Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Cara Merawat Luka Operasi Caesar yang Benar di Rumah

Kesehatan

Cara Merawat Luka Operasi Caesar yang Benar di Rumah


Bagi Mama yang telah melahirkan bayi selamat! Setelah ini akan banyak hal yang perlu Mama perhatikan, termasuk merawat luka persalinan. Pada kali ini kami akan membahas hanya luka operasi caesar. Sama dengan luka operasi lainnya, luka operasi caesar perlu dirawat dengan baik agar pertumbuhan jaringannya menjadi optimal dan supaya tidak terjadi infeksi. Lalu bagaimana cara merawat luka operasi caesar yang benar dirumah? Di dalam artikel ini, kami akan membahas poin-poin sebagai berikut:

Apa itu Operasi Caesar dan Luka Apa yang dihasilkan?

Operasi caesar merupakan operasi yang dilakukan pada daerah perut Mama dengan cara membuat sayatan pada perut dan  rahim agar bayi Mama dapat dilahirkan. Operasi ini merupakan sebuah operasi besar yang memiliki beberapa risiko, sehingga hanya dilakukan sesuai indikasi1 dan apabila kelebihan yang didapatkan lebih banyak daripada kekurangannya.

Saat operasi caesar, dokter akan membuat sebuah sayatan yang berukuran kurang lebih 10-20 cm panjangnya. Sayatan tersebut dapat dibuat secara horizontal, maupun secara vertikal.2 Luka operasi caesar merupakan luka sayatan yang cukup besar, sehingga Mama perlu memperhatikan cara merawat luka operasi tersebut dengan benar.

Cara Merawat Luka Operasi Caesar di Rumah

Setelah operasi selesai dan Mama pulang, ada banyak hal yang harus Mama perhatikan agar luka tersebut terawat dengan benar. Beberapa hal yang Mama perlu lakukan adalah:

Menjaga diri Mama Sendiri

Untuk beberapa minggu pertama setelah operasi caesar, mama perlu istirahat untuk pemulihan.2-5 Istirahatlah secukupnya karena Mama memerlukan waktu untuk mengurus bayi Mama yang baru lahir dan diri Mama sendiri yang memerlukan pemulihan baik secara fisik maupun secara mental.

Rutin untuk Mengganti Perban

Luka operasi caesar awalnya akan ditutup dengan perban. Mama perlu memperhatikan apabila ada cairan yang rembes pada perban tersebut. Bila Mama merasa rembesannya cukup banyak, jangan ragu untuk menghubungi tenaga kesehatan untuk memeriksa luka tersebut dan mengganti perban yang baru.

Menjaga Luka tetap Kering

Setelah perban dari luka operasi caesar dibuka, mama perlu menjaga luka tersebut agar tetap kering.3 Hal ini bertujuan agar luka tersebut tidak terinfeksi. Kurang lebih 1 minggu setelah operasi Mama mungkin merasakan gatal pada luka operasi caesar tersebut. Tapi Mama tidak perlu khawatir, karena itu merupakan tanda bahwa luka tersebut sudah mulai untuk sembuh. Seiring dengan waktu, bekas luka tersebut akan memudar.

Hindari Beraktivitas Berat

Seperti poini pertama, sudah dijelaskan bahwa Mama memerlukan istirahat yang cukup dalam 6 minggu pertama. Aktivitas ringan boleh dilakukan, tetapi aktivitas yang berat seperti mengangkat benda berat, berolahraga intensif, bahkan berhubungan intim perlu dihindari.3,5 Aktivitas-aktivitas tersebut dapat meningkatkan tekanan perut Mama, yang meningkatkan beban pada luka operasi. Ini menyebabkan luka operasi lebih lama untuk sembuh, bahkan dapat membuat luka tersebut terbuka kembali.

Makan-makanan bergizi dan Minum yang Cukup

Pertumbuhan jaringan memerlukan gizi dan cairan yang cukup. Mama perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi khususnya tinggi protein dan minum untuk memenuhi cairan tubuh yang cukup.3,5 Hindarilah melakukan diet dalam fase pemulihan karena Mama memerlukan gizi untuk pemulihan, dan juga memproduksi ASI bagi bayi Mama.

Kenali gejala infeksi luka caesar agar Mama tetap waspada

Semua luka operasi memiliki risiko terjadinya sebuah infeksi. Mama perlu waspada dan mengetahui gejala infeksi agar luka tersebut dapat ditangani dengan cepat sehingga tidak timbul komplikasi. Beberapa tanda infeksi yang perlu diperhatikan Mama adalah mengalami demam tinggi, luka yang berwarna merah, membengkak, atau keluar cairan.2–5 Selain tanda infeksi, Mama perlu menghubungi dokter bila Mama merasakan:

  • Nyeri hebat
  • Keluar darah yang banyak atau cairan yang berbau dari jalan lahir
  • Rasa depresi
  • Mual muntah berlebih
  • Luka operasi terbuka
  • Kesulitan buang air kecil atau air besar

Hubungan operasi caesar dengan daya tahan tubuh anak

Setelah bayi Mama dilahirkan, sistem imunnya sudah berkembang untuk membantunya mencegah terjadinya infeksi oleh kuman-kuman. Namun dari penelitian didapatkan bahwa bayi Mama yang dilahirkan secara operasi caesar dapat memiliki sistem imun yang lebih lemah dibandingkan dengan yang dilahirkan secara persalinan normal. Hal ini dikarenakan pada saat persalinan secara normal akan terjadi paparan microbiota dari Mama ke bayi sehingga peristiwa itu memicu perkembangan sistem imun bayi.6

Operasi caesar merupakan suatu operasi yang besar. Luka dari operasi caesar perlu dirawat dengan benar untuk mencegah terjadinya infeksi dan komplikasi lainnya. Selain itu Mama juga perlu merawat diri sendiri dengan baik seperti mendapatkan istirahat dan makan minum yang cukup untuk membantu proses pemulihan luka operasi caesar Mama. Jika Mama merasa luka operasinya terinfeksi atau menjumpai hal lain yang disebutkan diatas, Mama dapat menghubungi dokter atau tenaga medis segera.

 

  1. Caesarean section [Internet]. nhs.uk. 2017 [cited 2021 Oct 19]. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/caesarean-section/
  2. C-section - Mayo Clinic [Internet]. [cited 2021 Oct 21]. Available from: https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/c-section/about/pac-20393655
  3. Trust) N (National C. Caesarean birth: c-section recovery tips [Internet]. NCT (National Childbirth Trust). 2021 [cited 2021 Oct 21]. Available from: https://www.nct.org.uk/labour-birth/different-types-birth/caesarean-birth/caesarean-birth-c-section-recovery-tips
  4. What to expect after a C-section [Internet]. Mayo Clinic. [cited 2021 Oct 21]. Available from: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/c-section-recovery/art-20047310
  5. The Do’s and Don’ts of Healing from a C-Section [Internet]. intermountainhealthcare.org. [cited 2021 Oct 21]. Available from: https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/intermountain-moms/2018/03/the-dos-and-donts-of-healing-from-a-csection/
  6. Wampach L, Heintz-Buschart A, Fritz JV, Ramiro-Garcia J, Habier J, Herold M, et al. Birth mode is associated with earliest strain-conferred gut microbiome functions and immunostimulatory potential. Nat Commun. 2018 Nov 30;9(1):5091. 
comment-icon comment-icon