Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
ciri-hamil-bayi-laki-perempuan-copy
Kehamilan & Menyusui

13 Ciri Hamil Bayi Laki-laki dan Perempuan

12 Februari 2020

Mama masih bingung menentukan jenis kelamin janin? Meskipun telah banyak cara agar hamil anak laki-laki dan perempuan, Mama perlu mengetahui lebih lanjut tentang ciri-ciri hamil janin laki-laki atau perempuan.

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan dan Laki-Laki

Menebak jenis kelamin sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang saat masih belum ada mesin USG atau alat medis lainnya. Salah satu cara tradisional yang dilakukan nenek moyang kita untuk menebak jenis kelamin bayi adalah dengan acara nujuh bulanan. Di upacara ini, ciri ciri hamil anak perempuan dan laki laki konon bisa diketahui. Jika kelapa yang Mama pilih bergambar Arjuna artinya bayi dalam kandungan Mama berjenis kelamin laki-laki, dan bila yang Mama pilih bergambar Srikandi pertanda bayi perempuan. Atau saat Papah membelah kelapa dan airnya muncrat, artinya Sang Bayi berkelamin laki-laki, jika airnya merembes artinya perempuan. Selain tanda tandah hamil tersebut, banyak Mama yang bertanya letak bayi perempuan sebelah mana dan bayi laki-laki di sebelah mana. Hal ini bisa dijawab dengan ciri-ciri yang dikenalkan oleh nenek moyang.

Bukan cuma itu, loh, Ma. Nenek moyang kita, berdasarkan pengalaman dan pengamatan, juga membuat daftar ciri-ciri hamil bayi perempuan dan bayi laki-laki berdasarkan bentuknya, misalnya bentuk perut Ibu hamil 1 minggu, 2 minggu, dan seterusnya. Hasil pengamatan mereka ini diwariskan turun-temurun hingga ke masyarakat modern sekarang. Beberapa ciri ciri hamil anak perempuan dan laki-laki yang pasti Mama sudah sering dengar:

 

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki

Morning sickness hebat Mual tidak separah hamil anak perempuan dan mualnya tidak hanya pada pagi hari
Perut melebar Perut mancung ke depan
Sakit di sekitar pangkal panggul Sakit di tulang belakang
Detak jantung di atas 140 denyut per menit Detak jantung di bawah 140 denyut per menit
Payudara sebelah kiri lebih besar Payudara sebelah kanan lebih besar
Seluruh tubuh lebih hangat Suhu kaki lebih dingin dari biasanya
Telapak tangan biasa saja Telapak tangan kering dan pecah-pecah
Rambut menjadi lebih kemerahan Kondisi rambut normal-normal saja
Ngidam makanan atau minuman yang manis, segar dan susu beserta olahan susu (misalnya keju) Ngidam yang asin atau asam
Sifat lebih moody, sensitif, cerewet Perubahan sifat tidak signifikan, atau cenderung cuek
Terlihat lebih ?cantik? atau jadi suka berdandan Tampil kucel atau malas dandan
Kulit bersinar Warna kulit menjadi lebih gelap, muncul bercak hitam dan berjerawat
Suka tidur menghadap ke kanan Suka tidur menghadap ke kiri

 

Meskipun demikian, jika Mama ingin mengetahui ciri hamil anak laki-laki yang akurat, begitu pula dengan kehamilan bayi perempuan, Mama bisa melakukan USG atau konsultasi dengan dokter. Banyak dari pengamatan ini adalah mitos karena sekadar pengamatan tanpa didukung penelitian medis. Selain itu, pengamatan ini sering berbeda atau bahkan bertolak belakang antara orang yang satu dengan yang lainnya. Jika ditelaah secara rasional, bentuk perut tidak diakibatkan oleh jenis kelamin; karena baik janin perempuan maupun laki-laki memiliki posisi yang sama dalam rahim, yaitu mendekap lutut menjadi bola kecil agar dapat muat di dalam rahim yang sempit. Bentuk perut ditentukan oleh bentuk tubuh dan rahim Mama.

Pertanyaan yang sering muncul dari para Mama juga terkait dengan letak bayi perempuan sebelah mana. Umumnya, bayi perempuan berada tepat di sekitar pusat perut. Untuk letak bayi laki laki, biasanya lebih aktif bergerak di sisi kanan. Namun, ciri-ciri hamil anak laki-laki itu bergantung pada kondisi sang Mama.

Demikian juga dengan sakit di area pangkal panggul atau pinggang. Rasa nyeri juga tergantung banyak hal, seperti kenaikan berat badan, postur berdiri (kebiasaan membungkuk, suka pakai berhak tinggi, dan lain sebagainya), kurang cairan, dan seterusnya.

