Tingkatkan Kemampuan Imajinasi Balita - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Stimulasi

Tingkatkan Kemampuan Imajinasi Balita

Di masa pertumbuhan si Kecil, direkomendasikan agar Ibu mendukung perkembangan imajinasi balita. Kemampuan imajinasi balita dapat membantu perkembangan aspek psikologisnya. Berikut adalah tips dari Tim Ahli Nutriclub untuk meningkatkan kemampuan imajinasi balita.

Kemampuan berimajinasi si Kecil tidak hanya terkait pada permainan. Pada dasarnya imajinasi dapat membantu si Kecil dalam perkembangan kemampuan sosial, emosional, bahasa dan kemampuan memecahkan masalah.
Saat Ibu menunjukkan si Kecil suasana, pemandangan, suara dan rasa yang baru  maka Ibu membuka rupa dunia yang lebih luas untuknya. Ibu dapat melihat perkembangan imajinasinya saat ia coba mengikuti hal-hal yang ia lihat di sekitarnya.
 
 
Si Kecil mungkin akan mengikuti hal-hal yang Ibu lakukan, seperti membaca, memasak dan mengikuti gaya bicara anggota keluarga di rumah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Ibu praktekan sehari-hari untuk mendukung perkembangan imajinasi si Kecil. Antara lain:
 
- Komunikasi
 Si Kecil yang sering bermain permainan imajitatif atau mendengar dongeng atau membaca akan terbiasa untuk membangun cerita dari dunia di sekitarnya. Ini artinya kemampuan si Kecil dalam berkomunikasi akan terus berkembang dengan baik. Ibu akan melihat bagaimana kosakatanya menjadi semakin kaya dan kepercayaan dirinya dalam berkomunikasi akan terus terbentuk.

Did you know?

”Permainan menyusun blok akan bantu mengembangkan daya eksperimen si Kecil dan memperkaya ide di dalam pikirannya. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP
- Pengendalian Diri
Memainkan permainan yang membuat si Kecil dapat mengerti peran dan berpura-pura menjadi suatu karakter akan membuatnya dapat menjadi orang yang ia inginkan. Artinya ia akan mengasah kemampuannya untuk dapat mengendalikan suatu keadaan dan memahami cara untuk mengendalikan dirinya.
 
Cerita anak-anak secara umum akan memberikan si Kecil keberanian, kemampuan melihat peran-peran dalam kehidupan sosial dan membuatnya lebih tenang dalam mengendalikan semua situasi yang akan ia hadapi nantinya di kehidupan nyata.
 
- Memecahkan Masalah
Membayangan situasi yang bersifat imajinatif akan membantu si Kecil untuk berpikir kreatif, yang dapat bermanfaat untuknya ketika mencoba memecahkan masalah. Kepala si Kecil terbiasa memproyeksikan suatu situasi dalam bentuk sebab-akibat. Semakin dewasa usia si Kecil, kemampuannya pun akan menjadi semakin matang. Anak-anak yang memiliki daya imajinasi yang bagus mampu bertahan menghadapi tantangan dan situasi yang sulit dengan cara yang lebih baik.
 
Tips untuk Mendukung Daya Imajinasi Si Kecil
Berikut ini adalah beberapa cara yang dianjurkan, dalam mendukung perkembangan daya imajinasi si Kecil. Antara lain:
 
- Ajak si Kecil membaca buku
- Ceritakan dongeng dan bantu ia menciptakan pertanyaan
- Isi dunia si Kecil dengan musik yang sesuai dengan usianya
- Batasi waktu si Kecil dalam menonton televisi
- Ajak si Kecil memerankan suatu karakter dalam cerita.