Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kaki Bengkak Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Atasi

Kesehatan

Kaki Bengkak Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Atasi


Di masa kehamilan, mungkin Mama melihat beberapa bagian tubuh jadi membengkak. Bengkak ini biasanya akan semakin jelas terlihat menjelang persalinan. Berikut adalah tips untuk atasi bengkak saat hamil.

Selama kehamilan beberapa bagian tubuh Mama akan membengkak, termasuk di bagian kaki. Pembengkakan yang terjadi secara umum bisa dibilang normal karena merupakan reaksi alamiah dari tubuh, sebagai konsekuensi dari perubahan regulasi hormon selama masa kehamilan. Kaki bengkak saat hamil pun juga tidak membahayakan Si Kecil.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Pembengkakan tersebut terjadi karena cairan di dalam tubuh Mama meningkat. Mungkin kaki Mama seketika membengkak saat berdiri agak lama atau cincin di jari Mama tiba-tiba terasa sempit. Di trimester akhir kehamilan, pembengkakan ini bisa membuat Mama merasa tidak nyaman, juga mengganggu tidur karena Mama mungkin akan mengalami susah bergerak ataupun kegerahan.

Namun, apabila pembengkakan ini terjadi berlebihan, sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter. Karena tidak menutup kemungkinan tekanan darah Mama juga meningkat.

Did you know?

”Bengkak yang ada di kaki, tangan, atau wajah Mama yang disertai sakit kepala, pandangan kabur, nyeri ulu hati (heartburn), dan tekanan darah tinggi dan/atau kejang harus Mama waspadai karena dapat mengarah kepada keadaan yang disebut dengan pre-eklampsia. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Supaya kaki bengkak pada Mama hamil tidak menjadi berlebihan, tips-tips berikut mungkin bisa membantu mengurangi pembengkakan:

  1. Pola makan sehat dapat membantu mengurangi pembengkakan. Konsumsi bawang putih dan apel dianggap efektif untuk mengatasi pembengkakan.
  2. Hindari makanan asin yang dapat membuat Mama mengalami dehidrasi. 
  3. Latihan fisik ringan secara teratur, terutama berjalan kaki
  4. Latihan kaki sambil duduk atau berdiri untuk mengurangi pembengkakan di pergelangan kaki, bantu tingkatkan sirkulasi darah, dan menghindari kram yang biasa terjadi pada otot betis. Cara yang bisa dilakukan yaitu:
  5. Tekuk dan regangkan kaki ke arah atas dan ke bawah sebanyak 30 kali.2
  6. Putar setiap kaki membentuk lingkaran sebanyak 8 kali ke arah kanan dan 8 kali ke arah kiri.
  7. Gunakan alas kaki dan kaos kaki yang nyaman dan hindari mengikat tali sepatu terlalu kencang.3 
  8. Minum air mineral dalam jumlah yang cukup, setidaknya enam sampai delapan gelas per hari.  
  9. Beristirahatlah di siang hari dan angkat kaki hingga di atas pinggang Mama. 
  10. Hindari berdiri terlalu lama. 
  11. Minta bantuan suami untuk memberikan pijatan lembut. 
  12. Tidurlah dengan berbaring miring ke kiri untuk menghindari tekanan pada vena besar Mama.

Semoga informasi terkait kaki bengkak saat hamil di atas bisa membantu Mama memahaminya dan tahu bagaimana cara mengatasinya. Jika sudah menunjukkan tanda-tanda yang tidak wajar, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter kandungan. 

Dalam keseharian Mama juga perlu memastikan selalu mengonsumsi makanan bergizi. Tak lupa juga rutin mengonsumsi Lactamil Pregnasis yang merupakan susu khusus untuk Mama yang sedang hamil.  Lactamil Pregnasis diformulasikan khusus untuk dukung pemenuhan kebutuhan nutrisi Mama dan si Kecil.

Beberapa kandungan di dalamnya yaitu terdiri dari nutrisi makro sebagai sumber protein, karbohidrat, dan lemak seperti DHA, asam folat, omega 6. Ada juga nutrisi mikro dengan vitamin seperti A, C, D3, E dan mineral seperti kalsium serta zat besi

 Lactamil Pregnasis bisa dibeli di pasaran dalam dua ukuran yaitu 200g dan 400g dan tiga varian yaitu stroberi, coklat, dan vanilla.

comment-icon comment-icon