Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
libatkan-anak-pertama-di-masa-kehamilan-ibu_large
Pola Asuh Anak

Libatkan Anak Pertama di Masa Kehamilan Ibu

15 Januari 2020

Agar Ikatan batin di dalam keluarga Ibu akan terjalin dengan baik, maka sebaiknya Ibu melibatkan anak pertama di masa kehamilan Ibu.

Cara Melibatkan Anak Pertama di Masa Kehamilan Ibu

Mungkin si Sulung gembira akan mendapat adik bayi untuk menjadi teman mainnya, namun bisa jadi ia sebenarnya belum mengerti sama sekali. Berikut adalah tips untuk mulai melibatkan anak pertama untuk menyambut kehadiran adiknya.

Di balik rasa gembiranya menyambut adik bayi, mungkin  akan muncul perasaan cemburu atau takut perhatian Ayah dan Ibu mulai teralihkan dari si Sulung.

Selagi masih banyak waktu, habiskan banyak waktu bersama si Sulung. Buat ia yakin bahwa perhatian Ibu dan Ayah tetap ada untuknya. Tapi supaya ia tidak bergantung pada Ibu, buat ia merasa nyaman juga untuk bersama nenek, kakek, sepupunya yang sebaya  atau dengan orang yang akan membantu Ibu ketika adiknya lahir.

Kapan Memberitahu Si Sulung?

Anak-anak biasanya sulit untuk bersabar menunggu sesuatu. Jika usia kehamilan Ibu masih menginjak trimester pertama dan belum ada perubahan fisik yang signifikan, seperti perut yang belum tampak membuncit, Ibu belum perlu memberitahu si Sulung.

Ibu bisa mulai memberitahunya  saat usia kehamilan Ibu menginjak trimester 2 dan sudah mulai tampak perubahan fisik yang ada pada Ibu. Katakan bahwa di dalam perut Ibu ada calon adik bayi. Ia pasti senang diajak mengatakan, "Halo adik!" sambil dibiarkan mengelus perut Ibu.

Did you know?

”Jarak antar kehamilan di bawah 12 bulan dengan kehamilan sebelumnya akan meningkatkan beberapa risiko ganguan pada plasenta dan perkembangan janin di dalam kandungan Ibu. Ketahui selengkapnya di sini.“

Siapkan Si Sulung Menjadi Kakak

Coba buat ia merasa spesial sebagai kakak. Mungkin ia belum mengerti apa yang dimaksud adik bayi. Tapi kalau Ibu menceritakan saat ia bayi sambil melihat foto-foto atau rekaman videonya, ia akan mulai mengerti. Ibu juga bisa mengajak si Sulung saat Ibu memeriksa kehamilan. Ia mungkin akan terkejut dan senang mendengar denyut jantung adik bayi dalam perut Ibu.

Baca Juga: 7 Fakta Karakter Anak Pertama yang Perlu Diketahui

comment-icon comment-icon