Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kesehatan

Tips Aman Mempercepat Kelahiran

Menjelang kelahiran, mungkin banyak saran dari teman atau kerabat tentang berbagai hal terkait persalinan, demi memudahkan proses kelahiran.

Beberapa kerabat mungkin menyarankan Ibu untuk minum ini, atau makan itu. Sampai Ibu pusing memutuskannya, namun lebih baik Ibu tidak mengonsumsi obat-obatan apapun sebelum berkonsultasi pada dokter.


Aktif Bergerak Dengan Berjalan Santai


Jalan santai merupakan hal yang aman untuk dilakukan demi membantu pembukaan jalan lahir. Gerakan tubuh Ibu akan mendorong bayi menuju jalan lahir. Jaga supaya langkah Ibu tetap santai. Lakukan dekat rumah, untuk berjaga-jaga kalau terjadi kontraksi.
 

Did you know?

”Kontraksi saat hamil memiliki pola yang teratur. Semakin lama, frekuensinya akan semakin sering dan durasinya akan semakin panjang. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP


Birthing Ball

Birthing Ball berguna membantu janin bergerak. Ibu bisa duduk di atas bola yang lentur dan lembut sambil menggerakan badan. Gerakan tubuh Ibu akan mendorong bayi ke posisi yang baik.


Kenapa Perlu Berhubungan Seks Menjelang Kelahiran?

Hubungan seks adalah teknik kuno yang jitu untuk merangsang kelahiran. Tapi jangan lakukan hubungan seks jika ketuban Ibu sudah pecah, ini dapat meningkatkan risiko infeksi.
Selama berhubungan seks, tubuh melepas hormon oksitosin yang merangsang kontraksi. Lakukan dengan posisi yang aman, misalnya posisi sendok (Ibu dan suami sama-sama berbaring miring depan belakang).

Cairan sperma yang keluar saat suami orgasme, bisa membantu melembutkan leher rahim agar dapat melebar (terbuka).



Memijat Payudara 

 

Memijat payudara terutama puting, dianggap dapat menstimulasi kontraksi, karena melepaskan hormon oksitosin. 

Pijat lembut daerah areola dengan telapak tangan selama 15-20 menit setiap jam. Lakukan beberapa jam setiap hari, agar hormon yang dilepaskan dapat membantu merangsang proses kelahiran.

Namun Ibu tidak disarankan memijat payudara menjelang kelahiran karena dapat menimbulkan kontraksi sebelum waktunya.

Makanan Pedas

Makanan pedas tidak terbukti merangsang proses kelahiran. Ini hanyalah mitos yang berkembang secara turun-temurun, selain tidak terbukti, metode ini memiliki potensi membahayakan kondisi Ibu.

Teorinya adalah leher rahim dan sistem pencernaan berhubungan melalui jaringan saraf yang sama. Jadi dikhawatirkan jika menstimulasi salah satunya, ini juga akan mempengaruhi yang lainnya. Hati-hati!

Jika Ibu menyukai makanan pedas, boleh saja, asalkan jangan sampai perut panas dan sering buang air besar.
 

Jika Ibu ingin melakukan stimulasi untuk mempercepat proses lahiran, teh maka diskusikan dengan dokter. Terutama jika Ibu akan menjalankan operasi, pernah melahirkan prematur atau trauma karena bedah caesar sebelumnya. Tak perlu terlalu cemas bila bayi Ibu terlambat lahir.

Jalani masa kehamilan Ibu dengan asupan nutrisi terbaik yang mengoptimalkan perkembangan janin. Klik di sini untuk informasi lengkapnya. 

facebook-logo twitter-logo