Ketika Ibu Berada di Rumah Sakit Bersalin - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Gaya Hidup

Ketika Ibu Berada di Rumah Sakit Bersalin

Melahirkan adalah pengalaman fisik dan emosional yang luar biasa. Berikut adalah informasi mengenai perihal yang akan Ibu hadapi ketika Ibu berada di rumah sakit bersalin untuk melahirkan.

Apa yang Harus Ibu Bawa
Ketika Ibu ke rumah sakit bersalin, Ibu sebaiknya sudah mempersiapkan berbagai keperluan yang nantinya akan dibutuhkan Ibu pasca melahirkan dan keperluan si Kecil. Selain tas perlengkapan menginap di rumah sakit , jangan lupa membawa buku riwayat kehamilan Ibu.

Did you know?

”Tenang secara fisik dan emosional akan membantu tubuh Ibu mengikuti ritmenya ketika melahirkan. Rasa tenang juga dapat membantu otot-otot Ibu mengatasi tekanan saat proses melahirkan. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP
Pemeriksaan dan Tes 
Saat Ibu tiba di rumah sakit untuk melahirkan, dokter akan menangani Ibu  untuk menjalani serangkaian pemeriksaan dan tes. Hal yang diperiksa antara lain:

- Apa yang sudah terjadi dalam proses melahirkan, misalnya apakah ketuban sudah pecah dan apakah kontraksi Ibu sudah mulai
- Kondisi tekanan darah, denyut nadi, suhu badan dan air seni. 
- Catatan kehamilan Ibu. 
- Meraba perut Ibu  
- Pemeriksaan bagian dalam untuk melihat sejauh mana dilatasi atau pembukaan mulut rahim Ibu. Semua rinciannya akan dicatat. 

 

Langkah Berikutnya

Jika masih terlalu dini, biasanya dokter akan menyarangkan Ibu untuk pulang dulu dan menunggu sampai kontraksinya semakin kuat, atau menunggu di kamar yang tersedia.
 
Tapi, jika sudah terjadi pembukaan penuh maka Ibu  akan dibawa langsung ke kamar bersalin. Segera beritahu dokter tentang rencana proses melahirkan yang sudah Ibu bicarakan bersama suami.