Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Minggu Ke-13: Tumbuh Kembang Janin

Stimulasi

Minggu Ke-13: Tumbuh Kembang Janin


Pada minggu ke-13 masa kehamilan Mama, janin sudah berukuran sebesar buah persik. Saat ini, payudara Mama mungkin mulai terasa sedikit kasar karena kelenjar air susu yang mulai berkembang.

Tapi, perlu disadari juga bahwa masa ini adalah waktu yang membawa semangat karena Mama sudah tidak mengalami gejala kehamilan seperti sebelumnya. Kemudian, Mama pun tengah menjalani trimester kedua.

Untuk informasi lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

Perkembangan Janin

Janin di dalam perut Mama sudah berukuran sebesar buah persik, dengan tulang-tulang kecil yang sudah membentuk tangan dan kakinya. Mungkin, Mama kini tak asing lagi dengan gerakan janin di dalam rahim. Panjang tubuhnya yang sudah mencapai 8 cm memang makin aktif menendang dan berputar. Ginjal kecilnya pun mulai bekerja dan mulai mengirimkan air seni ke kandung kemihnya.

Kini ukuran kepalanya sepertiga ukuran badannya. Setiap minggu, ukuran bayi Mama semakin menyerupai ukuran bayi baru lahir.

Did you know?

”Payudara sensitif, nyeri, dan ngilu adalah salah satu tanda awal dari kehamilan. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Pahami Tubuh Mama

Kalau saat ini payudara Mama mulai terasa sedikit kasar, tak perlu khawatir. Penyebabnya adalah karena kelenjar air susu mulai berkembang. Bahkan, payudara Mama mungkin sudah memproduksi kolostrum atau cairan bening yang merupakan air susu pertama untuk makanan bayi setelah lahir. Maka dari itu, kenakan bra yang pas dan tanpa kawat untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat hormon estrogen dan progesteron, serta bertambahnya lemak dan aliran darah di daerah payudara.

Kemudian, selain payudara yang terasa tidak nyaman, kehamilan minggu ke-13 akan memunculkan pembesaran perut yang dapat mulai dilihat. Pasalnya, pada masa ini, janin sedang mengalami pertumbuhan, baik ke atas maupun ke samping.

Selanjutnya, pastikan untuk menjaga keamanan tubuh Mama dengan menghindari risiko-risiko eksternal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Infeksi rubella dan cacar
  • Feses kucing, lantaran adanya risiko serangga toxoplasma gondii yang berbahaya bagi kehamilan
  • Makanan yang tidak matang atau susu yang tidak terpasturisasi, lantaran risiko toxoplasmosis yang mungkin muncul akibat toxoplasma gondii

Tahukah Mama?

Otot pencernaan Mama akan lebih rileks di masa kehamilan karena pengaruh hormon, yang mungkin akan membuat Mama lebih susah dan jarang untuk buang air besar.  Untuk mengatasinya, konsumsilah lebih banyak makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Demikian tadi penjelasan seputar masa kehamilan di minggu ke-13. Kesimpulannya, trimester kedua tidak akan membawa gejala sangat mengganggu seperti sebelumnya. Dengan begitu, Mama pun dapat melakukan kegiatan olahraga secara aman, seperti yoga untuk ibu hamil. Olahraga sangat penting untuk meningkatkan massa otot dan stamina Mama. Kedua hal tersebut sangat berguna saat menjalani proses kehamilan pervaginam nanti!

Namun, perlu diketahui bahwa Mama juga butuh asupan nutrisi lengkap dan seimbang. Untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut, Mama bisa mulai mengonsumsi  Lactamil Pregnasis yang diperkaya dengan formula ACTIDuobio+ guna mendukung kebutuhan nutrisi Mama dan perkembangan janin di masa kehamilan.

Adapun beberapa kandungan tersebut, yakni serat pangan inuiln, asam folat dan omega-6, zat besi dan vitamin C, serta kalsium dan vitamin D. Kemudian, Lactamil Pregnasis pun mengandung lebih rendah lemak demi menjaga kesehatan saat hamil.

Dapatkan Lactamil Pregnasis dari Nutricia dalam dua varian ukuran, yakni 200 gram dan 400 gram, serta tiga varian rasa yang lezat, yaitu vanilla, strawberry, dan coklat. Lactamil Pregnasis aman untuk diminum dua kali setiap hari. Selamat mencoba, ya, Ma!

  • NHS Choices. Week-By-Week Guide to Pregnancy. 2021, www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/2nd-trimester/week-13/. Accessed 3 Aug. 2021.
  • “13 Weeks Pregnant | BabyCenter.” BabyCenter, 2021, www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/13-weeks-pregnant. Accessed 3 Aug. 2021.
comment-icon comment-icon