Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
pantau-perkembangan-kosakata-balita_large
Tumbuh Kembang

Pantau Perkembangan Kosakata Balita

15 Januari 2020

Saat memasuki usia 22 bulan, balita akan mulai aktif berbicara.

Ia mempelajari kata-kata baru setiap harinya, juga memiliki kemampuan tahap awal untuk menggabungkan kata. Perkembangan kosakatanya yang konstan membuat si Kecil mulai bisa terlibat dalam obrolan.

Mungkin Ibu sulit memahami apa yang ia katakan, namun Ibu sebaiknya memberikan respon pada si Kecil setiap ia berbicara, misalnya dengan tersenyum. Respon postitif Ibu akan membantu perkembangan kemampuan bahasa si Kecil.

Cara Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak

  • Bacakan buku cerita untuk si Kecil dan bacakan buku cerita yang sama berkali-kali untuk membantu si Kecil mengingatnya. 
  • Gunakan flashcard dan permainan ingatan agar si Kecil mampu merekam kata.
  • Ibu sebaiknya tidak pernah menggunakan kata-kata kasar.
  • Ibu bisa mendeskripsikan secara verbal hal apa yang sedang dilakukan si Kecil.

Did you know?

"Berbicaralah dengan pengucapan yang benar, agar anak belajar mengucapkan kata-kata secara benar pula."

Nessi Purnomo, Psi, Msi

Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Bahasa si Kecil berkembang tahap demi tahap, secara konstan ia menyerap informasi dari dunia di sekitarnya. Berikut adalah panduan perkembangan bahasa si Kecil:

0 - 3 bulan

Komunikasi di mulai sejak si Kecil lahir, suara yang dikeluarkan si Kecil memiliki maksud yang belum bisa ia sampaikan dengan bahasa. Di periode ini si Kecil berinteraksi dengan dunia melalui tangisan, bunyi yang ia keluarkan dan dengan eksplorasi objek di sekitarnya.

4 - 6 bulan

Si Kecil mulai mengenal kata sederhana seperti 'mama' dan 'papa', dan mampu mengekspresikan 'iya atau 'tidak' secara verbal dan non-verbal seperti mengangguk atau menggelengkan kepala.

7 - 12 bulan

Si Kecil mulai memberikan nama untuk beberapa objek, misalnya, 'bobo' untuk botol. Si Kecil juga sudah mulai mengenali nama anggota tubuhnya.

12-18 bulan 

Dalam periode ini si Kecil akan mulai menyalin kata yang ia dengar. Ia bahkan sudah mulai mempraktekan nada tertentu dalam mengucapkan kata.

19-24 bulan

Pada usia 2 tahun, si Kecil umumnya sudah memahami 50 kata dan sudah bisa mengucapkan kata dengan baik. Jika ia memiliki masalah dalam menyatukan kata-kata sebaiknya Ibu konsultasikan hal ini dengan dokter.

Peran Ibu dalam Perkembangan Bahasa Si Kecil

Peran terpenting Ibu dalam perkembangan bahasa si Kecil:

Bicara

Penelitian menunjukan bahwa orang tua memiliki peranan penting dalam perkembangan bahasa si Kecil. Ibu bisa ceritakan pada si Kecil, apa yang sedang Ibu lakukan, menyanyi atau berikan pertanyaan bagi si Kecil.

Membaca

Seperti apa yang telah dipaparkan di atas, membacakan dongeng pada si Kecil sangat baik bagi perkembangannya dalam berbahasa.

Mendengarkan

Saat si Kecil berbicara kepada Ibu, jadilah pendengar yang baik. Simak apa yang ia bicarakan dan berikan respon positif.

Si Kecil membutuhkan nutrisi yang mampu mengoptimalkan perkembangan otaknya, klik di sini untuk informasi lengkapnya.

Baca Juga: Si Kecil Mulai Bicara? Optimalkan Tahap Perkembangan Verbalnya!

- Corkum & Dunham. Journal of Child Language, 1996: 23(515);28.
- Huttenlocher et al. Developmental Psychology,1991: 27 (2); 48.

comment-icon comment-icon