Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Seorang ibu muda sedang melakukan meditasi
Untuk Mama

4 Ide Me Time yang Bermanfaat untuk Ibu Bekerja

Article Oleh : Febriyani Suryaningrum 02 April 2024

Sebagai working mom, sangat wajar jika Mama ingin break sejenak dari rutinitas harian yang menyita tenaga serta emosi. Maka agar bisa Menang di Setiap Langkah dengan badan dan pikiran yang lebih segar, Mama harus fokuskan waktu khusus untuk diri Mama sendiri. Ya! Ini Sudah saatnya Mama untuk melakukan me time.

Yuk, cari tahu manfaat me time dan beberapa rekomendasi aktivitasnya yang bermanfaat dari Tim Ahli Nutriclub khusus untuk Mama yang super sibuk!

Manfaat Me Time untuk Working Moms

Mengambil break sejenak untuk fokus pada diri sendiri akan memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik dan mental Mama. 

Jadi, apa saja manfaat yang akan Mama dapatkan dari me time yang berkualitas? Simak daftarnya berikut ini.

  1. Mama jadi lebih sabar.
  2. Mama dapat melepaskan rasa penat dan stres yang selama ini membuat pusing kepala dan lebih sensitif.
  3. Mama dapat lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan. 
  4. Tubuh dan pikiran Mama jadi lebih segar, jadi Mama dapat menghadapi tantangan sehari-hari dengan lebih baik. 
  5. Me time yang dilakukan secara rutin dapat mencegah timbulnya burnout
  6. Mama mendapat kesempatan untuk menghargai setiap kerja keras dan pencapaian selama ini sehingga memiliki konsep diri yang lebih positif.
  7. Mama jadi mengenal diri sendiri dengan lebih baik dan merasa lebih berharga.  

Ketika kondisi fisik dan mental Mama optimal, berbagai urusan kantor dan rumah tangga secara berangsur-angsur akan tertangani dengan baik. Dengan begitu, anggota keluarga dan kolega di kantor akan berterima kasih pada Mama.

Baca Juga: Pentingnya Ibu Menyusui Bebas Dari Stres 

Ide Aktivitas Me Time untuk Working Moms

Terdapat banyak kegiatan yang dapat Mama coba untuk me time. Daftar ide aktivitas berikut ini sudah khusus kami rancang untuk Mama bisa self care demi memanjakan tubuh, penampilan, dan psikis agar bisa terus Menang di Setiap Langkah:

1. Pilates

Untuk menjaga tubuh Mama agar tetap fit dan bugar, Mama bisa me time dengan mengikuti kelas pilates saat weekend

Pilates bermanfaat untuk memperbaiki dan merelaksasi sakit pinggang dengan cara melenturkan dan menguatkan otot-otot tubuh. 

Selain itu, Mama akan diajak berlatih pernapasan, seperti saat menjalani meditasi atau yoga, yang dapat mengurangi stres dan membuat emosi Mama lebih stabil. 

Oleh karena itu, olahraga satu ini cocok bagi Mama yang setiap hari menghabiskan hampir 8 jam duduk di kursi kantor dan menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang membuat penat.

Agar lebih nyaman dan fokus, mungkin Mama bisa memilih kelas dengan kelompok kecil yang isinya hanya 2-3 orang. 

2. Spa

Berkunjung ke spa adalah salah satu self care terbaik untuk mengurangi stres dan menenangkan pikiran.

Dengan pijatan lembut, perawatan kulit satu badan penuh, wangi aromaterapi yang menenangkan, dan lampu yang temaram, tubuh Mama akan merasa rileks dan nyaman.

3. Pergi ke Cafe

Masih banyak pekerjaan menumpuk saat weekend produktif?

Alih-alih bekerja dari rumah, Mama bisa pergi ke kafe untuk menghirup aroma secangkir kopi dan menjajal camilan yang belum pernah dicoba. Selepas itu, baru Mama lanjutkan menyelesaikan pekerjaan yang ada. 

Mama bisa memilih kafe yang memiliki ruang terbuka hijau agar dapat mengedarkan pandang setiap kali mata mulai terasa lelah. 

4. Staycation

Apabila Mama memiliki waktu yang lumayan panjang, Mama bisa me time dengan staycation selama satu atau dua malam di hotel. Pilih hotel yang jauh dari hiruk-pikuk dan keramaian kota atau hotel yang menawarkan banyak fasilitas relaksasi. 

Mama bisa staycation seorang diri atau bersama dengan teman-teman sambil bernostalgia mengenai momen-momen menyenangkan pada masa lalu. 

