ASI Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan Si Kecil - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Rutinitas Anak

ASI Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan Si Kecil

Ada banyak nutrisi penting di dalam ASI yang penting bagi awal pembentukan daya tahan tubuh si Kecil sejak dini. Salah satu manfaat ASI bagi si Kecil adalah menjaga sistem pencernaan agar selalu sehat dan siap menyerap semua nutrisi.

ASI juga kaya akan kandungan prebiotik yang mampu memberi perlindungan pada sistem pencernaan si Kecil.

Manfaat ASI Untuk Sistem Pencernaan

Beragam penelitian dan observasi klinis menunjukkan bahwa si Kecil yang diberi ASI akan lebih jarang mengalami infeksi, alergi dan gangguan penyakit lainnya.

Selain itu, akan terdapat perbedaan komposisi pertumbuhan bifid bacteria pada usus si Kecil yang mendapatkan ASI eksklusif, ini sekaligus menjadi alasan mengapa mereka menjadi lebih jarang menderita diare.

Did you know?

”ASI merupakan sumber prebiotik pertama terbaik yang dapat diperoleh si Kecil pada awal kehidupannya. Prebiotik berperan penting dalam asupan si Kecil, terutama saat sistem imunnya masih dalam tahap perkembangan. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Fakta menunjukkan bahwa 70% sel imunitas bayi terdapat pada sistem saluran cernanya. Kesehatan saluran cerna ditentukan oleh lapisan mucus atau lapisan dinding usus, ini dibentuk oleh bakteri baik yang hidup secara alami di saluran cerna si Kecil. Lapisan mucus akan membantu mencegah kuman-kuman masuk ke dalam tubuh si Kecil. Semakin baik lapisan ini, semakin baik pula daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit.

Bakteri sehat seperti bifid bacteria, menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA), yang digunakan sebagai sumber energi oleh sel yang melapisi permukaan usus. Ini berarti sel-sel tersebut dapat memproduksi lebih banyak mucus atau lendir dengan konsistensi yang lebih kental, sehingga mampu menurunkan risiko infeksi. Efek ini penting untuk pertahanan usus si Kecil yang baru lahir dan masih berada di tahap perkembangan dini.