Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kesehatan

Pemulihan Pasca Persalinan Caesar

Apakah Mama sedang mencari tahu jenis persalinan yang tepat untuk melahirkan si Kecil? Sebagai seorang ibu, Mama pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si Kecil, termasuk bagaimana cara melahirkannya ke dunia. Bila dibandingkan dengan persalinan normal, proses persalinan Caesar memang hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam, tapi memerlukan waktu yang lebih lama dalam proses pemulihannya. Jangan takut ya, Ma. Simak artikel berikut untuk tahu beberapa tips untuk mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan Caesar.

Apa Yang Terjadi Setelah Kelahiran Si Kecil?

Setelah si Kecil yang Mama tunggu-tunggu sudah diangkat dari perut Mama, dokter akan mengeluarkan plasenta dan menjahit kembali sayatan di perut Mama. Prosedur operasi tersebut bisa dilakukan hanya dalam waktu 40-50 menit.

Begitu dikeluarkan dan diperiksa oleh tim medis, si Kecil dapat segera diberikan ke Mama untuk proses skin-to-skin. Pada momen inilah, Mama berkesempatan untuk memeluk erat si Kecil dan mempercepat bonding.

Kemudian, Mama akan dibawa kembali menuju kamar pemulihan di mana Mama bisa beristirahat dan menghabiskan efek yang tersisa dari proses anestesi. Saat itu pula, dokter akan memeriksa detak jantung dan tekanan darah Mama. Nah, tahukah Mama, apa salah satu tips agar Mama bisa menyusui si Kecil dengan lancar? Mintalah bantuan Papa untuk mencari posisi yang nyaman untuk Mama menyusui si Kecil.

Tahukah Mama, metode kelahiran Caesar dapat memengaruhi daya tahan tubuh si Kecil?

  • Risiko metode kelahiran terhadap daya tahan tubuh si Kecil
  • ASI mengandung banyak manfaat bagi si Kecil, termasuk Sinbiotik
  • Sinbiotik sebagai solusi untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh si Kecil

Proses Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Hari-hari yang Mama lewati pasca persalinan Caesar bisa jadi masa yang cukup menantang dalam hidup Mama. Biasanya, Mama akan merasakan nyeri pada 24 jam pertama dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit dalam 5 hari. Namun, perlu waktu sekitar 6 minggu penuh untuk benar-benar pulih dari rasa sakit pasca persalinan Caesar. Karena itu, mintalah bantuan dari beberapa anggota keluarga terdekat di rumah agar Mama dapat beristirahat dan fokus menjaga si Kecil.

Penting untuk Mama ingat, jangan mengangkat benda apapun dengan berat melebihi berat si Kecil di masa pemulihan tersebut ya, Ma. Hindari berolahraga berat dan juga seks sampai waktu yang dianjurkan oleh dokter kandungan Mama (biasanya setelah check up di minggu ke-6). Jika Mama mengalami nyeri yang tak tertahankan atau muncul cairan dari bekas jahitan Mama, segera hubungi dokter kandungan Mama untuk melakukan check up.1

Metode Persalinan Selanjutnya

Memilih persalinan Caesar sebagai metode melahirkan saat ini tidak menutup kesempatan Mama untuk dapat melahirkan secara normal di kemudian hari, loh, Ma. Nyatanya, sekitar 70% dari Mama yang pernah melakukan persalinan Caesar juga dapat melahirkan normal dengan lancar.

Tips untuk mempercepat masa pemulihan

  • Siapkan obat parasetamol dan ibuprofen.
  • Masak dan siapkan menu makanan bergizi untuk beberapa hari.
  • Gunakan baju yang nyaman dan longgar di bagian perut.
  • Banyak beristirahat dan berhati-hatilah dalam bergerak agar tidak menimbulkan nyeri pada luka bekas jahitan.

Ketahui apa saja jenis nutrisi yang dibutuhkan si Kecil pasca persalinan Caesar di sini.

comment-icon comment-icon