Mengapa Ibu Harus Memberikan ASI - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Menyusui

Mengapa Ibu Harus Memberikan ASI

Mengapa Ibu harus memberikan ASI kepada bayi? Karena ASI dirancang sempurna untuk memenuhi kebutuhan bayi, dan ada beragam manfaat lainnya baik untuk Ibu maupun bayi.

Keuntungan Ibu memberikan ASI lebih dari sekadar memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh si Kecil. Tidak hanya memenuhi berbagai vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh, ASI juga memiliki kandungan yang melindungi bayi dari penyakit. Studi juga menunjukkan bahwa pemberian ASI juga bermanfaat baik untuk kesehatan Ibu. 

 

ASI melindungi si Kecil dari berbagai penyakit

Berbagai studi menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif melindungi si Kecil dari berbagai virus perut, penyakit pneumonia, infeksi telinga, serta meningitis. ASI memiliki kandungan yang menyesuaikan dengan kebutuhan si Kecil.

Tubuh Ibu merespon patogen yang ada di tubuh dan memproduksi immunoglobulin A (IgA) yang melindungi tubuh si Kecil dari apapun yang terekspos dari Ibu.

Prebiotik oligosakarida yang terkandung dalam ASI merupakan zat yang memberi makan bakteri menguntungkan yang hidup di saluran cerna. Bakteri ini bekerja mendukung daya tahan tubuh si Kecil untuk melindungi dari infeksi.

 

Did you know?

”ASI dapat mengoptimalkan pertumbuhan sel otak si Kecil, terutama karena kandungan protein khususnya, yaitu taurine. Selain itu, ASI mengandung laktosa dan banyak asam lemak. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

ASI Mengurangi Risiko Obesitas pada Si Kecil 

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan ASI sebagai salah satu cara untuk mengurangi risiko obesitas pada si Kecil. Para ahli percaya bahwa ASI mempengaruhi kenaikan berat badan si Kecil, karena beberapa hal:

• Bayi ASI cenderung memiliki pola makan yang lebih baik 

• Bayi ASI memiliki lebih banyak leptin di sistem tubuhnya, yang merupakan hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang.

Pemberian ASI Mengurangi Tingkat Stres Ibu

Pemberian ASI memberikan rasa nyaman dan rileks pada Ibu, karena menyusui memancing hormon oksitoksin yang menimbulkan rasa rileks dan juga mengerutkan rahim. Studi menunjukkan wanita yang memiliki oksitoksin yang tinggi di sistem tubuhnya memiliki tekanan darah lebih rendah saat menghadapi masalah yang menimbulkan stres.

Berbagai Keuntungan Pemberian ASI Lainnya

• ASI gratis, steril dan suhunya selalu tepat.
• Menyusui menurunkan risiko terjangkit kanker payudara, rahim pasca-menopause dan osteoporosis.
Menyusui membantu menurunkan berat badan sehingga mempercepat pemulihan bentuk badan Ibu.
• ASI selalu tersedia, kapan pun dan di mana pun, tanpa perlu disterilkan lagi.