Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

6 Tips Pemulihan Luka Jahit Persalinan Caesar

Kesehatan

6 Tips Pemulihan Luka Jahit Persalinan Caesar


Jika Ibu menjalani persalinan alami atau operasi caesar maka akan diperlukan jahitan. Namun, bila Ibu memilih teknik persalinan di dalam air, maka Ibu belum tentu akan dijahit.

Berapa lama jahitan persalinan akan pulih?

Setiap Ibu memiliki kondisi yang berbeda-beda. Luka jahitan sembuh berapa lama? Berapa hari luka jahitan caesar sembuh? Umumnya jahitan karena proses melahirkan akan sembuh dalam waktu sekitar 2-4 minggu. Pastikan untuk menjaga kebersihan di sekitar luka jahitan, supaya tubuh Ibu bisa memulihkan diri tanpa masalah infeksi

 

Did you know?

”Alat-alat yang digunakan pada saat persalinan maupun sesudahnya yang kurang bersih atau kemungkinan terkontaminasi bakteri dari petugas ruang bersalin dapat menyebabkan infeksi nifas. Ketahui selengkapnya di sini.“

6 Tips pemulihan luka jahit persalinan

  1. Istirahat (meminimalkan aktifitas fisik) dapat menjadi salah satu proses penyembuhan luka jahitan.
  2. Lakukan olahraga ringan secara rutin. Latihan fisik akan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul dan dapat mempercepat proses penyembuhan.
  3. Salah satu cara mempercepat penyembuhan luka jahitan adalah dengan memastikan daerah kewanitaan Ibu selalu bersih dan kering.
  4. Pastikan pakaian atau pembalut yang Ibu gunakan tidak bergesakan dengan luka jahitan dan gantilah pembalut secara teratur.
  5. Kompres luka jahitan menggunakan air es beberapa selama menit, untuk membantu mengurangi pembengkakan jahitan.
  6. Mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi juga serat secara teratur, banyak minum air putih, untuk meghindari terjadinya sembelit atau konstipasi.


Jika jahitan Ibu terasa terlalu kencang dan Ibu khawatir terjadi infeksi, segera konsultasikan secepatnya pada dokter.

comment-icon comment-icon