Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

kunci-sehat-menambah-berat-badan-balita_large
Kesehatan

Kunci Sehat Menambah Berat Badan Balita

15 Januari 2020

Berat badan terlalu rendah bisa menjadi tanda kondisi fisik yang tidak sehat.

Jika menurut hitungan Body Mass Index (BMI) tubuh si Kecil terindikasi kekurangan berat badan, maka sebaiknya Ibu secara berangsur dan teratur menaikkan berat badan si Kecil supaya ideal. Optimalkan masa tumbuh kembang si Kecil dengan sebaik mungkin.
 
Terapkan Pola Makan Sehat untuk Si Kecil
Untuk menaikkan berat badan si kecil, Ibu bisa menerapkan pola makan teratur yang diikuti oleh seluruh anggota keluarga. Pola makan rutin ini terdiri atas makanan dan cemilan sehat bagi si Kecil. Juga penting bagi Ibu untuk mengajak anak memiliki perilaku positif terhadap makanan, sehingga tidak memilih-milih makanan dan cemilan yang dimakannya. Klik di sini untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil.
 
Perkenalkan Ragam Jenis Makanan dan Rasa pada Si Kecil
Dalam masa pertumbuhannya, biarkan si Kecil mengenal beragam rasa, tekstur dan warna makanan, terutama buah dan sayuran. Hal ini akan membiasakan si Kecil untuk menerima beragam asupan sehat bernutrisi.
 

Did you know?

"Pola makan gizi seimbang bermanfaat memenuhi kebutuhan gizi dan menjaga kesehatan, yang idealnya dibiasakan sejak usia anak."

Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS. SpGK

Jaga Anak Tetap Aktif
Meski misi besar Ibu adalah menaikkan berat badan si Kecil, bukan artinya mereka tak dibiarkan melakukan aktifitas fisik. Beberapa gerak olahraga enerjik mampu membuat otot dan tulang anak menjadi kuat, serta melancarkan peredaran darah si kecil. Biarkan ia melakukan olahraga secara rutin, agar si Kecil terbiasa menerapkan gaya hidup sehat sejak usia dini.
 
Pantau Perkembangan Si Kecil
Jika Ibu telah menerapkan pola hidup sehat dan seimbang kepada si Kecil, Ibu perlu memantau perkembangan berat badan si Kecil dan disarankan dengan mengikuti panduan dokter. Untuk memantau tumbuh kembang si Kecil, ibu sebaiknya rajin berkonsultasi seputar perkembangan si Kecil kepada dokter. Ikuti juga panduan Body Mass Index (BMI) untuk mengukur secara rutin pertumbuhan si kecil.

 

Dapatkan nutrisi terbaik untuk meningkat berat badan si kecil disini
Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
 
  1. Swinburn et al. Public Health Nutrition, 2003: 7(1a), 123-146
  2. Centers for Disease Control and Prevention. Tips for parents -- Ideas to help children maintain a healthy weight. Updated May 19, 2009.
Artikel Terkait