Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Si Kecil Mimpi Buruk atau Night Terror? Lakukan Hal Ini!

Rutinitas Anak

Si Kecil Mimpi Buruk atau Night Terror? Lakukan Hal Ini!


Mama, pernahkah si Kecil tiba-tiba terbangun di tengah tidurnya dan langsung menangis kencang? Bisa saja si Kecil mengalami mimpi buruk atau bahkan night terror. Nah, tahukah Mama bahwa kedua hal tersebut berbeda? 

Mimpi buruk pada anak

Mimpi buruk (nightmare) merupakan hal yang normal dialami siapa saja di segala usia, termasuk anak-anak. Mereka yang berusia tiga hingga enam tahun biasanya mengalami mimpi buruk saat tengah malam, di mana mimpi buruk tersebut akan mengagetkan dan membuatnya terbangun dalam keadaan gelisah atau cemas sehingga takut untuk tidur kembali. Pemicunya bisa saja dari hal-hal yang ia lihat atau dengar sepanjang hari, misalnya dongeng tentang penyihir jahat atau film tentang monster. Namun demikian, mimpi buruk juga dapat muncul tanpa sebab apapun.1 (hal 2)

Apa yang harus dilakukan jika anak mimpi buruk?

Jika si Kecil terbangun menangis di malam hari akibat mimpi buruk yang baru saja ia alami, maka cobalah untuk memeluk dan tenangkan si Kecil dari rasa takut tersebut.1 (hal 2) Pahami perasaan gelisah dan ketakutan si Kecil agar ia merasa lebih baik: Hindari berkata “Jangan nangis, dong, itu kan cuma mimpi,” tapi akui perasaan takutnya dengan berkata “Mama tahu, pasti kakak takut, ya, mimpi diserang monster.”

Jika si Kecil masih terlihat gelisah, cobalah untuk tetap tinggal sebentar di kamarnya dan temani si Kecil sampai ia tertidur kembali. Bila perlu, biarkan pintu kamarnya tetap terbuka, agar ia merasa aman meski Mama dan Papa tidak di ruangan yang sama dengannya.2 (hal 2)

Apa itu Night Terror?

Meski sama-sama terjadi saat si Kecil tidur, nyatanya teror tidur (night terror) dan mimpi buruk (nightmare) merupakan dua kondisi yang sangat berbeda. Night terror merupakan gangguan tidur yang dapat terjadi pada anak-anak di usia empat hingga dua belas tahun, dan bisa berlanjut hingga ia memasuki masa remaja.2 (hal 3)

Berbeda dari mimpi buruk yang terjadi pada fase REM (Rapid Eye Movement), night terror terjadi pada fase non-REM dan biasanya membuat si Kecil terbangun panik, menendang-nendang, menjerit, memukul, berteriak atau bahkan sleepwalking (tidur berjalan). Gangguan tidur ini bisa terjadi hingga 10 menit atau lebih dan biasanya berakhir saat si Kecil memasuki fase deep sleep.2 (hal 1-2)

Penyebab Night Terror

Gangguan tidur night terror diduga dapat dipicu oleh beberapa faktor, misalnya kondisi kelelahan, kurang tidur, sakit yang diderita si Kecil atau pengaruh obat tertentu yang ia minum, juga faktor riwayat gangguan tidur di keluarga.2 (hal 4)

Cara mengatasi night terror pada si Kecil

Meskipun terlihat menyeramkan, gejala night terror tidak akan menyakiti si Kecil dan ia tidak dapat merespon saat Mama mencoba menenangkannya. Oleh karena itu, si Kecil mungkin tidak dapat mengingat bahwa ia mengalami night terror saat terbangun di pagi hari.

Jika Mama mendapati si Kecil tengah mengalami gejala night terror di malam hari, tidak perlu memanggil atau berteriak untuk membangunkannya. Cukup berikan ia usapan atau pelukan menenangkan untuk meredam night terror-nya, dan pastikan si Kecil tidak terjatuh atau terluka saat kondisi gangguan tidur tersebut menyerang.1 (hal 1)

Agar gejala night terror tidak lagi dialami si Kecil, cobalah untuk menerapkan kebiasaan atau rutinitas tidur yang baik untuknya, demi mencegah si Kecil dari kondisi terlalu lelah yang dapat memicu night terror. Jika gangguan tidurnya bertambah parah dan disertai dengan gejala fisik lain seperti rasa lelah dan tidak enak badan, segera hubungi dokter ya, Ma.1 (hal 1)

Mama juga dapat menghubungi Nutriclub Expert Advisor yang siap menjawab pertanyaan Mama seputar tidur si Kecil. Tanya Sekarang.

  1. Nightmares and night terrors [Internet]. Palo Alto; Stanford Children’s Health; 2021 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=nightmares-and-night-terrors-90-P02257
  2. Pacheco D. Night Terrors [Internet]. Washington: Sleep Foundation; 2021[cited 2021 June 13] Available from :  https://www.sleepfoundation.org/parasomnias/night-terrors
comment-iconcomment-icon