Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Minggu Ke-16: Tumbuh Kembang Janin

Stimulasi

Minggu Ke-16: Tumbuh Kembang Janin


Pada minggu ke-16 masa kehamilan Mama, janin sudah sebesar buah alpukat. Saat ini, Mama mulai mengidam-idamkan makanan, hingga -benda benda tertentu. Ketahui selengkapnya di sini.

Perkembangan Janin

Di minggu ke-16, panjang janin sudah sekitar 11 cm, seperti buah alpukat. Janin Mama juga sudah bisa menggerakkan kepalanya, berenang di cairan amniotik, dan menggerakkan 40 set ototnya. Selain itu, dia sudah bisa membentuk ekspresi muka dan sudah mempunyai kuku di semua jari tangan dan kakinya.

Kepala bayi sudah lebih lurus atau sejajar dengan tubuhnya sekarang, rambut sudah mulai tumbuh di beberapa area seperti alis, bibir atas, dan dagu. Kemampuan mendengar masih terus berkembang, namun sudah mulai mendengar sedikit suara.

Untuk penglihatannya di minggu ke-16, meskipun kedua matanya masih tertutup, janin sudah bisa merasakan sumber cahaya. Jika Mama mengarahkan senter ke perut Mama, Janin Mama kemungkinan akan menjauh dari arah sumber cahaya.

Untuk gerakan bayi, di usia minggu ke-16 dan minggu ke-19, bayi cukup aktif bergerak karena masih ada cukup ruang untuk bergerak.

Did you know?

”Ngidam bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Ibu membutuhkan makanan dengan zat gizi tertentu. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Pahami Tubuh Mama

Ngidam atau food craving identik dengan keinginan memakan makanan atau benda tertentu. Keinginan ini sebenarnya wajar saja asal tidak berlebihan. Para suami mungkin sedikit direpotkan karena memenuhi keinginan Mama. Tanda-tanda ngidam adalah nafsu makan menurun, merasa mual, dan muntah, namun beberapa bulan kemudian nafsu makan membaik kembali. Pastikan Mama tetap mengonsumsi makanan sehat walaupun sedang ngidam.

Selain makanan tertentu, ada Mama hamil yang mengalami keinginan memakan benda-benda yang bukan makanan (PICA), misalnya kelupasan cat dinding, tanah liat, atau sabun cuci. PICA biasanya dialami karena kekurangan mineral dalam tubuh, dan benda yang diidamkan sering tidak berhubungan dengan level mineral tubuh Mama. Jika Mama mengidamkan makanan yang tidak umum, konsultasikan dengan dokter Mama.

Tahukah Mama?

Selama hamil, mata Mama akan terasa kering dan gatal karena peningkatan hormon. Obat tetes mata dari dokter akan membantu mengatasi hal ini. Sebaiknya ganti lensa kontak dengan kaca mata selama kehamilan.

Apa yang Mama konsumsi setiap hari juga perlu diperhatikan. Bukan hanya memenuhi kebutuhan nutrisi untuk Mama dan janin dari makanan bergizi saja, tapi pastikan setiap hari untuk mengonsumsi susu untuk kehamilan dari Lactamil. Terdapat dua varian susu, yaitu  Lactamil Inisis dan Lactamil Pregnasis

Lactamil Inisis bagi Mama yang sedang mempersiapkan kehamilan. Sedangkan Lactamil Pregnasis merupakan susu yang bisa Mama konsumsi ketika sedang masa Kehamilan. Keduanya dibuat secara khusus untuk dapat mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi Mama dan si Kecil di masa persiapan kehamilan hingga buah hati lahir ke dunia.

Ada kandungan utama yang ada di dalam Lactamil Inisis dan Lactamil Pregnasis yang penting bagi Mama dan bayi dalam kandungan yaitu nutrisi untuk ketahanan tubuh yang diperoleh dari kalsium, asam folat (vitamin B9), DHA, omega-6, vitamin A, C, D3, E, dan sumber protein.

Mama bisa memperoleh Lactamil Inisis dan Lactamil Pregnasis dalam dua varian 200g dan 400g di supermarket terdekat. Untuk Lactamil Inisis tersedia dalam varian rasa cokelat. Sedangkan Lactamil Pregnasis tersedia dalam tiga varian yaitu stroberi, cokelat, dan vanila. Pilih yang Mama suka, ya!

comment-icon comment-icon