akan mulai berkomunikasi dengan cara lain seperti bersuara dan membuat suara vocal seperti “oh” atau “ah”. Ajaklah Si Kecil berbicara setiap kali Bunda berinteraksi dengannya, sehingga Si Kecil akan melihat ekspresi wajah, mulai membentuk suaranya dan gerakannya sendiri.

Setiap bayi memiliki tumbuh kembang yang sedikit berbeda. Jangan khawatir jika Si kecil yang berusia 3 bulan mengalami beberapa keterlambatan dibandingkan dengan  teman sebayanya, terutama jika Si Kecil lahir prematur. Segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Bunda jika Si Kecil tidak bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Menanggapi suara – suara
  • Mengikuti orang atau benda dengan matanya
  • Tersenyum
  • Mencapai objek1,5

Pantau terus tumbuh kembang Si kecil dengan seksama dan ajarkan Si Kecil dengan perlahan.