Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
tips-berhubungan-seksual-yang-aman-di-masa-kehamilan_large
Kehamilan & Menyusui

7 Tips Berhubungan Seksual saat Hamil dengan Aman

Article Oleh : dr. Ronald Pascal Kelejan 15 Januari 2020

Expert Review: dr. Jimmy Panji Wirawan, Sp.OG

Sebagian Mama hamil akan merasa khawatir dengan resiko yang mungkin timbul saat melakukan hubungan seksual di masa kehamilan seperti nyeri, pendarahan, dan lainnya. Berikut ini adalah tips berhubungan seksual yang aman untuk di lakukan di masa kehamilan dari Tim Ahli Nutriclub.

Amankah Hubungan Seksual Saat Hamil?

Sebenarnya, bolehkah berhubungan saat hamil? Mungkin Mama takut, apabila berhubungan saat hamil akan terjadi risiko seperti muncul rasa nyeri, perdarahan, infeksi pada janin, trauma pada janin, cacat pada janin, serta takut akan terjadinya kelahiran prematur atau menimbulkan reaksi janin saat Mama berhubungan badan dengan Papa.

Studi tentang pengetahuan hubungan seksual saat hamil pada tahun 2011, ditemukan bahwa sebanyak 39.4% responden beranggapan tidak boleh sama sekali berhubungan seksual, dan hanya 24.3% yang tahu bahwa boleh dilakukan kecuali dalam beberapa kondisi khusus, sedangkan sisanya 30.9% mengatakan tidak boleh pada trimester pertama, dan 2.7% mengatakan tidak boleh pada trimester akhir.

Beberapa pakar medis telah meneliti bahwa berhubungan seksual dan orgasme merupakan suatu aktivitas yang aman pada kehamilan yang normal. Dari sudut pandang anatomi, masuknya penis kedalam vagina saat berhubungan seksual yang aman tidak langsung mengenai janin, karena janin terlindungi oleh cairan ketuban, selaput ketuban dan mulut rahim, sehingga tidak ada reaksi janin berbahaya yang terjadi ketika Mama berhubungan seksual yang aman.

Selain itu di daerah mulut rahim terdapat sumbatan cairan mukus yang berfungsi melindungi rahim terhadap bakteri maupun cairan sperma yang masuk ke dalam rahim. Berhubungan seks saat hamil muda cenderung tidak dianjurkan oleh para pakar.

Secara teoritis, sperma mengandung prostaglandin yang dapat menyebabkan pematangan mulut rahim dan terjadi kontraksi kehamilan. Namun penelitian oleh Harry Perkins, dari Institute of Medical Research, menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara penetrasi, orgasme, atau aktivitas seksual lainnya dengan terjadinya kontraksi pada kelahiran prematur. Menariknya, dalam studi tersebut, orgasme justru menurunkan kejadian angka kelahiran prematur.

Kehamilan juga mempengaruhi libido atau nafsu seksual pada. Pada trimester pertama akan terjadi penurunan libido akibat mual/muntah, serta rasa lelah saat awal kehamilan.

Saat trimester kedua, terjadi peningkatan aliran darah di panggul serta membesarnya payudara dapat meningkatkan gairah seksual Mama. Sedangkan pada trimester ketiga, rahim Mama semakin membesar, sehingga aktivitas fisik menjadi lebih terbatas dan nyeri punggung yang berakibat pada menurunnya gairah seksual.

Did you know?

”Hubungan seks adalah teknik kuno yang jitu untuk merangsang kelahiran. Tetapi, jangan berhubungan intim saat hamil jika ketuban Mama sudah pecah karena dapat meningkatkan risiko infeksi. Ketahui selengkapnya di sini.“

Kondisi yang Harus Dihindari Jika Ingin Berhubungan Seksual yang Aman

Beberapa keadaan di mana dokter biasanya tidak menganjurkan hubungan seksual saat hamil antara lain:

  • Riwayat abortus atau keguguran sebelumnya
  • Risiko kelahiran prematur atau kontraksi rahim sebelum usia 37 minggu kehamilan
  • Adanya perdarahan vagina yang tidak dapat dijelaskan
  • Adanya pecah ketuban atau rembesan air ketuban
  • Terbukanya mulut rahim terlalu dini
  • Posisi ari-ari terletak di bawah rahim (Placenta previa)
  • Kehamilan ganda/kembar

