Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Pengaruh Persalinan Caesar Terhadap Imunitas Tubuh Si Kecil

Kesehatan

Pengaruh Persalinan Caesar Terhadap Imunitas Tubuh Si Kecil


Melahirkan si Kecil akan jadi momen spesial tak terlupakan untuk Mama. Saat Mama mendengar suara tangis dan menyentuh lembut kulitnya, Mama akan merasakan cinta yang tak pernah Mama kenali sebelumnya.

Seperti yang sudah Mama ketahui, si Kecil dapat terlahir ke dunia melalui dua cara: melalui persalinan alami atau operasi persalinan Caesar. Kedua metode tersebut dapat menjadi opsi untuk Mama melahirkan si Kecil lahir dengan selamat dan dalam kondisi sehat. Namun, tahukah Mama bahwa jenis persalinan ternyata mampu mempengaruhi perkembangan bakteri baik dalam sistem pencernaan si Kecil?

Si Kecil yang lahir melalui persalinan normal menerima sejumlah bakteri baik yang bisa ia dapatkan dalam perjalanannya ‘keluar’ melalui jalan lahir. Bakteri baik tersebut dapat meningkatkan sistem imunitas si Kecil dan menjaga kesehatan pencernaannya. Sedangkan si Kecil yang lahir melalui proses operasi Caesar tidak bisa mendapatkan paparan bakteri baik tersebut. Tapi tidak perlu khawatir ya, Ma, karena si Kecil tetap dapat memiliki perkembangan mikrobiota dan imunitas yang sehat melalui pemberian ASI.

Nutrisi yang mendukung imunitas si Kecil

Nutrisi merupakan faktor penting dalam perkembangan sistem cerna yang sehat. Selain nutrisi, ASI yang Mama berikan untuk si Kecil juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan sistem imunnya, yakni bakteri baik atau probiotik, dan nutrisi prebiotik sebagai makanan bagi bakteri baik tersebut. Nah, bakteri baik atau probiotik akan tinggal di perut si Kecil, di mana 70-80%  dari seluruh sel imunitas tubuh si Kecil berada. Probiotik inilah yang kemudian dapat mendukung perkembangan imunitas tubuh si Kecil, karena probiotik dan prebiotik akan bersama-sama menciptakan ekosistem saluran cerna yang sehat, dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik untuk membantu sel imunitas melawan infeksi.


Jika Mama tidak dapat menyusui si Kecil, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui jenis susu formula yang tepat untuk si Kecil. Menurut studi, jenis susu formula yang diperkaya dengan kandungan prebiotik dan probiotik diketahui mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di tubuh sehingga  kesehatan saluran cerna dan imunitas tubuh si Kecil selalu terjaga.

comment-iconcomment-icon