Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Stimulasi

Ketahui Bakat Terpendam Balita

Perhatikan respon atau reaksi juga sikap balita dalam kesehariannya. Denan itu akan lebih mudah bagi Ibu untuk mengetahu bakat terpendam balita.

Pada beberapa anak tertentu, bakat yang ia miliki tampak sangat jelas. Namun bagi sebagian besar anak lainnya, mereka membutuhkan peran Ibu untuk mengeluarkan bakat terpendamnya. Ibu bisa temukan apa bakat terpendam si Kecil dengan melihat perilakunya sehari-hari dan lihat bagaimana reaksinya akan suatu hal.

Di bawah ini adalah tips untuk membaca tanda-tanda bakat terpendam yang dimiliki si Kecil, juga cara untuk mengembangkan bakat tersebut.

Did you know?

”Ketika si Kecil berhasil melakukan sesuatu dengan sangat baik, sebaiknya Ibu tidak memuji pencapaian si Kecil secara berlebihan. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Tanda Anak Prasekolah Memiliki Bakat Terpendam

Anak usia 2 hingga 4 tahun mungkin punya bakat terpendam apabila ia memiliki beberapa karakter seperti di bawah ini:

  • Memiliki bakat yang spesifik, seperti kemampuan yang baik dalam bidang seni atau memiliki kemampuan luar biasa saat menghitung atau mengingat angka.
  • Mencapai tingkatan perkembangan di atas rata-rata teman sebayanya.
  • Memiliki perkembangan bahasa yang sangat bagus, seperti memiliki kosa kata yang beragam saat berbicaradibandingkan dengan teman-teman sebayanya.
    • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan tampak seperti tidak bisa berhenti bertanya.
    • Selalu aktif (bukan hiperaktif), karena anak hiperaktif biasanya tidak bisa memberikan perhatian yang lama pada suatu hal. Anak berbakat bisa berkonsentrasi pada satu tugas untuk jangka waktu yang panjang dan mereka akan sangat senang ketika mengerjakan hal yang sesuai dengan ketertarikan mereka dan anak-anak ini suka diberikan tantangan berupa aktivitas yang sulit.
    • Memiliki daya imajinasi yang tinggi. Anak berbakat biasanya bisa membuat berbagai jenis teman imajinasi di mana mereka akan sangat terlibat di dalamnya.
    • Mampu mengingat fakta dengan mudah dan bisa menceritakan kembali informasi yang mereka terima, baik dari tayangan televisi, film atau buku.

Kenali Tanda Bakat Terpendam Si Kecil

Berikut adalah tanda-tanda bakat terpendam, yang bisa dilihat dari keseharian si Kecil, antara lain:

- Jika Si Kecil Suka Menyortir Benda

Si Kecil sangat menyukai keteraturan, ia selalu membuat benda tergorganisir dan tertata berurutan. Apabila ini adalah kebiasaannya sehari-hari, mungkin si Kecil memiliki bakat berupa pemikiran analitis, terstruktur dan memiliki perhatian yang besar ke detail.

Bagaimana mengembangkan bakatnya: Ajak si Kecil menjelajahi berbagai kegiatan dan permainan yang melibatkan banyak pola dan penyesuaian.

- Jika Si Kecil Tidak Berhenti Berbicara

Si Kecil mungkin punya kosa kata yang kaya dan ia bisa mengelaborasi cerita dengan baik. Memiliki kelebihan pada kemampuan verbal bisa menjadi tanda awal anak berbakat, ini juga merupakan salah satu kunci suksesnya di sekolah dan aspek lain dalam hidup. Anak yang memiliki keunggulan untuk berbicara mungkin akan memilih karirnya di bidang hukum atau jurnalistik.

Bagaimana mengembangkan bakatnya: Wawancara si Kecil, rekam pemikirannya di alat perekam atau kamera video. Bantu juga si Kecil menuliskan surat ke keluarga dan temannya.

