Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
minggu-ke-15_large
Kehamilan & Menyusui

Tumbuh Kembang Janin Minggu Ke-15

15 Januari 2020

Pada minggu ke-15 masa kehamilan Ibu, panjang janin sudah sekitar 10 cm. Saat ini, Ibu dapat mengalami demam karena sistem kekebalan tubuh yang sedang menyesuaikan diri menjaga si Kecil. Ketahui selengkapnya di sini.

Perkembangan Janin Minggu Ke-15

Saat perut Ibu makin membuncit, panjang janin Ibu pun bertambah menjadi sekitar 10 cm. Tulang-tulangnya mulai mengeras dan bulu-bulu halus (lanugo) mulai tampak pada kulitnya. Ekpresi wajahnya mulai berbeda karena otot wajahnya sudah berkembang dan alis mata mulai terbentuk. Dia sudah semakin tampak seperti bayi.

Janin Ibu juga mulai sibuk menghisap dan mengeluarkan cairan amniotik yang berfungsi membantu perkembangan paru-parunya. Kakinya sudah tumbuh lebih panjang dari lengannya. Dia juga sudah mampu menggerakan tulang sendinya.

Did you know?

”Jika Ibu mengalami sakit saat hamil, sebaiknya Ibu tidak mengonsumsi obat dengan sembarangan. Ketahui selengkapnya di sini.“

Baca Juga: Tumbuh Kembang Janin Minggu ke-14

Pahami Tubuh Ibu

Memasuki minggu ke-15 kehamilan, perubahan hormon membuat Ibu mudah pilek dan sering meludah. Mungkin juga Ibu akan mengalami mimisan karena meningkatnya volume darah dan pembesaran saluran darah di dalam hidung. Ibu juga bisa mengalami demam selama hamil karena sistem kekebalan tubuh Ibu harus menyesuaikan diri menjaga bayi dan tubuh Ibu sendiri. 

Walau mengalami berbagai kondisi tubuh tidak menyenangkan, Ibu sebaiknya tidak sembarang meminum obat. Konsultasikan dengan dokter, atau hubungi Tim Ahli Nutriclub.

Tahukah Ibu?

Beberapa ibu hamil akan menjadi sedikit pelupa selama kehamilannya. Rentang konsentrasi Ibu tidak sebaik sebelum hamil. Beberapa penelitian menyatakan bahwa selama hamil otak Ibu sibuk memikirkan kecemasan tentang kehidupan baru yang akan dihadapi saat bayi lahir kelak. Tak perlu khawatir, buat saja catatan kecil untuk membantu Ibu dan beristirahatlah.

Baca Juga: Perkembangan Janin Minggu ke-16

comment-icon comment-icon