Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

5 Rutinitas Sebelum Tidur untuk Si Kecil

Rutinitas Anak

5 Rutinitas Sebelum Tidur untuk Si Kecil


Di awal usianya, si Kecil akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Mereka biasanya tidur selama 16 hingga 18 jam perhari, tetapi si Kecil mudah terbangun. Jarang sekali si Kecil tidur lebih dari 4 jam, bahkan saat malam hari. Hal ini karena tubuh si Kecil belum mengenali waktu siang dan malam,serta konsep waktu 24 jam.1 (hal 2) Saat terbangun, si Kecil menyusu setiap dua atau tiga jam sekali selama 45-90 menit

Pola Tidur si Kecil

Semakin besar, jumlah waktu tidur si Kecil akan berangsur berkurang dan ia akan tidur lebih lama di malam hari. Si Kecil akan mengalami dua fase tidur yang berbeda sepanjang harinya, yaitu fase tidur aktif (tahap tidur REM—rapid eye movement) dimana napas si Kecil lebih teratur dan ia masih sedikit terjaga, sehingga bunyi atau suara di sekitar dapat mengagetkannya. Selain fase REM, fase tidur selanjutnya adalah fase deep sleep atau non-REM. Pada fase ini, si Kecil tidur nyenyak tanpa bergerak sedikitpun.2 (hal 4)

Selain fase tidur, fase bangun atau terjaga pada bayi juga terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:2 (hal 4), 3 (hal 1-2)

  • Fase mengantuk : saat mata si Kecil mulai menutup dan ia mulai tertidur
  • Fase tenang : saat matanya terbuka lebar, wajahnya terlihat segar tanpa gerakan
  • Fase aktif : saat wajah dan tubuh si Kecil mulai bergerak secara aktif
  • Fase menangis : saat si Kecil menangis bahkan berteriak, tubuhnya bergerak tak beraturan

Setelah si Kecil berusia beberapa minggu, Mama bisa mulai mengenalkan konsep siang dan malam dengan melakukan rutinitas sebelum tidur.4 (hal 6) Dengan begitu, pola tidur si Kecil akan semakin teratur dan tubuhnya pun akan mendapat waku istirahat, makanan dan stimulasi yang cukup untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

Nah, agar si Kecil memiliki pola tidur yang sehat, Mama bisa terapkan tips berikut sebagai ritual sebelum tidur.

Rutinitas Sebelum Tidur agar Deep Sleep

 

1. Membedong  si Kecil

Deep sleep bayi bisa diperoleh dengan cara membedongnya. Membedong adalah membungkus tubuh si Kecil menggunakan selimut atau kain tipis untuk membuatnya merasa lebih nyaman dan terlindungi. Membedong diketahui bermanfaat untuk menjaga si Kecil tidur nyenyak, karena mencegah terjadinya gerak refleks yang mengagetkan dan membuatnya terbangun.2 (hal 6), 3 (hal 2)

2. Kenali Tanda si Kecil Kelelahan

Kondisi tubuh yang terlalu lelah akan menyulitkan si Kecil untuk tidur. Karena itu, kenali ciri-ciri si Kecil saat ia mulai lelah dan ajak ia untuk tidur di siang hari. Tanda si Kecil mulai lelah misalnya saat ia mulai mengucek matanya, menarik-narik telinga, menangis atau muncul lingkaran hitam samar di bawah matanya.3 (hal 2)

3. Berikan Dream Feeding atau Menyusui Saat Tidur

Dream feeding atau menyusui si Kecil saat ia setengah sadar merupakan cara yang diketahui ampuh untuk membantu si Kecil tidur lebih lama. Mama bisa coba berikan si Kecil ASI tiga hingga empat jam setelah ia tertidur, dengan cara membangunkannya perlahan tanpa membuatnya benar-benar sadar. Dream feeding bertujuan untuk membuat si Kecil tetap kenyang tanpa harus membuatnya terbangun.5 (hal 2)

4. Mengenalkan dan Menegaskan Konsep Waktu Siang dan Malam

Dalam beberapa bulan pertama sejak kelahirannya, Mama mungkin akan mengikuti waktu tidur si Kecil sehingga perbedaan siang dan malam menjadi kabur. Meski begitu, di usia beberapa minggu Mama dapat mulai mengenalkan si Kecil perbedaan waktu siang dan malam. Misalnya dengan cara membuka korden kamar atau dengan mengajaknya berjalan-jalan ke luar kamar di siang hari. Buat ia menjadi aktif di siang hari dengan beragam aktivitas termasuk bermain bersama Mama dan Papa. Sementara saat malam hari, ciptakan suasana yang tenang dan sepi di rumah dengan cara mematikan lampu dan tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan bunyi bising yang dapat mengganggu si Kecil.4 (hal 6)

Cara ini mungkin tidak langsung berhasil tapi teruslah rutin melakukannya, Ma. Dengan rutinitas yang Mama buat, perlahan si Kecil akan memahami perbedaan waktu tersebut, sehingga memudahkannya untuk tidur di waktu yang tepat.

5. Biarkan si Kecil Belajar untuk Tidur dengan Sendirinya

Untuk mengajarkan si Kecil agar dapat tidur secara mandiri, cobalah untuk mengajaknya ke kamar tidur dan baringkan ia di atas kasur menjelang waktu tidur atau saat ia sudah terlihat mengantuk.5 (hal 2) Di awal latihan, temani dan bimbing si Kecil dengan cara menepuk-nepuk punggungnya secara lembut, menggosok perut atau menggendongnya hingga terlelap.

Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Tempat Tidur si Kecil

Saat si Kecil tidur, penting untuk memastikan ruangan atau kamar tidurnya memiliki suhu yang tidak terlalu panas atau dingin. Baringkan si Kecil di atas kasur yang kokoh dan nyaman, bebas dari sprei, selimut atau kain longgar lain yang dapat mengganggu napasnya.5 (hal 1)

Jika Mama punya pertanyaan lain seputar tidur si Kecil, Mama bisa tanyakan pada Nutriclub Expert Advisor kami yang siap menjawab. Tanya Sekarang.

  1. Dewar G. Newborn sleep patterns: a survival guide for the science-minded parent [Internet]. 2017 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.parentingscience.com/newborn-sleep.html
  2. Shallow C. Understanding your baby’s sleep patterns [Internet]. 2016 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.aptaclub.co.uk/baby/health-and-wellbeing/stress-and-sleep/what-does-it-mean-to-sleep-like-a-baby.html
  3. Newborn sleep patterns [Internet]. Maryland: Johns Hopkins Medicine; [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/newborn-sleep-patterns
  4. Establishing good sleep habits: newborn to three months [Internet]. San Fransisco: BabyCenter LLC: [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.babycentre.co.uk/a7654/establishing-good-sleep-habits-newborn-to-three-months
  5. American Thoracic Society. Sleep in infants. Am J Respir Crit Care. 2018;198:15-16.Establishing good sleep habits: newborn to three months
comment-iconcomment-icon