Cara Merawat Si Kecil Usia 1 Tahun - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Stimulasi

Cara Merawat Si Kecil Usia 1 Tahun

Usia 1 tahun adalah fase dimana si Kecil sudah dapat mengonsumsi makanan yang dikonsumsi anggota keluarga. Konsumsi tersebut tentu diiringi dengan penyesuaian tekstur dan rasa yang disesuaikan dengan kemampuan pencernaan si Kecil. Berikut hal yang perlu Ibu perhatikan seputar merawat bayi usia 1 Tahun.           

Perkembangan Berat Badan si Kecil

Saat berusia 1 tahun, berat badan si Kecil telah berkembang hingga 3 kali berat badannya waktu lahir. Kenaikan berat badan mulai usia 1 tahun ke atas adalah 2 kg per tahun. Untuk mencapai tumbuh kembang optimal, si Kecil perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setiap hari. Jangan lupa untuk selalu melanjutkan pemberian ASI hingga si Kecil berusia 2 tahun atau lebih.

Menu makanan si Kecil saat ini adalah makanan yang dikonsumsi anggota keluarga. Bila perlu, makanan masih dicincang atau disaring kasar disesuaikan dengan kondisi pencernaan si Kecil.Bahan makanan untuk orang dewasa juga dapat digunakan untuk membuat makanan si Kecil.

Mulai Atur Pola Makan si Kecil

Pada usia ini, menu untuk si Kecil dapat disamakan dengan makanan untuk orang dewasa, namun dengan rasa yang disesuaikan. Frekuensi pemberian makan pada si Kecil berkisar antara 3 sampai 4 kali sehari. ASI tetap diberikan dan boleh diberikan sebagai selingan 1-2 kali sehari tergantung nafsu makan. Porsi makan dapat diberikan dari ¾ sampai 1 mangkuk (175ml-250ml) sekali makan.

Ibu mungkin akan mulai menyadari, setelah si Kecil melewati usia 1 tahun, nafsu makannya menurun dan cenderung untuk memilih-milih makanan. Ibu tidak perlu terlalu khawatir, karena ketika ia menginjak usia 1 tahun, tingkat pertumbuhannya pun ikut melambat dan kebutuhannya untuk makan menjadi berkurang.

Menu Makanan Sehat untuk Anak Usia 1 Tahun

Kebutuhan konsumsi anak 1 tahun tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitasnya sehari-hari. Kebanyakan, si Kecil yang berumur 1 tahun memerlukan sekitar 1000 kalori per hari. 1000 kalori ini bisa mencakup 2 gelas susu, 2 gelas buah segar dan sayuran, 2 ons biji-bijian yang setara dengan satu potong roti atau 1 cangkir sereal dan 2 ons daging. Jenis makanan harus dibagi diantara tiga kali makan besar dan dua kali cemilan.

Jika Ibu ingin memberikan madu pada si Kecil, maka di usia 1 tahun ini, Ibu sudah bisa memberikannya. Kenapa madu tidak dianjurkan diberikan pada bayi dibawah 1 tahun? Karena madu bisa menyebabkan keracunan makanan pada bayi; disebut botulisme yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Gejalanya adalah konstipasi, lesu, dan tidak nafsu makan. Gejala ini dapat timbul 8-36 jam setelah mengonsumsi madu.

Did you know?

”Di usia 1 tahun, Ibu sudah bisa mulai menunjukkan kebiasaan seperti apa yang tidak diperbolehkan dan membantu si Kecil melakukan aktivitas yang lebih sesuai untuknya. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Kebutuhan Tidur si Kecil

Tidur merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. Karena ketika ia tidur, tubuh dan otak si Kecil akan beristirahat. Tidur yang berkualitas dapat mendukung tumbuh kembang yang optimal karena 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan pada saat si Kecil terlelap. Hormon ini bertugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh. Di samping itu, hormon pertumbuhan juga memungkinkan tubuh bayi memperbaiki dan memperbaharui sel yang rusak. Proses pembaharuan ini berlangsung lebih cepat ketika si Kecil tertidur.

Kebutuhan jam tidur si Kecil saat ini adalah 13 jam 45 menit per hari, dibagi dua waktu tidur yaitu tidur malam dan tidur siang. Tidur malam selama 11 jam 30 menit. Sedangkan tidur siang 2 jam 15 menit dibagi 2 kali tidur siang. Berkurangnya waktu tidur di usia batita karena si Kecil banyak beraktivitas. Hal ini dipengaruhi perkembangan motorik kasarnya, yaitu kaki yang mulai belajar berjalan. Selain itu, ia pun tengah banyak bereksplorasi.

Agar ia tidak sulit tidur di malam hari, pastikan si Kecil tidak terlalu lelah dan tidur siang yang cukup. Sebaiknya si Kecil tidak beraktivitas terlalu aktif di atas pukul 16.00, Karena dapat memengaruhi kualitas tidurnya. Si Kecil bisa mengigau hingga menangis. Selama tidur malam, adakalanya si Kecil terbangun setiap 2-3 jam, mungkin karena haus, lapar, atau sekedar memuaskan kebutuhan oralnya (mengempeng). Setelah terpenuhi, si Kecil biasanya akan kembali tertidur.

Permainan Untuk si Kecil

Untuk menstimulasi tumbuh kembang yang optimal, selain dari faktor gizi, si Kecil juga perlu diberikan permainan yang merangsang kreativitasnya. Si Kecil yang mendapat stimulasi akan lebih cepat berkembang dibandingkan teman seusianya yang kurang atau bahkan tidak mendapatkan stimulasi. Berikut adalah permainan yang baik untuk si Kecil usia 12-24 bulan:

  • Mencari sumber suara/mengikuti sumber suara
  • Memperkenalkan sumber suara
  • Melatih si Kecil melakukan gerakan mendorong dan menarik
  • Melatih imajinasinya
  • Melatih Si Kecil melakukan kegiatan sehari-hari semuanya dalam bentuk kegiatan yang menarik

Alat permainan yang dianjurkan:

  • Genderang, bola dengan giring-giring di dalamnya
  • Alat permainan yang dapat di dorong dan ditarik
  • Alat permainan yang terdiri dari alat rumah tangga (misalnya cangkir yang tidak mudah pecah, sendok, botol plastic, ember, waskom, air), balok-balok besar, kardus-kardus besar, buku bergambar, kertas-kertas untuk dicoret, krayon/pensil berwarna