3 Resep Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Nutrisi

3 Resep Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Gangguan kesehatan pada si Kecil yang berusia di atas 1 tahun dapat dicegah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Selain menerapkan pola hidup sehat, hal ini bisa ditempuh dengan memberikan makanan yang bergizi dan memiliki manfaat lebih. Apa saja makanan yang dapat diberikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil? Yuk, cek 3 resep makanannya berikut ini!

Tumis Dori dengan Jahe dan Sayuran

Jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang bisa dijadikan antioksidan baik bagi kesehatan tubuh. Khasiatnya pun sudah terbukti mampu meredakan mual dan muntah. Menariknya, rempah ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu tips meningkatkan daya tahan tubuh keluarga melalui olahan makanan, salah satunya tumis dori dengan jahe dan sayuran.

Beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat menu ini antara lain;

-          2 sendok makan tepung terigu

-          1 sendok makan minyak sayur

-          Jahe berukuran 3 cm yang telah dikupas dan diparut tipis

-          Jamur

-          Kacang polong

-          Potongan terong

-          2 buah jeruk purut dan limau

-          60 ml kaldu ayam

-          Serta ikan dori fillet.

Untuk kuahnya, Mama perlu menyiapkan 5 siung bawang putih yang telah dicincang, serai, serta merica. Pertama-tama, buat kuah kental dengan menumis seluruh bahan tadi dan campurkan dengan ikan dori yang telah digoreng hingga berwarna keemasan. Ingatlah untuk memeriksa tulang ikan dengan hati-hati.

Aduk selama 3 menit dengan api kecil sampai tercium aroma harum. Setelah itu, masukkan jahe, jamur, kacang polong, jeruk purut dan limau, serta potongan terong dan aduk hingga seluruh bahan-bahan tersebut tercampur dengan ikan.

Sup Bayam Seafood

Dikenal sebagai salah satu makanan super dengan banyak manfaat, bayam bisa menjadi pilihan Mama sebagai resep makanan yang menyehatkan untuk si Kecil dan keluarga. Asam folat yang terkandung di dalam bayam mampu membantu tubuh dalam membentuk sel-sel baru dan memperbaiki DNA

Adapun bahan-bahan yang diperlukan, yakni:

-          20 gram daun bayam merah

-          300 ml kaldu ayam

-          30 gram udang kupas yang telah dicincang

-          30 gram tahu

-          ½ sdm minyak zaitun

-          ½ tomat merah

Proses memasaknya sendiri dimulai dengan memanaskan minyak untuk menumis bayam hingga lunak terlebih dahulu. Jika sudah, masukkan bayam, kaldu ayam, serta tomat ke blender dan proses hingga halus.

Kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam panci dan rebus dengan udang serta tahu. Masak sampai udang matang dan sajikan selagi hangat.

Brokoli Tumis Ayam Lemon

Terakhir, tips meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil yakni dengan membuat brokoli tumis ayam lemon. Brokoli merupakan sayuran yang dapat dengan mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan. Kemampuannya untuk menambah kekebalan tubuh disebabkan oleh adanya kandungan vitamin A, vitamin C, serta antioksidan di dalamnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu ini, yaitu;

-          Minyak goreng

-          340 gram dada ayam fillet

-          200 ml kaldu ayam

-          2 siung bawang putih

-          1 sendok makan madu

-          Brokoli

-          Lemon

Sebelumnya, Mama perlu menggoreng ayamnya terlebih dahulu hingga berwarna keemasan. Kemudian, tambahkan bawang putih dan brokoli, aduk sebentar, dan masak selama 2 menit. Selanjutnya, campurkan

kaldu ayam, madu, dan lemon. Aduk seluruh campuran ini sampai mengental dan makanan si Kecil pun siap untuk dihidangkan.

 

Itulah beberapa informasi mengenai resep makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Nutrisi memiliki peranan penting dalam mendukung daya tahan tubuh anak. Diantaranya LCPUFA (seperti DHA dan EPA) memiliki peranan dalam pembentukan sel-sel imun. Penelitian menunjukkan keseimbangan LCPUFA (Omega 3 dan Omega 6) akan mengoptimalkan maturasi sistem imun, regulasi sistem imun dan respon imun tubuh terhadap stimulus. Selain dari makanan, nutrisi juga bisa di dapatkan dari mengonsumsi susu Nutrilon Royal. Nutrilon royal dengan ACTIDUOBIO+ mengandung Omega 6 dan FOS:GOS yang lebih tinggi. Mama pun tak lagi khawatir akan kecukupan asupan nutrisi si Kecil agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga

 

 

 

facebook-logo twitter-logo

Sumber :

https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-immune-foods

https://www.bbcgoodfood.com/recipes/turmeric-latte

https://www.bbcgoodfood.com/recipes/broccoli-lemon-chicken-cashews

http://www.sbs.com.au/food/recipes/stir-fried-fish-chilli-ginger-and-eggplants-padt-char-bpla

https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-cinnamon

https://www.nutriclub.co.id/recipe/balita/sup-bayam-seafood/