Menjaga Kesehatan Si Kecil dengan Asupan Prebiotik FOS dan GOS - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Nutrisi

Menjaga Kesehatan Si Kecil dengan Asupan Prebiotik FOS dan GOS

Mama, kita semua pasti setuju bahwa menjaga kesehatan si Kecil adalah prioritas nomor satu. Melihatnya dapat tumbuh dengan baik, riang dan sehat adalah hal yang selalu Mama dan Papa inginkan. Namun tahukah Mama, bahwa usia awal si Kecil merupakan masa di mana ia paling rentan terserang penyakit?

Berdasarkan data dari WHO tahun 2017, anak balita (usia 0-5 tahun) paling rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh infeksi, seperti diare dan infeksi pernapasan akut (ISPA).Dokter Spesialis Anak dan juga Konsultan Gastroenterologi DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) menjelaskan bahwa penyebab kondisi tersebut salah satunya karena sel usus pada si Kecil di usia balita yang masih renggang, sehingga kuman dan alergen dapat masuk dengan mudah. Selain renggangnya sel usus, penyakit juga dapat menjangkiti si Kecil karena kondisi mikrobioma pada saluran cerna yang belum berkembang dengan baik. Sudah tahukah Mama, apa itu mikrobioma dan bagaimana pengaruhnya terhadap imunitas dan kesehatan si Kecil?

Menjaga keseimbangan mikrobioma dalam sistem cerna si Kecil

Meski sistem imun si Kecil belum berkembang sempurna, Mama tidak perlu khawatir. Kunci utama untuk menjaga si Kecil tetap sehat adalah dengan menjaga perkembangan sistem imun agar tetap seimbang, salah satu caranya adalah dengan menjaga keseimbangan mikrobioma dalam sistem pencernaannya.

Mikrobioma merupakan kumpulan mikroorganisme yang ada dalam tubuh manusia. Menurut dr. Ariani, ada sekitar 10 hingga 100 triliun mikrobioma dalam tubuh manusia dengan jumlah paling banyak terdapat di dalam usus. Nah, bakteri pada mikrobioma tersebut memiliki peran penting terhadap imunitas, nutrisi dan juga perlindungan terhadap bakteri patogen atau bakteri jahat yang masuk ke tubuh si Kecil, Ma.

Beragam studi telah dilakukan banyak peneliti untuk membuktikan manfaat mikrobioma, salah satunya oleh Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD., Head of Department of Pediatrics diVrije Universiteit Brussel. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan bahwa keseimbangan mikrobioma gastrointestinal (mikrobioma dalam usus) yang sehat sangat berperan penting untuk mengembangkan sistem imunitas si Kecil sejak dini. Salah satu mikroorganisme penyusun mikrobioma, yakni bakteri baik bifidobacteria memiliki sejumlah peran penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh, yaitu:

·         Memproduksi antibodi

·         Mengontrol peradangan

·         Mengencangkan sambungan usus

·         Meningkatkan toleransi terhadap makanan

Karena itu, Prof. Yvan menganjurkan agar keseimbangan bakteri baik bifidobacteriaharus dipelihara agar dapat terus memberikan manfaat untuk kesehatan sistem imunitas si Kecil.

Pentingnya asupan prebiotik FOS dan GOS

Lebih lanjut lagi, Prof. Yvan turut menjelaskan bahwa dalam memelihara keseimbangan mikrobioma di usus si Kecil yang masih balita, bakteri baik atau probiotik dalam mikrobioma tersebut memerlukan makanan, yang kita kenaldengan sebutan prebiotik. Menurutnya, makanan yang baik bagi bakteri atau prebiotik tersebut adalah prebiotik FOS dan GOS yang dikombinasikan dengan rasio 1:9 sehingga dapat menghasilkan manfaat seperti:

·         Meningkatkan jumlah bakteri baik bifidobacteria

·         Menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteriadan lactobacillus tertentu

·         Mengurangi bakteri patogen atau bakteri jahat penyebab sakit

·         Membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan

Dengan kata lain, kombinasi prebiotik FOS dan GOS tersebut dapat membantu mendukung daya tahan tubuh dan juga mengurangi risiko infeksi pada si Kecil kesayangan Mama.

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Yvan ini didukung pula oleh lebih dari 50 studi terkait yang membuktikan manfaat konsumsiprebiotik FOS:GOS.Dari hasil penelitian oleh Nutricia Research Center yang dilakukan pada 767 anak usia 1-5 tahun di 5 negara, diketahui bahwa mereka yang minum susu dengan kandungan prebiotik IcFOS/scGOS dan n-3 LCPUFA memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit infeksi jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi susu sapi biasa.

Dan Mama dapat  menemukan manfaat tersebut di Nutrilon Royal Actiduobio+ yang mengandung prebiotik FOS:GOS 1:9 dan dilengkapi dengan Omega 3 & 6 dan terbukti secara klinis bantu perkuat daya tahan tubuh si Kecil. Cari tahu lebih lengkapnya disini