Vitamin dan Mineral Penting di Masa Kehamilan - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Nutrisi

Vitamin dan Mineral Penting di Masa Kehamilan

Dapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan Ibu di masa kehamilan dengan konsumsi makanan sehat. Berikut adalah vitamin dan mineral yang penting bagi ibu hamil.

Kalsium

Kalsium penting bagi ibu hamil, karena janin di dalam kandungan Ibu memerlukan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk perkembangan jantung, otot dan saraf yang sehat.

Jika Ibu tidak mengonsumsi cukup kalsium di masa kehamilan, maka janin di dalam kandungan akan mengambilnya dari cadangan kalsium pada tulang Ibu. Hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan nantinya.


Sumber kalsium: susu olahan, sayuran dengan warna daun hijau gelap, tofu, kacang almond, roti dan sereal.

Did you know?

"Kebutuhan zat besi ibu hamil meningkat untuk memenuhi kebutuhan janin dan ibu hamil itu sendiri."

dr. Ricky Susanto, M.Kes, SpOG

 

Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel di dalam tubuh. Vitamin ini dibutuhkan Ibu dan si Kecil untuk pembentukan kolagen, yang merupakan komponen protein pada tulang, otot dan kulit. Vitamin C membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

Sumber vitamin C: tomat, apel, jeruk, stoberi, brokoli, kiwi, mangga dan asparagus.

Zat Besi

Ibu hamil memerlukan asupan zat besi. Zat besi penting dalam pembentukan hemoglobin (protein di dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke sel) di dalam tubuh. Kebutuhan zat besi yang terpenuhi dengan baik akan membuat tubuh Ibu dan janin memiliki imunitas yang bagus.

Sumber zat besi: Daging merah dan bayam.

Vitamin B6

Vitamin B6 membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Bagi ibu hamil, vitamin B6 dengan dosis yang tepat akan membantu mengurangi rasa mual di pagi hari. Dosis vitamin B6 yang disarankan bagi ibu hamil, tidak lebih dari 50 miligram (mg) per hari.

Sumber vitamin B6: Daging ayam, daging sapi, pisang, tomat, wortel dan biji kacang kedelai.

Vitamin B12

Jumlah asupan yang disarankan dari vitamin B12 bagi ibu hamil adalah 2,6 mikrogram per hari. Vitamin B12 bermanfaat untuk mengurangi risiko melahirkan bayi prematur atau bayi yang memiliki berat badan rendah saat lahir.

Sumber vitamin B12: Susu kedelai.

Folat

Folat termasuk pada kelompok Vitamin B dan folat memiliki banyak manfaat baik bagi ibu hamil. Selain untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan, folat mendukung plasenta di dalam kandungan.

Folat juga mencegah terjadinya Neural Birth Defect (cacat pada otak dan tulang belakang) seperti spina bifilda atau kondisi dimana tulang belakang janin di dalam kandungan tidak terbentuk dengan sempurna.

Sumber folat: Alpukat, bayam, sayuran berdaun hijau dan jus jeruk.

*) Jika Ibu ingin menambahkan suplemen, konsultasikan kebutuhan Ibu kepada dokter terlebih dahulu.

Dapatkan asupan nutrisi seimbang yang penting bagi ibu hamil di sini.

- Zeisel. AJCN, 2009: 89 (2): 685S-7S
- Ricci et al. Maternal and Child Nutrition, 2010: 6 (4): 297 -305