Saatnya Si Kecil Makan Table Foods - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Rutinitas Anak

Saatnya Si Kecil Makan Table Foods

Bayi yang mulai menolak disuapi sudah siap untuk makan table foods.

Ibu mungkin bertanya-tanya kapan sebaiknya mulai menyajikan table foods untuk si kecil. Tidak perlu khawatir, karena prosesnya mudah, menyenangkan dan tentu saja sedikit berantakan.

Tahukah Ibu, beberapa bayi bahkan tidak pernah mendapat makanan yang dihaluskan (puree) dari awal MPASI-nya? Ini biasanya terjadi karena para Ibu memutuskan untuk mengikuti metode baby-led weaning.

Apa itu table foods?

Table foods adalah makanan apapun yang selama ini sudah mama berikan kepada si kecil, tetapi bukan dalam bentuk puree.Biasanya makanan tersebut juga disajikan kepada seluruh anggota keluarga yang lain.

Kapan sebaiknya menyajikan table foods untuk si kecil?

Sekali lagi, tidak ada patokan baku karena setiap bayi adalah unik. Ibu sebaiknya memperhatikan tanda-tanda yang dibuat oleh bayi dan juga kemampuan bayi untuk mengunyah dan menghancurkan makanan. Yang paling penting adalah kemampuan bayi untuk menyuap makanan sendiri dan mengambil makanan dengan jari-jarinya (pincher grasp).

Beberapa tanda bayi siap makan table foods:

  • Menolak disuapi
  • Memalingkan wajah dan meludahkan makanan yang terlalu halus
  • Merampas sendok dan mencoba menyuap sendiri
  • Bisa mengunyah makanan bertekstur sedikit kasar
  • Bisa mengambil makanan dengan jarinya dan memasukkannya ke mulut
  • Berusia di atas 8 bulan atau lebih, meskipun beberapa bayi sudah makan table foodsdari awal MPASI (baby-led weaning)

 

Bisakah si kecil makan table foods sekalipun belum tumbuh gigi?

Sebenarnya, bayi tidak perlu mengunyah dengan gigi, karena mereka belajar menghancurkan makanan dengan gusinya. Biasanya kita mengunyah makanan dengan gigi geraham. Kebanyakan bayi baru tumbuh gigi gerahamnya di usia 10 sampai 16 bulan atau bahkan lebih.

Dapatkah bayi makan makanan yang disediakan untuk seluruh anggota keluarga?

Tentu saja bisa. Yang harus Ibu pastikan, semua makanan yang disajikan bisa dikunyah dan dihancurkan dengan gusi si kecil. Sajikan makanan dalam potongan kecil yang gampang dikunyah. Potongan kecil ayam, kentang yang empuk, adalah contoh mudah table foodsuntuk si kecil.

Selain itu, hindari menambahkan garam atau membumbui makanan terlalu banyak. Untuk mudahnya, sisihkan porsi untuk bayi sebelum makanan dibumbui.

Sumber:

http://wholesomebabyfood.momtastic.com/from-baby-food-to-table-food.htm#.UNQa9pNet8R