Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

11 Manfaat Susu Hamil yang Perlu Ibu Pahami

Nutrisi

11 Manfaat Susu Hamil yang Perlu Ibu Pahami


Mengonsumsi susu selama masa kehamilan ternyata tidak hanya bermanfaat pada tahap awal kehidupannya si Kecil saja, melainkan juga untuk kondisi kesehatan tubuhnya di masa depan. Apa saja manfaat susu hamil untuk si kecil?

11 Manfaat Susu Hamil

 

1. Tumbuh menjadi anak yang tinggi

Dalam sebuah studi dari European Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa Ibu yang rutin mengonsumsi susu hamil, si Kecil kemungkinan besar akan memiliki tubuh yang lebih tinggi dibanding dengan Ibu yang jarang atau bahkan tidak mengonsumsi susu hamil.

2. Terhindar dari risiko diabetes 2

Rutin meminum susu hamil ternyata juga dapat membuat si Kecil memiliki tingkat insulin yang tinggi dalam aliran darah mereka. Kondisi tersebut dapat mengurangi risiko Diabetes 2.

3. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Pemenuhan kalsium yang cukup pada masa kehamilan dapat bermanfaat pada kesehatan tulang bayi, sehingga mengurangi risiko si Kecil mengalami osteoporosis.

4. Terhindar Dari Penyakit Rakhitis

Rakhitis merupakan penyakit akibat melemahnya tulang akibat kekurangan vitamin D. Dengan mengonsumsi susu hamil setiap hari, maka secara tidak langsung Ibu membantu si Kecil terhindar dari penyakit rakhitis.

5. Meningkatkan Kualitas Air Ketuban

Air ketuban berperan penting bagi kesehatan Mama hamil. Namun, tak jarang sebagian Mama hamil mengalami kontaminasi air ketuban karena mengandung bakteri. Karena itu, salah satu manfaat minum susu hamil adalah dapat meningkatkan kualitas air ketuban.

6. Berpengaruh pada Kesehatan Janin

Nutrisi janin dalam kandungan dipengaruhi oleh nutrisi Ibu hamil. Susu khusus Ibu hamil akan meningkatkan kesehatan janin karena mengandung bahan-bahan yang baik untuk daya tahan tubuh.

7. Susu Khusus Ibu Hamil Mengandung Zat Gizi penting

Selain mengandung vitamin D dan zat besi, susu hamil juga mengandung asam folat. Kandungan ini bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi.

8. Memperbaiki Plasenta

Susu untuk Ibu hamil juga dapat membantu memperbaiki plasenta. Sebagai jalan makan antara Ibu dan janin, plasenta membutuhkan protein yang tinggi.

9. Mengurangi Risiko Anemia Ibu Hamil

Ibu hamil cenderung riskan terhadap anemia. Banyak Ibu hamil yang terserang anemia karena kurang pasokan darah ke tubuh. Karena itu, salah satu manfaat konsumsi susu bagi Ibu hamil adalah mengurangi risiko anemia.

10. Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi Janin

Tulang dan gigi janin dapat diperkuat dengan asupan nutrisi Ibu hamil. Karena itu, Ibu hamil perlu mengonsumsi susu.

11. Memperlancar ASI

Salah satu fungsi susu hamil adalah memperlancar ASI. Pasalnya, ada kandungan zat besi dalam susu Ibu hamil.

Namun, sebelum memutuskan membeli susu hamil, Ibu perlu mengetahui beberapa kandungan yang ada di susu hamil hal agar nutrisi si Kecil dapat benar-benar tercukupi. Pastikan susu hamil yang Ibu pilih memiliki kadar lemak yang rendah, mengandung Kalsium, Protein, dan Vitamin D. Menurut para ahli, Ibu perlu mengonsumsi 3 gelas susu hamil setiap harinya agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

comment-icon comment-icon