Di saat imbauan untuk tetap tinggal di rumah harus dipatuhi, akan ada saat di mana Mama, Papa dan si Kecil merasa sangat bosan yang dapat memicu stres. Setiap anak juga punya cara yang berbeda dalam menunjukkan stres: ada yang menjadi manja, marah, atau rewel. Badan Kesehatan Dunia (WHO) melansir beberapa tips untuk membantu Mama dan Papa mengelola rasa stres si Kecil.

Hibur si Kecil

Cara terbaik untuk meredakan rasa stres si Kecil adalah dengan menghiburnya. Usahakan agar tidak menunjukkan amarah kepada si Kecil karena dapat mendorong Ia semakin rewel. Berilah si Kecil dukungan, dengarkan keluhannya dan pastikan ia tahu bahwa Mama dan Papa akan selalu menjaga dan mendampinginya.

Tunjukkan Kasih Sayang Mama dan Papa

Layaknya orang dewasa, si Kecil juga membutuhkan rasa sayang dan perhatian lebih, khususnya di masa sulit seperti sekarang. Usahakan untuk meluangkan waktu setiap hari untuk menemani dan menenangkan si Kecil. Jika perlu, cari cara unik untuk bermain dan bersantai bersama.

Jaga Kebersamaan

Jika semua anggota keluarga sehat, usahakan untuk selalu bersama. Kebersamaan dengan orang tua maupun saudara akan membuat si Kecil menjadi lebih tenang. Apabila ada anggota keluarga yang sedang tidak tinggal bersama, cobalah untuk selalu berkomunikasi melalui telefon ataupun video call. Hal ini akan membuat perasaan lebih tenang karena menjalani masa sulit bersama-sama.

Jika kalian harus terpaksa berpisah, carilah cara agar komunikasi tetap terjaga.

Buat Rutinitas Seru

Buatlah rutinitas yang menyenangkan, di mana si Kecil dapat belajar, bermain dan beristirahat dengan baik setiap harinya.

Jelaskan Kondisi yang Sebenarnya

Jika si Kecil sudah cukup besar, cobalah menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi mengenai pandemi Corona Virus (COVID-19) yang sedang berlangsung ini. Bicaralah dengan tenang dan coba jelaskan dengan mudah agar si Kecil dapat belajar untuk menerapkan kebiasaan sehat untuk pencegahan Corona Virus (COVID-19) ini.

Tips untuk Mama dan Papa

Tetap menjalani kewajiban untuk menjaga si Kecil sekaligus berusaha mengatur tanggung jawab lain di tengah wabah Corona Virus (COVID-19) ini tentunya bukan hal yang mudah. Tak heran jika Mama dan Papa mungkin merasa takut, stres, bingung dan khawatir. Simak tips berikut ini, agar Mama dan Papa tetap tenang di tengah situasi sulit ini.

Pahami bahwa Mama dan Papa Tidak Sendiri

Salah satu cara untuk mengusir rasa khawatir dan takut adalah dengan mengobrol dengan orang lain. Mama dapat menelepon keluarga, sahabat dekat atau teman lama untuk saling berbagi cerita. Hal ini membantu Mama dan Papa menjadi lebih tenang karena kita menjalaninya bersama-sama.

Tetap Menjaga Pola Hidup Sehat

Selama menjalankan kegiatan social distancing di rumah, pastikan Mama dan Papa tetap menerapkan pola hidup sehat. Konsumsilah makanan bergizi, istirahat yang cukup, sempatkan untuk berolahraga dan jaga komunikasi dengan orang-orang yang Mama dan Papa sayangi. Cobalah untuk menjalani rutinitas harian Mama dan Papa senormal mungkin, ya.

Akses Berita dari Sumber yang Terpercaya

Di tengah maraknya pemberitaan tentang pandemi ini, Mama harus memilih sumber yang akurat dan terpercaya. Carilah informasi ataupun berita dari sumber yang terpercaya seperti WHO atau otoritas kesehatan setempat. Selain itu, batasi mengakses informasi yang tidak perlu agar Mama tidak menjadi panik dan takut berlebih.

Selain hal-hal di atas, diharapkan Mama dan Papa terus menaati imbauan dari otoritas kesehatan demi mencegah penularan wabah Corona Virus (COVID-19) ini, ya. Tetap pantau informasi terkini tentang wabah Corona Virus (COVID-19) dengan mengakses sumber terpercaya, misalnya dari laman WHO https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019 maupun dari otoritas kesehatan nasional.
Be careful and stay safe ya, Mama dan Papa!

banner expert banner expert

Mama dan Papa memiliki pertanyaan lebih lanjut?

Punya Pertanyaan Seputar Konsumsi dan Nutrisi?

Hubungi Tim Careline Nutricia yang siap menjawab pertanyaan Mama dan Papa.
  • Call Careline (Bebas Biaya)

    0800-1360360

  • Whatsapp Careline

    +6282258581818

  • Tanya Nutriclub Careline

    Respon selambatnya 1x24 jam