7 Tips Berhubungan saat Hamil

  1. Sebaiknya berhubungan intim tidak lebih dari 3 kali seminggu
  2. Hindari berhubungan intim di trisemester pertama
  3. Pastikan tidak ada riwayat pendarahan
  4. Lakukan posisi hubungan intim yang dianjurkan
  5. Hindari hubungan seksual 4 minggu sebelum persalinan
  6. Mama tidak mengalami plasenta previa
  7. Mama tidak memiliki riwayat melahirkan prematur

Baca Juga: Hilangnya Gairah Seks Ayah Saat Ibu Mengandung

Apa yang Terjadi pada Janin saat Berhubungan Intim?

Jika Mama mencapai orgasme setelah berhubungan seksual dengan pasangan, janin dalam kandungan akan merasakan tekanan. Pada saat mengalami orgasme, rahim Ibu berkontraksi dan saat itu pula bayi mengalami tekanan. Namun, sebagian peneliti mengungkapkan bahwa orgasme dapat membuat bayi merasa hangat dan seperti dalam pelukan.

Hubungan Seksual yang Aman di Masa Kehamilan

Di bawah ini adalah tips untuk hubungan seksual yang aman untuk dilakukan di masa kehamilan, antara lain:

  • Salah satu tips berhubungan saat hamil adalah dengan memeriksakan kehamilan Mama pada dokter kandungan. Bila dokter kandungan menyatakan tidak ada masalah untuk berhubungan seksual, berarti hal ini aman dan tidak akan jadi masalah selama dilakukan dengan intensitas dan frekuensi yang wajar.
  • Komunikasikan pada suami Mama, mengenai perubahan libido, kekhawatiran Mama akan janin, anggapan bahwa bentuk tubuh yang tidak menarik saat hamil, serta posisi yang nyaman saat berhubungan. Posisi "missionary" atau pria di atas mulai trimester kedua mulai dirasa tidak nyaman dan tidak disarankan karena dapat menekan pembuluh darah besar arteri. Alternatif posisi dalam berhubungan seksual yang aman lainnya, seperti "woman on top"/wanita di atas, "side by side", atau "rear vaginal entry" mungkin akan terasa lebih nyaman bagi Mama.

Setelah melahirkan, aman untuk berhubungan seksual yang aman kembali apabila luka-luka setelah melahirkan sudah pulih sepenuhnya. Hal ini biasanya memerlukan beberapa minggu, dan beberapa dokter menganjurkan 6 minggu setelah melahirkan.

Jadi, apakah sudah cukup jelas penjelasannya, Ma? Berhubungan seksual yang aman adalah yang mengutamakan keselamatan janin dan juga kesehatan Mama yang sedang mengandungnya.

Namun, apabila dokter memperbolehkan hubungan seksual dengan suami, bukan berarti Mama lebih tangguh, sehingga tidak membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang. Pasalnya, asupan gizi yang baik adalah hak bagi semua Mama yang hamil maupun janin yang dikandungnya.

 

Sebagai asupan gizi tambahan, Mama dapat mengonsumsi asam folat & omega 6, vitamin D, vitamin C, zat besi, dan protein untuk mendukung kesehatan Mama di masa kehamilan.

Selain itu, Mama juga bisa konsultasi langsung bersama Nutriclub Expert Advisor yang mendukung perjalanan luar biasa Mama dan Papa sebagai orang tua. Menarik 'kan?

 

  • Sossah Laurisse, sexual behavior during pregnancy: a descriptive correlational study among pregnant women. European Journal of Research in Medical Sciences .2014; 2(1):16-27
  • Rogers MV. Sex during pregnancy: common questions and practical answers. Journal of the national medical association. 1983; 75(11): 1087-95
  • Kontoyannis Maria, Katsetos Christo, Panagopoulos Pericls, Sexual intercourse during pregnancy. Health Science Journal.2012;6(1):82-87
  • Tunardy, Evelyn Indradjaja. Perubahan fungsi seksual pada masa kehamilan primigravida. Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar 
floating-icon