Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

7 Tips Mengelola Waktu bagi Mama Baru

Psikologis

7 Tips Mengelola Waktu bagi Mama Baru


Selamat atas kelahiran si Kecil, Ma! Sekarang, Mama akan melanjutkan perjalanan sebagai seorang ibu menyusui bagi si Kecil tersayang. Meski rasanya tak ada hal yang lebih penting selain memastikan si Kecil tumbuh sehat dan happy, Mama pasti menyadari ada beberapa hal yang hilang sejak kelahirannya. Salah satunya, waktu tidur Mama yang kini tak pernah nyenyak dan pulas.

Tahukah Mama? Pada umumnya, orang tua akan kehilangan rata-rata 109 menit waktu tidur setiap malam selama satu tahun pertama sejak kehadiran si Kecil. Bahkan, menurut sebuah studi yang dilakukan di Jerman, orang tua baru akan mengalami kekurangan tidur hingga enam tahun lamanya, seiring dengan bertambahnya anggota keluarga baru.1, 2

Pentingnya Menjaga Fisik Mama agar Cukup Istirahat

Meskipun prioritas nomor satu Mama adalah menjaga si Kecil dan keluarga kecil Mama, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan diri sendiri. Jangan merasa bersalah jika Mama sesekali ingin me time saat sudah kelelahan dengan rutinitas sebagai mama baru. Ingat, ada pepatah yang mengatakan “you can’t pour from an empty cup”—dengan fisik dan juga mental yang sehat, Mama akan tetap dapat menjaga dan melindungi keluarga tercinta.

Tips agar Mama Tetap Sehat dan Cukup Beristirahat

Jika Mama tidak bisa mengganti waktu tidur, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk meredam rasa lelah sekaligus membuat tubuh Mama tetap sehat dan berenergi. Misalnya dengan mandi air hangat, makan camilan bergizi, jogging di pagi hari atau tidur siang 30 menit di sela rutinitas Mama di rumah.

Selain hal di atas, lakukan juga tips berikut agar Mama cukup istirahat:

7 Cara Mengelola Waktu bagi Mama Baru

1. Tidur saat si Kecil tidur

Meskipun daftar pekerjaan Mama masih panjang bahkan setelah si Kecil terlelap, tak ada salahnya untuk sesekali men-skip waktu mencuci baju atau menyapu rumah untuk tidur siang selama 30 menit saat si Kecil juga sedang tidur. Dengan begitu, Mama akan merasa lebih segar saat terbangun dan siap untuk melanjutkan aktivitas lagi.3, 4

2. Jangan sungkan menerima bantuan dari orang lain

Jika ada anggota keluarga atau kerabat Mama yang berkunjung ke rumah dan menawarkan bantuan untuk menjaga si Kecil, memasak masakan untuk Mama sekeluarga, atau bahkan membantu mencuci piring, jangan sungkan untuk menerimanya ya, Ma.3 ,4

3. Siapkan stok ASI perah

Salah satu cara mengelola waktu bagi Mama baru adalah dengan meminta bantuan kepada Papa (sekaligus memberi kesempatan untuk Papa bonding dengan si Kecil) adalah dengan membiarkan si Kecil minum ASI yang sudah Mama siapkan sebelumnya dalam botol atau wadah ASIP. Jika Mama sudah terlalu lelah dan ingin tidur, minta Papa untuk memberikan si Kecil ASIP tersebut, ya.3

4. Buat jadwal shift dengan Papa

Dengan adanya persiapan ASI perah tadi, Mama juga dapat mengatur waktu shift dengan Papa untuk menjaga si Kecil. Buatlah jadwal agar Mama dan Papa dapat bergantian tidur sementara yang lain menyusui si Kecil saat kelaparan di malam hari.3,4

5. Persiapkan diri Mama untuk tidur

Meskipun lelah dan mengantuk, Mama bisa saja kesulitan untuk tidur meski sudah berbaring di tempat tidur. Jika mengalami kondisi ini, hindari hal-hal yang sekiranya dapat menjadi pemicu susah tidur Mama, misalnya dengan tidak meminum kopi atau minuman berkafein enam jam menjelang waktu tidur, menghindari makan berat di malam hari, atau dengan menjauhkan handphone dan mematikan tv setidaknya setengah jam sebelum tidur. Mama juga bisa coba untuk mandi air hangat sebelum tidur agar tubuh menjadi lebih rileks.5-7

6. Jangan memaksakan diri untuk berkegiatan di luar rumah

Saat sudah menjadi seorang ibu, wajar dan sah-sah saja untuk tidak lagi mendedikasikan diri Mama pada kegiatan rutin luar rumah seperti arisan bersama tetangga atau teman kuliah, hangout rutin bersama sahabat atau kerabat, dan beragam kegiatan lain yang dulunya kerap Mama lakukan. Jika kegiatan tersebut akan membuat Mama kewalahan sehingga memicu stres, sebaiknya hindari saja ya, Ma.

7. Berkonsultasi dengan Papa, keluarga atau tenaga profesional

Bercerita tentang rasa lelah Mama bukanlah hal yang memalukan. Sebaliknya, komunikasi merupakan kunci penting untuk membuat Mama tetap tenang dan terhindar dari stres akibat lelah menjadi Mama baru. Jika Mama sering susah tidur, kerap menangis atau khawatir tanpa sebab, segera hubungi tenaga profesional di sekitar Mama, ya4

Mama juga bisa berkonsultasi dengan Nutriclub Expert Advisor yang siap menjawab perihal tidur atau masalah kesehatan lain di masa menyusui. Tanya Sekarang.

  1. Webber J. New data reveals just how much sleep new parents are losing nightly [Internet]. 2019 [cited 2021 June 10]. Available from: https://www.healthline.com/health/parenting/new-parent-sleep-study
  2. Richter D, Krämer MD, Tang NK, Montgomery-Downs HE, Lemola S. Long-term effects of pregnancy and childbirth on sleep satisfaction and duration of first-time and experienced mothers and fathers. Sleep. 2019;42(4):1-10.
  3. Hoffman A. How to stay well-rested when you have a baby [Internet]. 2021 [cited 2021 June 10]. Available from: https://www.sleep.org/new-parents-sleep-baby-sleeps/
  4. New parents: getting the sleep you need [Internet]. Rochester: MFMER; 2020 [cited 2021 June 10]. Available from: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/healthy-baby/art-20046556
  5. Garone S. We asked sleep consultants how to survive the newborn days [Internet]. 201 [cited 2021 June 10]. Available from: https://www.healthline.com/health/sleep-consultants-share-tips-for-new-parents
  6. Pien W. New parents: tips for quality rest [Internet]. Baltimore: John Hopkins Medicine; [cited 2021 June 10]. Available from: https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/new-parents-tips-for-quality-rest
  7. Sandoiu A. When's the best time to take a warm bath for better sleep? [Internet]. 2019 [cited 2021 June 10]. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325818
comment-iconcomment-icon