Masih banyak lagi aktivitas yang dapat Mama lakukan untuk me time sekaligus self care seperti belanja, ke salon, mendapatkan nail art, yoga, hingga menonton konser grup musik favorit.

Tips Mengatur Waktu Me Time

Banyak ibu yang merasa bersalah ketika akan mengambil sedikit waktu untuk me time. Wajar saja, Ma, jika perasaan ini muncul. 

Selama satu minggu penuh Mama mungkin bermain bersama si Kecil di pagi dan malam hari sebelum ia tidur. Lalu, Mama mungkin hanya sempat ngobrol dengan pasangan sesaat sebelum tidur. 

Namun, mari kesampingkan rasa bersalahnya. Sebab Mama dapat selalu mengatur waktu, agar saat weekend dapat tetap quality time bersama dengan keluarga dan bersama diri sendiri. 

Yuk, coba dengan cara di bawah ini, Ma!

1. Tentukan Durasi Waktunya

Me time tidak perlu lama, kok. Menurut ulasan yang dimuat dalam situs Harvard Health, Mama dapat me time paling tidak selama 30 menit. 

Dalam waktu 30 menit ini, Mama benar-benar bisa berfokus pada diri sendiri. Matikan ponsel dan singkirkan semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan kantor dan urusan rumah tangga. 

Salah satu keuntungan dari durasi yang singkat ini yaitu Mama bisa melakukan me time sebagaimana yang kerap dilakukan wanita saat di rumah sendiri, seperti membaca buku atau menonton video YouTube favorit.

Namun jika Mama memiliki waktu luang berlebih, tidak ada salahnya untuk mengambil me time dengan durasi yang lebih panjang. 

2. Buat Jadwal Me Time

Kebahagiaan Mama adalah Mama sendiri yang menentukan, bukan orang lain. Jadi untuk mencapai itu, Mama juga butuh rencana yang matang dengan manajemen waktu yang tepat. 

Dengan membuat jadwal inilah Mama bisa mengatur kapan waktunya mengurus anak, membereskan rumah, menyelesaikan pekerjaan kantor, dan kapan bisa melakukan sesuatu yang bikin Mama bahagia sekali.

Misalnya, ketika anak-anak sudah tidur lelap pukul 10 malam. Mama bisa membaca buku, bermeditasi, atau lakukan apapun kegiatan yang Mama sukai. Sambil multitasking juga boleh. 

Di weekend, Mama dapat membagi waktu dengan lebih leluasa. Misalnya, pagi hingga sore hari untuk bermain bersama anak, kemudian sore hingga malam untuk me time, bisa sendiri atau quality time dengan Papa. Sementara itu si Kecil bisa dititipkan ke oma dan opanya, atau main bersama nanny di rumah.

Apabila Mama memang sangat sibuk, paling tidak sempatkan 30 - 60 menit untuk bermain secara interaktif bersama si Kecil. Gunakan sisa waktu untuk me time demi weekend yang produktif.

3. Titipkan Anak pada Kerabat

Mungkin Mama berpikir bahwa setelah punya anak, hidup tak lagi punya Mama seorang diri. Which is true! Itu kenapa banyak ibu-ibu yang juga berpikiran meninggalkan atau menitipkan anak untuk sekadar menikmati waktu “bahagia” sendiri itu sangatlah egois. 

Padahal, ini tidak sama sekali! Meski kenyataannya Mama tetap tidak punya banyak kesempatan, tapi Mama harus selalu mencari siasat untuk menyempatkan diri melakukannya. Minimal 30 menit dalam satu hari saja.

Jika khawatir si Kecil akan sama siapa saat Mama tidak di rumah dan Papa juga masih bekerja, Mama bisa menitipkan anak sejenak pada orang tua atau mertua. 

Selamat me time, Ma! Jangan lupa juga daftarkan diri di Nutriclub sekarang juga, ya. Dengan jadi member, Mama berkesempatan dapat beragam penawaran eksklusif dan hadiah juara agar bisa Menang di Setiap Langkah mendukung si Kecil bertumbuh kembang optimal.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama

 

  1. Calechman, S. (2018, February 5). Harvard Health; Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/blog/me-time-sounds-good-but-when-exactly-2018020513212
  2. ‌Tips for Spending Quality Time With Your Child. (2015). NAEYC. https://www.naeyc.org/our-work/families/spending-quality-time-with-your-child
  3. Contributing, T. (2021, September 21). How Much Playtime Do Babies and Toddlers Need? What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/how-much-playtime-do-babies-and-toddlers-need
Artikel Terkait
floating-icon