Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
heartburn-atau-nyeri-ulu-hati-selama-kehamilan_large
Kehamilan & Menyusui

Heartburn atau Nyeri Ulu Hati Selama Kehamilan

15 Januari 2020

1 dari 2 ibu hamil mengalami gangguan nyeri ulu hati, atau biasa disebut heartburn, biasanya ini terjadi pada periode trimester kedua dan ketiga.

Gangguan ini juga sering disebut naiknya asam lambung, di mana Ibu merasakan iritasi atau sensasi panas pada ulu hati akibat isi perut yang naik dari dalam.

Baca Juga: 15 Cara Mengatasi Mual Di Awal Kehamilan dan Penyebabnya

Penyebab Heartburn pada Ibu Hamil

Saat hamil, plasenta memproduksi hormon progesteron yang juga membuat katup yang memisahkan ulu hati dan perut menjadi rileks. Karena itu, asam lambung bisa merambat naik ke perut, dan menyebabkan rasa panas yang mengganggu.

Did you know?

"Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, panas, dingin, dan makanlah dalam porsi kecil tapi sering, untuk mencegah peningkatan asam lambung yang berlebihan pada ibu hamil."

dr. Jimmy Panji, SpOG

Cara Menghadapi Heartburn

• Hindari makanan yang menyebabkan reaksi pada lambung, seperti minuman bersoda, makanan asam, makanan berlemak, makanan pedas, dan makanan yang penuh bumbu.
• Hindari kopi dan cokelat, yang bisa memicu naiknya asam lambung.
Makanlah dengan porsi kecil tapi sering. Kunyahlah makanan pelan-pelan dan jangan terburu-buru. Makanan yang tidak dikunyah dengan benar akan menambah beban pada lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam.
• Mengunyah permen karet akan membantu memproduksi lebih banyak air liur.
• Mengonsumsi lebih banyak makanan berserat.
• Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman.
• Tidurlah dengan beberapa bantal untuk menopang perut dan kaki.
Jaga kondisi Ibu dari gangguan di masa kehamilan dengan rutin melakukan pengecekan kandungan, konsultasi dengan dokter dan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan Ibu dan janin. Klik di sini untuk informasi lengkap nutrisi bagi ibu hamil.

Baca Juga:

Linea Negra, Garis Hitam Saat Hamil

5 Cara Mengatasi Sembelit saat Hamil

comment-icon comment-icon