Tips Agar Ibu Bisa Tidur Lebih Lama  - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Gaya Hidup

Ibu Butuh Waktu Tidur Lebih Lama

Menjadi ibu baru, biasanya membuat Ibu kehilangan banyak waktu untuk beristirahat. Berikut ini beberapa tips agar Ibu bisa mengatur istirahat Ibu dan memulihkan energi Ibu.

Tips Agar Ibu Bisa Tidur Lebih Lama 
• Rintangan besar teratasi bila Ibu bisa menemukan cara untuk menerapkan rutinitas dalam mengurus si Kecil. Ibu dapat mencoba membuat si Kecil tidur siang secara teratur dan mendapatkan kesempatan untuk mengistirahatkan diri Ibu sendiri. Pilih waktu istirahat yang paling cocok dengan Ibu dan si Kecil. Coba istirahat setelah waktu makan siang atau waktu yang menurut Ibu rendah aktivitas.

• Banyak ibu baru yang kesulitan tertidur karena mengingat terus tugas-tugas yang harus dilakukan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menulisnya agar meringankan pikiran Ibu sebelum jam tidur siang.
 
Rutinitas tidur yang tenang untuk si Kecil sangat penting. Usahakan untuk tenang satu jam sebelum waktu si Kecil harus tidur. Rutinitas tidur artinya Ibu punya waktu untuk Ibu sendiri beristirahat dan merasa rileks, karena Ibu tahu si Kecil tidur dengan tenang.
 
• Setelah menenangkan si Kecil yang menangis dan memerlukan Ibu di tengah malam, akan lebih mudah bagi Ibu untuk kembali tidur bila lampu ruangan dimatikan.
 
• Pada hari Sabtu dan Minggu, merawat si Kecil bisa dilakukan bergantian dengan suami. Ibu bisa mengatur jadwal, misalnya supaya Ibu bisa bersantai di hari Sabtu kemudian suami bisa mengganti kurang tidurnya di Minggu pagi. 

Did you know?

”Dengan kesibukan sebagai ibu baru dan istirahat yang tak menentu, wajar bila terkadang ibu merasa ingin punya waktu sendirian. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP
Tips Mengatasi Kelelahan 
- Tetap Aktif di Siang Hari 
Penting bagi si Kecil untuk tidur siang secara teratur, namun Ibu dan si Kecil juga perlu aktif di siang hari. Ibu perlu berolahraga, agar Ibu mendapat lebih banyak energi dan juga membuat tidur Ibu lebih berkualitas.
 
Aktivitas fisik yang Ibu lakukan tidak harus dengan mengikuti klub senam atau fitness khusus. Cukup berjalan di sekitar rumah sambil mendorong kereta bayi. Lakukan apa pun yang membuat si Kecil lelah agar tidurnya lelap di malam hari. Dan bila Ibu perlu menyegarkan diri, cobalah tidur dengan minyak aromaterapi atau mandi dengan menyalakan lilin aromaterapi.
 
- Makan untuk mendapatkan energi 
Makan dengan baik dan tetaplah setia pada makanan yang menghasilkan energi dengan perlahan seperti jenis karbohidrat yang kaya serat atau buah. Ibu juga perlu mengonsumsi banyak air mineral.

 

- Tetaplah berpikiran positif 

Terakhir, jika Ibu merasa sangat lelah dan berada di ambang batas kesabaran, ingatkan diri Ibu bahwa hal ini tidak akan berlangsung selamanya. Belailah si Kecil dan ingat betapa berharganya dia.