Kebutuhan Nutrisi & Berat Badan Ideal Bayi Prematur - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Nutrisi

Kebutuhan Nutrisi & Berat Badan Ideal Bayi Prematur

Article By : Galih Nugroho

Reviewer : dr. Merry Dame Cristy Pane

Bayi prematur biasanya memiliki berat badan yang lebih rendah dan ukuran tubuh yang lebih kecil daripada bayi yang lahir cukup bulan. Oleh karena itu, untuk mengejar pertumbuhannya, bayi prematur membutuhkan nutrisi dan perawatan khusus di masa-masa awal kehidupannya.

Selain berat badan yang rendah, bayi prematur juga biasanya belum bisa mengisap dan menelan dengan baik. Karena alasan inilah, banyak bayi prematur yang perlu mendapatkan nutrisi melalui selang makanan. Bahkan, beberapa bayi prematur perlu diberikan asupan nutrisi melalui infus ke pembuluh darah vena (IV).

Menyusui secara langsung pada payudara ibu atau melalui botol susu bisa mulai dilakukan jika kondisi bayi prematur sudah membaik dan kemampuan mengisapnya juga sudah baik.

Nutrisi Utama yang Dibutuhkan Bayi Prematur

Nah, agar tumbuh kembang Si Kecil yang terlahir prematur bisa optimal sehingga dapat mengejar ketertinggalannya, Mama perlu memberikannya ASI eksklusif. ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi prematur, karena kandungannya memang sesuai untuk menunjang pertumbuhan bayi prematur.

Kandungan nutrisi pada ASI yang sangat diperlukan oleh bayi prematur antara lain:

1. Protein

ASI dari wanita yang melahirkan bayi prematur mengandung lebih banyak protein, yaitu 35% atau 0,7 gram lebih banyak daripada kandungan protein pada ASI dari wanita yang melahirkan bayi cukup bulan.

Peningkatan jumlah protein dalam ASI dari ibu yang melahirkan prematur bukan tanpa alasan. Ini merupakan mekanisme alamiah untuk membantu pertumbuhan bayi yang lahir sebelum waktunya, karena bayi prematur memang membutuhkan lebih banyak protein untuk mengejar ketertinggalan pertumbuhan di awal-awal kehidupannya.

Bukan hanya itu kelebihan ASI. Protein pada ASI juga lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi prematur yang masih belum berkembang dengan sempurna.

2. Lemak

Kandungan lemak pada ASI dari wanita yang melahirkan bayi prematur juga lebih banyak. Kadarnya 23% lebih tinggi daripada kadar lemak dalam ASI normal. Kadar lemak yang tinggi pada ASI bayi prematur ini dibutuhkan untuk mempercepat pertambahan berat badan bayi prematur.

3. Karbohidrat

Karbohidrat pada ASI bayi prematur juga terbilang tinggi. Tingginya kadar karbohidrat pada ASI bayi prematur ini berguna untuk membantu penyerapan mineral, seperti magnesium, fosfor, dan kalsium. Karbohidrat kompleks pada ASI juga berperan menghambat perlekatan bakteri jahat pada dinding usus.

Tidak hanya itu, ASI dari bayi prematur juga mengandung lebih banyak sistein, taurin, dan lipase yang bisa meningkatkan penyerapan beragam nutrisi lainnya dari ASI.

Karena kandungannya yang memang sangat ideal untuk mengoptimalkan pertumbuhan bayi, ASI merupakan sumber nutrisi utama untuk bayi prematur. Untuk memahami lebih jauh tentang nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh Si Kecil, Mama bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anak.

Berapa Pertambahan Berat Badan Bayi Prematur yang Ideal?

Selama perawatan, pertambahan berat badan bayi prematur akan dipantau dengan ketat. Target bertambahnya berat badan bayi prematur akan disesuaikan dengan berat badan lahirnya dan usia kehamilan saat ia lahir. Berikut adalah penjelasannya:

  • Untuk bayi prematur yang lahir di usia kehamilan 33 minggu atau lebih, kenaikan berat badan yang diharapkan adalah 20-30 gram per hari.
  • Sedangkan untuk bayi prematur yang lahir di usia kehamilan 24-33 minggu, kenaikan berat badan yang diharapkan adalah 5 gram per hari.
  • Secara umum, berat badan bayi prematur diharapkan naik rata-rata 15 gram per hari untuk setiap 1 kg berat badannya.

Setelah lahir, bayi prematur biasanya akan dirawat di ruang perawatan intensif untuk bayi baru lahir, yang disebut NICU (neonatal intensive care unit). Umumnya, bayi prematur baru diperbolehkan meninggalkan ruang NICU jika berat badannya sudah mencapai 2 kg.

Jika Si Kecil lahir prematur, berikan perawatan kepadanya sesuai anjuran dokter agar ia bisa tumbuh dengan optimal. Meski bayi prematur sudah diizinkan pulang dari rumah sakit dan dirawat di rumah, tetaplah pantau pertumbuhan, perkembangan, dan kondisi kesehatannya dengan memeriksakannya secara berkala ke dokter anak, terutama untuk mendapatkan panduan nutrisi yang tepat.

Referensi:

Boquien C. Y. (2018). Human Milk: An Ideal Food for Nutrition of Preterm Newborn. Frontiers in pediatrics, 6, 295.

Kumar, et al. (2017). Optimizing Nutrition in Preterm Low Birth Weight Infants- Consensus Summary. Frontiers in Nutrition, 4, pp. 20.

Adler, L.C. National Institute of Health (2017). U.S. National Library of Medicine MedlinePlus. Neonatal Weight Gain and Nutrition.

Gidrewicz, D,. & Fenton, T. (2014). A systematic review and meta-analysis of the nutrient content of preterm and term breast milk. BMC Pediatrics, 216.

Primadi, A. Ikatan Dokter Anak Indonesia (2013). Pemberian ASI pada Bayi Lahir Kurang Bulan.

Baby Centre UK (2016). Nutrition for Premature Babies.

Bird, C. Verywell Family (2019). Breastfeeding Benefits for Preemies.

Bird, C. Verywell Family (2019). How Long Should Your Baby Use Preemie Formula?

WebMD (2018). Supplemental Feeding: What and Why.