Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Rutinitas Anak

Cegah Obesitas Pada Balita

Obesitas bisa berdampak buruk bagi kesehatan balita, baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Balita dengan berat badan yang tidak ideal, memiliki risiko lebih besar mengalami gangguan kesehatan. Yuk, cegah terjadinya obesitas sejak balita. Agar pertumbuhan dan kesehatan balita optimal.
 
Promosikan Gaya Hidup Sehat
Ibu bisa mencegah terjadinya obesitas pada si Kecil, salah satunya dengan membiasakan pola hidup sehat. Mulai dari mempertimbangkan setiap asupan nutrisi si Kecil, mengatur aktifitas fisik harian dan menyediakan makanan serta cemilan bergizi setiap hari.
 

Did you know?

"Hidup aktif dan makan dengan komposisi gizi yang seimbang mampu mencegah bertumpuknya lemak di dalam tubuh."

dr. Etisa Adi Murbawani, M.Si, SpGK

Ajak Anak Melakukan Aktifitas Fisik
Aktifitas fisik yang rutin dilakukan setiap hari sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan si Kecil. Berikut adalah beberapa hal yang termasuk aktifitas fisik ringan bagi si Kecil:
  • Berdiri.
  • Berjalan dengan ritme lamban ke normal.
  • Bermain ringan.
Sementara, beberapa aktifitas di bawah ini termasuk pada kategori enerjik bagi si Kecil:
  • Permainan aktif.
  • Berjalan dengan ritme cepat.
  • Bersepeda.
  • Menari.
  • Berenang.
  • Melompat.
  • Memanjat.
Terapkan Pola Makan Teratur
Untuk menjaga berat badan si Kecil, Ibu bisa menerapkan pola makan teratur yang diikuti oleh seluruh anggota keluarga. Pola makan rutin ini, terdiri atas makanan dan cemilan sehat bagi si Kecil. Penting bagi Ibu untuk mengajak anak memiliki perilaku positif terhadap makanan.

Makanan Manis? Hanya Bonus!

Ibu perlu membatasi asupan makanan yang kadar gulanya dan lemaknya tinggi. Makanan seperti ini merupakan salah satu faktor terbesar, si Kecil mengalami obesitas. Tipsnya, Ibu bisa berikan makanan ringan ini sebagai bonus bagi si Kecil.

Makanan yang perlu dibatasi tadi antara lain adalah permen, cokelat, chips kentang, minuman manis dan makanan ringan lainnya.

Perkenalkan Anak Ragam Makanan Bergizi

Di masa pertumbuhannya, sebaiknya anak mengenal beragam rasa dan jenis makanan. Perkenalkan ragam buah-buahan dan sayuran kepada si Kecil sejak usia dini.

Berikan si Kecil asupan seimbang yang mendukung pertumbuhannya di sini.

 

Sumber:

-van Baal PH, Polder JJ, de Wit GAet al. Plos Med 2008;5: e29.

- Ogden CL, Carroll MD, Kit BK, Flegal KM.NCHS Data Brief. Centers for Disease Control and Prevention: Atlanta, GA, 2012, pp. 1: 8

facebook-logo twitter-logo