Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
minggu-ke-39_large
Kehamilan & Menyusui

Minggu Ke-39

15 Januari 2020

Pada minggu ke-39 masa kehamilan Ibu, kepala janin akan turun ke rongga pinggul Ibu. Saat ini, Ibu akan semakin merasa tidak nyaman karena si Kecil sedang berpindah turun. Ketahui selengkapnya di sini.

Perkembangan Janin

Satu minggu sebelum melahirkan, kepala janin Ibu akan turun ke rongga pinggul. Tulang-tulang tengkoraknya sudah siap untuk proses persalinan sehingga kepala janin Ibu dapat melewati leher rahim. Panjang janin Ibu kini sekitar 50-51cm dan bobotnya tidak akan berubah banyak di usia kehamilan ini.

Kulit badannya pun sudah berubah warna menjadi putih, apapun warna kulitnya nanti, karena proses pigmentasi kulitnya baru terjadi segera setelah dia lahir.

Did you know?

”Pada minggu ke-39, kepala si Kecil sudah turun ke rongga panggul Ibu sehingga Ibu bisa bernafas lebih lapang, tetapi mungkin sedikit tidak nyaman saat berjalan. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Pahami Tubuh Ibu 

Ibu akan semakin merasa tidak nyaman, terutama dengan pinggul yang semakin sakit karena janin Ibu yang berpindah turun. Tenang saja, rasa sakit ini adalah tanda bahwa tubuh Ibu sedang mempersiapkan untuk proses kelahiran nanti.

Tahukah Ibu?

Di minggu ke-39 ini, janin Ibu mulai mengeluarkan cairan pelindung berwarna putih, yang disebut vernix caseosa. Tubuhnya mulai melepas sel-sel lama karena sel-sel baru kini sedang berkembang.
comment-icon comment-icon