Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Tanda Melahirkan: Air Ketuban Pecah

Kesehatan

Tanda Melahirkan: Air Ketuban Pecah


Saat sudah berada di minggu-minggu terakhir kehamilan, mungkin Mama semakin ingin tahu mengenai apa yang terjadi saat air ketuban Mama pecah. Pecahnya air ketuban merupakan tanda-tanda Mama akan segera melahirkan.

Air ketuban Mama akan pecah secara alami, tepatnya di periode akhir kehamilan. Saat air ketuban pecah, maka kantung yang berisi cairan amnion yang selama ini melindungi si Kecil di dalam rahim akan keluar melalui serviks dan vagina Mama.

Did you know?

”Saat waktu melahirkan tiba, kantung ketuban Mama akan pecah dan airnya akan keluar melalui vagina. Pada saat tersebut, Mama perlu berhati-hati terhadap bahaya infeksi yang mungkin muncul. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Air Ketuban Pecah secara Alami

Jika cairan yang keluar dari vagina Mama merupakan air ketuban, sebaiknya Mama tetap tenang. Hubungi dokter dan ikuti langkah-langkah yang disarankan oleh dokter. 

Seberapa banyak cairan yang Mama keluarkan akan berbeda-beda pada tiap Mama hamil. Jika Mama merasa telah mendekati hari melahirkan, sebaiknya Mama menggunakan pembalut. Cairan amnion itu bening dengan semburat warna kuning dan bisa juga darah. Maka ini akan tampak jelas di pembalut Mama.

Banyaknya air ketuban pecah yang keluar pada beberapa ibu, mengakibatkan mereka sebaiknya meletakkan handuk bersih di bagian pangkal paha. Jika Mama mengalami hal yang sama atau menggunakan mobil untuk pergi ke rumah bersalin, sebaiknya lindungi jok mobil dengan melapisi plastik atau handuk bersih.

Jika air ketuban Mama, tidak kunjung pecah secara alami

Apabila dokter Mama meyakini bahwa dilihat dari penghitungan hari dan semua gejala melahirkan sudah Mama lalui, namun air ketuban Mama tidak kunjung pecah sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini. Misalnya karena serviks tidak melebar atau kepala si Kecil berada jauh di panggul. Jika hal ini terjadi kemungkinan dokter merobek membran ketuban dan ini disebut sebagai amniotomi.

5 Tanda-tanda Air Ketuban Pecah

Ada beberapa tanda keluarnya air ketuban dari vagina Mama hamil. Berikut di antaranya.

  1. Terasa ada letupan yang berwujud cairan saat keluar air ketuban
  2. Pecahnya air ketuban disertai kontraksi
  3. Air ketuban merembas atau menetes sedikit demi sedikit
  4. Air ketuban keluar mengucur
  5. Air ketuban keluar, tapi belum mulas

Itulah tanda-tanda air ketuban pecah pada Mama hamil. Sebaiknya, segera pergi ke rumah sakit saat keluar air ketuban, ya, Ma.

48 Jam Air Ketuban Pecah, Namun Belum Kontraksi

Jika air ketuban Mama telah pecah selama lebih dari 48 jam, dan tahap persalinan Mama belum ada peningkatan, Mama sebaiknya berpikir serius tentang langkah yang akan Mama pilih. Risiko Mama dan si Kecil mengalami infeksi akan meningkat. Diinduksi setelah air ketuban Mama pecah, tidak akan meningkatkan risiko Mama melahirkan secara Caesar. Mama sebaiknya berkonsultasi dengan dokter apakah Mama perlu diinduksi atau tidak. 

Demikian penjelasan seputar air ketuban pecah yang merupakan tanda utama akan terjadinya kelahiran sang buah hati. Kesimpulannya, situasi ini terjadi secara cepat, sehingga membaca informasi seputar apa yang akan Mama alami nanti dapat membantu dalam persiapan Mama dan Papa menuju ruang bersalin di rumah sakit nantinya. Kemudian, Mama pun tidak akan lebih panik atau pun cemas menghadapi air ketuban yang pecah tiba-tiba.

Selagi menunggu saat si Kecil keluar dari rahim Mama, tidak ada salahnya untuk memperhatikan kembali asupan gizi agar kesehatan janin serta proses kelahiran berlangsung aman. Salah satu produk asupan nutrisi tambahan yang bisa Mama konsumsi adalah Lactamil Pregnasis dengan ACTIDuobio+ yang diharapkan mampu menemani Mama dengan kandungan sehatnya dan rasa lezatnya.

Adapun nutrisi yang dimaksud adalah serat inulin untuk menjaga kesehatan pencernaan Mama, asam folat untuk mengurangi risiko terjadinya kelainan tabung saraf otak janin, zat besi untuk mencegah anemia dan preterm birth atau kelahiran prematur, lemak yang rendah demi menjaga kesehatan Mama, serta vitamin D yang tinggi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium.

Dapatkan Lactamil Pregnasis di apotek dan toko terdekat. Produk ini tersedia dalam tiga rasa yang lezat, yakni cokelat, stroberi, dan juga vanila.

Nah, selain mengonsumsi Lactamil Pregnansis, Mama juga bisa langsung konsultasi ke Nutriclub Expert Advisor yang bakal mendukung perjalanan luar biasa Mama dan Papa sebagai orang tua. Menarik 'kan? Selamat mencoba dan semoga sehat selalu, ya, Mama!

comment-icon comment-icon