Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Optimalkan Perkembangan Otak Bayi dengan Asam Linoleat

Nutrisi

Optimalkan Perkembangan Otak Bayi dengan Asam Linoleat


Nutrisi seimbang yang dikonsumsi bayi dan Ibu di masa kehamilan mampu mengoptimalkan perkembangan otak. Tapi, ada salah satu jenis yang kadang dilupakan oleh banyak orang tua, meskipun memiliki fungsi yang sangat penting dan konsekuensi yang berbahaya jika asupannya tidak cukup. Salah satu nutrisi penting bagi otak bayi dan janin tersebut adalah asam linoleat.

Fakta Asam Linoleat

Asam linoleat termasuk pada kategori asam lemak esensial omega 6. Nutrisi ini penting untuk perkembangan otak serta tubuh si Kecil. Asam linoleat berperan dalam proses produksi sel, pengaturan sistem saraf, dan memperkuat sistem kardiovaskular.

Namun, perlu dipahami bahwa asam linoleat bersifat esensial. Artinya, tubuh tidak bisa memproduksi asam linoleat sendiri, sehingga asupan si Kecil hanya berasal dari asupan nutrisi yang Mama konsumsi. 

Did you know?

"Perkembangan otak yang sempurna membutuhkan asupan makan yang seimbang komposisi gizinya."

dr. Etisa Adi Murbawani, M.Si, SpGK

Sumber Makanan untuk Otak Bayi dan Janin

ASI

Seperti yang sudah disebutkan barusan, sebagian dari makanan yang Mama makan merupakan sumber asupan nutrisi janin. Si Kecil memperolehnya saat mama memberikan air susu ibu atau, dikenal juga dengan singkatannya, ASI.

Lemak ikan (fatty acids)

Beberapa jenis ikan, seperti ikan tuna dan salmon, merupakan sumber lemak ikan yang baik. Di dalamnya terdapat salah satu jenis omega-6, yakni asam linoleat.

Minyak canola

Beda dari minyak untuk memasak biasanya, minyak canola secara mayoritas terdiri dari lemak tidak jenuh. Bahkan, asam lemak tak jenuh tunggal pada minyak canola meliputi hingga 21% asam linoleat.

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang, seperti hazelnut, walnut, dan cashew, merupakan sumber omega-6 yang baik. Salah satu jenis omega-6 tersebut adalah asam linoleat yang bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi kacang-kacangan tersebut saat melewati proses kehamilan.

Fungsi Asam Linoleat

  • Memiliki peran sebagai sumber energi
  • Mendukung struktur sel dan meningkatkan fleksibilitasnya
  • Memiliki peran penting bagi perkembangan dan fungsi otak, penglihatan, dan pertumbuhan
  • Mengatur sistem saraf
  • Memperkuat sistem kardiovaskular
  • Membantu tubuh menyerap nutrisi
  • Mampu diubah menjadi asam lemak lain yang dibutuhkan tubuh
  • Membantu proses pembuatan senyawa yang mampu memberi sinyal agar tubuh mengatur tekanan darah, respon sistem imun, dan fungsi tubuh lainnya

Fakta tentang Asam Linoleat untuk si Kecil

  • 60% bobot kering otak janin terdiri dari kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6.
  • Angka Kecukupan Gizi (AKG) Indonesia 2013, menganjurkan bayi pada usia 0-11 bulan mendapat asupan 4,4 gram omega 6 per hari dan 0,5 gram omega per hari.

Demikian tadi penjelasan singkat seputar asam linoleat. Pada dasarnya, salah satu jenis dari omega-6 ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi. Tapi, perlu disadari bahwa omega-6 bukanlah satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya.

Maka dari itu, sebagai nutrisi tambahan di masa kehamilan, jangan ragu untuk mengonsumsi Lactamil Pregnasis dari Nutricia setiap hari. Pasalnya, produk yang dirancang khusus dengan ACTIDuobio+ ini mengandung asam folat dan omega-6 yang tinggi, vitamin D3 untuk tingkatkan penyerapan kalsium, vitamin C guna membentuk dan memelihara jaringan kolagen, protein yang dibutuhkan oleh janin, serta zat besi yang merupakan komponen hemoglobin penting dalam sel darah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, sehingga penting bagi perkembangan jaringan tubuh janin. Selamat mencoba!

  • Rump and Mensink. AJCN, 2001: 797- 806
  • Hansen and Wiese. Pediatrics, 1963: 171 -192
  • “Nuts That Contain Vitamin E, Oleic Acid & Linoleic Acid.” Healthy Eating | SF Gate, 2014, healthyeating.sfgate.com/nuts-contain-vitamin-e-oleic-acid-linoleic-acid-11431.html. Accessed 3 Aug. 2021.
  • Ruairi Robertson, PhD. “Omega-3-6-9 Fatty Acids: A Complete Overview.” Healthline, Healthline Media, 5 Oct. 2020, www.healthline.com/nutrition/omega-3-6-9-overview. Accessed 3 Aug. 2021.
  • Kubala, Jillian. “Is Canola Oil Healthy? All You Need to Know.” Healthline, Healthline Media, 7 Feb. 2019, www.healthline.com/nutrition/is-canola-oil-healthy. Accessed 3 Aug. 2021.
  • Richards, Louisa. “Vitamin F: What It Is, and Why We Need It.” Medicalnewstoday.com, Medical News Today, 19 Mar. 2021, www.medicalnewstoday.com/articles/vitamin-f. Accessed 3 Aug. 2021.
  • Makayla Meixner MS, RDN. “What Is Vitamin F? Uses, Benefits, and Food List.” Healthline, Healthline Media, 13 Nov. 2019, www.healthline.com/nutrition/vitamin-f. Accessed 3 Aug. 2021.
comment-icon comment-icon