Sementara ngidam menjadi tanda tanda hamil yang sangat tergantung pribadi Mama. Ada yang tidak ngidam apapun, ada yang justru Si Papah yang ngidam. Dokter dan psikolog menyimpulkan bahwa ngidam lebih merupakan bentuk meredam ketidaknyamanan selama hamil (rasa kurang enak pada lidah atau mual) dan kekhawatiran akan menjadi orang tua bagi bayi baru. Walhasil, Mama (atau Papah) membutuhkan perhatian ekstra yang diwujudkan dalam permintaan makanan yang spesifik. Jenis makanan yang diinginkan tergantung pada selera masing-masing, ada Mama yang lebih suka makanan asin, ada juga yang lebih suka rasa manis, pedas, atau asam. Jadi, ngidam bukan karena perbedaan jenis kelamin bayi, ya Ma. Ngidam bisa saja dirasakan oleh Mama sebagai tanda hamil anak pertama atau tanda hamil anak kedua. Jadi, ngidam adalah hal yang wajar.

Baca Juga: 13 Istilah USG dan Cara Membaca Hasil USG

Secara medis, tidak ada perbedaan signifikan yang dihasilkan oleh janin perempuan dan ciri-ciri hamil anak laki-laki, walau menurut dr. Febriansyah Darus, saat mengandung bayi laki-laki, di dalam tubuh Mama ada kenaikan hormon androgen. Inilah yang menyebabkan warna kulit beberapa Mama menjadi lebih gelap. Tetapi secara umum, tidak ada perbedaan fisik yang dapat dilihat jelas secara kasat mata atau dengan kata lain tidak ada perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan.

Sesungguhnya, jenis kelamin janin sudah ditentukan sejak pertama konsepsi terjadi. Namun, perbedaan ini baru akan nampak dari genitalia (kelamin) pada umur kehamilan 20 minggu dan lewat pemeriksaan mesin USG pada usia kehamilan sekitar 24 minggu. Mama bisa berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengetahui cara agar hamil anak laki-laki atau perempuan.

Baca Juga: 5 Gejala Umum Kehamilan Trimester Pertama dan Cara Mengatasinya

Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Nah yang menarik, ada sebuah tabel untuk menentukan jenis kelamin kehamilan berdasarkan usia saat terjadi pembuahan. Jika Mama tengah hamil dan belum tahu jenis kelamin bayi Mama, coba buktikan kebenaran tabel ini nanti saat bayi lahir.

 

Bulan Saat Terjadi Pembuahan

Usia Saat Terjadi Pembuahan

Bulan Saat Terjadi Pembuahan

Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
18 F M F M M M M M M M M M
19 M F M F F M M F M M F F
20 F M F M M M M M M F M M
21 M F F F F F F F F F F F
22 F M M F M F F M F F F F
23 M M M F M M F F F M M F
24 M F F M M F M F M M F M
25 F M F M F M F M F M M M
26 M M M M M F M F F M F F
27 F F M M F M F F M F M M
28 M M M F F M F M F F M F
29 F M F F M F M M F M F F
30 M M F M F M M M M M M M
31 M M M M F F M F M F F F
32 M F F M F M M F M M F M
33 F M M F F M F M F M M F
34 M M F F M F M M F M F F
35 M F M F M F M F M M F M
36 M F M M M F M M F F F F
37 F F M F F F M F F M M M
38 M M F F M F F M F F M F
39 F F M F F F M F M M F M
40 M M M F M F M F M F F M
41 F F M F M M F F M F M F
42 M F F M M M M M F M F M
43 F M F F M M M F F F M M
44 M F F F M F M M F M F M
45 F M F M F F M F M F M F
Lihat Semua

F: Female (anak perempuan)
M: Male (anak laki)

Selalu jaga kondisi kesehatan tubuh Mama terutama di masa kehamilan, mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi akan membantu Mama memiliki masa kehamilan yang berkualitas. Klik di sini untuk informasi seputar nutrisi bagi Mama hamil.

Untuk mengetahaui ciri hamil anak laki-laki yang akurat atau cara agar hamil anak laki-laki dan perempuan, Mama bisa konsultasikan dengan tenaga medis. Selain itu, Mama juga bisa konsultasika tips agar hamil anak laki-laki atau agar hamil anak perempuan dengan dokter kandungan.

Demi mendukung perjalanan luar biasa Mama dan Papa sebagai orang tua, Mama juga bisa mengunjungi Nutriclub Expert Advisor untuk pertanyaan dengan berbagai topik, seperti ciri hamil anak laki-laki yang akurat ataupun nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta: Ibu Hamil Tidak Boleh Mewarnai Rambut

  • Brazier, Y. (2017, June 23). How do ultrasound scans work? Retrieved July 23, 2021, from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/245491
  • Weiss, Robin Elise. (2021). Signs Sonographers Look for to Determine the Sex of a Baby. Retrieved July 23, 2021, from: https://www.verywellfamily.com/ultrasound-photos-of-girls-and-boys-in-pregnancy-2758367
  • NHS Lothian. (2018.). PREDICTING YOUR BABY’S SEX BY TESTING FETAL DNA IN YOUR BLOOD. Retrieved July 23, 2021  from: https://services.nhslothian.scot/clinicalgeneticsservice/Information%20Leaflets/Documents/Predicting%20your%20baby%27s%20sex%20by%20testing%20fetal%20DNA%20in%20your%20blood.pdf
comment-icon comment-icon