- Jika Si Kecil Suka Mengutak-Atik Benda

Ia suka mengutak-atik dan mencari tahu bagaimana sebuah benda bekerja, ia suka membongkar pasang mainan eletronik, radio dan lainnya. Ia terkesima dengan bagaimana mesin bisa bekerja, ia juga menikmati berada di sebuah bangunan yang tinggi dan canggih. Mungkin si Kecil memiliki kemampuan memahami dimensi. Di masa depan mungkin si kecil akan menjadi seorang ilmuwan, penemu atau arsitek.

Bagaimana mengembangkan bakatnya: Berikan si Kecil mainan blok dan mainan lainnya yang terkait dengan konstruksi.

- Jika Si Kecil Suka Mengkhayal

Ia mungkin suka berpura-pura menjadi tokoh kartun favoritnya, ia suka melukis dan memiliki banyak ide yang suka ia ceritkan. Ia mungkin menggunakan benda dengan cara yang berbeda dan menggunakan cara pikir yang kreatif untuk memecahkan masalah. Si Kecil yang visioner ini mungkin sering tampak seperti tidak fokus, padahal mungkin ia tengah menggunakan waktunya untuk memikirkan ide lainnya. Anak seperti ini akan memiliki kreativitas yang hebat di masa depan.

Bagaimana mengembangkan bakatnya: Kembangan kreativitas si Kecil, dengan berbagai cara. Misalnya memberikan ia ruang untuk melukis, bermain musik atau melakukan eksperimen ilmiah.

- Jika Si Kecil Suka Bermain Bongkar Pasang

Ia mencintai permainan menyusun gambar dan berbagai jenis permainan bongkar pasang. Saat menyusun gambar, si Kecil tidak terlalu suka menggunakan metode coba dan salah. Ia lebih suka menempatkan di mana posisi seharusnya potongan gambar tersebut berada. Bila cara berpikirnya sangat unggul di sini, mungkin si Kecil nantinya akan cocok untuk menjadi detektif, arkeolog atau peneliti ilmiah.

Bagaimana mengembangkan bakatnya: Ajak si Kecil bermain menyusun gambar dengan perkembangan tingkat kesulitan yang sesuai dengan usianya. Berikan juga si Kecil permainan pemecahan masalah lainnya.

- Jika Si Kecil Suka Memimpin

Si Kecil memiliki opini yang kuat mengenai bagaimana seharusnya sesuatu hal dilakukan. Ia mungkin tampak seperti suka memerintah, namun bisa saja ini merupakan bakatnya untuk menjadi seorang pemimpin. Anak yang secara alami suka memimpin bisa menginspirasi orang lain dan melihat konflik dari perspektif berbeda. Kepemimpinan penting terutama di bidang bisnis, politik, organisasi dan mediasi.

Bagaimana mengembangkan bakatnya: Latih si Kecil untuk mengambil keputusan, berikan ia tugas dan tanggung jawab di rumah atau biarkan si Kecil mendekorasi kamarnya sendiri, sesuai keinginannya.

- Jika Si Kecil Tidak Bisa Diam

Ia gemar melakukan berbagai hal sambil bergerak, atau setidaknya berdiri. Ia suka berpindah tempat, menyentuh benda dan bergerak sesuai keinginannya. Bila si Kecil sering seperti ini di dalam kesehariannya, mungkin ia adalah seorang physical learner, yang bisa menyerap informasi dengan baik bila terkait dengan aktivitas gerakan yang ia sukai. Mungkin ia akan menjadi bintang di dunia olahraga, penari atau musisi karena ia memiliki kemampuan motorik yang bagus.

Bagaimana mengembangkan bakatnya: Pastikan setiap hari ia melakukan aktivitas fisik. Anak yang suka bergerak biasanya mudah merasa bosan, maka aturlah aktivitas hariannya dengan dinamis agar ia selalu merasa semangat.

Bangun kemandirian dan kreativitas si Kecil dengan stimulasi dan penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil di sini.

Sumber:

-Diener, et al. Journal of personality and Social Psychology, 1978; 36, 431-462.

- Fox, L.H., et al. Journal of Career Education, 1981; 7, 289-298.

facebook-logo twitter-logo