Pada masa Pandemi seperti sekarang ini mungkin terasa mengkhawatirkan bagi para Orang Tua, Calon Papa dan Mama yang sedang hamil.

Oleh karena itu, Lactamil & Nutrilon Royal hadir untuk berbagi informasi tentang Bagaimana cara melindungi keluarga Mama dan si Kecil. Karena Mama adalah sumber kontak utama si Kecil dengan dunia luar. Kami merangkum panduan yang sudah di verifikasi oleh World Health Organization (WHO) untuk Mama agar dapat membatasi risiko penyebaran Corona Virus (COVID-19).

7 CARA MELINDUNGI SI KECIL SAAT PANDEMI CORONA VIRUS (COVID-19)

1.
Cuci Tangan Secara Teratur

Corona Virus (COVID-19) disebarkan melalui kontak manusia. Karena itu, mencuci tangan adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari paparan virus. Pastikan Mama sudah mencuci tangan sebelum menyentuh si Kecil dan memastikan siapapun yang akan menyentuh si Kecil agar mencuci tangan terlebih dahulu.

Ajaklah si Kecil untuk lebih sering mencuci tangan, seperti setelah bermain, sebelum dan sesudah waktu makan. Cucilah tangan Mama dan si Kecil secara menyeluruh dan berkala dengan sabun dan air mengalir setidaknya 20 detik. Dan juga gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen sebagai alternatif jika tidak mendapat akses terhadap air dan sabun.

Mengapa perlu mencuci tangan?

Mencuci tangan akan membantu membunuh virus yang mungkin ada di tangan Mama dan si Kecil sehingga dapat melindungi dari infeksi.

Berikut cara mencuci tangan yang benar menurut WHO: www.who.int

2.
Batasi Kumpul Bersama

Di masa Pandemi ini, Mama sebaiknya memastikan untuk meminimalkan interaksi dengan orang lain. Mengurangi kontak dengan orang lain dapat membantu menghentikan penyebaran virus.

Selain menghindari kontak dekat, jaga jarak aman minimal 1 meter (3 langkah kaki) antara Mama dan si Kecil dengan orang lain yang sedang sakit, batuk atau bersin.

Mengapa Mama dan si Kecil perlu menjaga jarak dengan orang yang sakit? Karena ketika seseorang batuk atau bersin, orang tersebut dapat mengeluarkan tetesan kecil dari hidung atau mulutnya yang mungkin mengandung virus, termasuk Corona Virus (COVID-19). Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh oleh Mama atau si Kecil. Selain itu, tetesan kecil itu juga dikhawatirkan dapat terhirup oleh Mama atau si Kecil jika berada dalam jarak yang dekat.

3.
Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

Kita cenderung menyentuh berbagai macam barang setiap hari nya dan tentu tidak dapat dihindari termasuk bersentuhan dengan si Kecil, namun pastikan Mama untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh si Kecil. Hal ini pun berlaku untuk siapa saja yang ingin menyentuh si Kecil.

Mengapa perlu mencuci tangan setelah menyentuh barang-barang? Permukaan yang Mama sentuh dapat saja terkontaminasi dengan virus dan begitu virus telah sampai di tangan, virus tersebut dapat dengan mudah berpindah ke dalam tubuh melalui mulut, hidung atau mata.

Maka, pastikan Mama untuk tidak menyentuh wajah ataupun si Kecil sebelum mencuci tangan.

4.
Menjaga Kesehatan Pernapasan

Pastikan Mama dan orang-orang di sekitar si Kecil untuk selalu menjaga kesehatan pernapasan dengan baik, seperti menutup mulut dan hidung dengan siku yang ditekuk atau tisu saat batuk atau bersin. Kemudian segeralah buang tisu yang sudah digunakan.

Mengapa perlu menjaga kesehatan pernapasan dengan baik? Karena partikel atau tetesan yang berasal dari bersin atau batuk dapat menyebarkan virus. Dengan menjaga kesehatan pernapasan yang baik, Mama berarti juga melindungi si Kecil dan orang-orang di sekitar Mama dari virus seperti pilek, flu dan Corona Virus (COVID-19).

5.
Segera ke Dokter Jika Merasa Sakit

Ketika Mama merasa kurang fit atau sakit, langkah awal adalah dengan tetap tinggal di rumah dan sebisa mungkin untuk sementara waktu membatasi interaksi dengan si Kecil. Jika Mama memiliki tanda-tanda awal demam, batuk dan kesulitan bernapas, segera temui dokter untuk mendapat bantuan medis. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti juga arahan tim medis setempat

Mengapa Mama perlu mengikuti arahan dengan baik? Tim medis Nasional maupun Daerah pasti memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Mama. Selain itu, Mama juga dapat menelepon terlebih dahulu supaya tim medis dapat dengan cepat mengarahkan Mama untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Segera memeriksakan diri Mama juga dapat melindungi dan membantu mencegah penyebaran lebih lanjut dari virus dan infeksi lainnya.

Dan bila Mama memiliki pertanyaan seputar Corona Virus (COVID-19), Mama dapat menghubungi Hotline 119 ext 9, atau mengunjungi website https://www.covid19.go.id/

6.
Siapkan Makanan dengan Aman dan Bergizi

Mama perlu menggunakan talenan atau alas terpisah untuk makanan mentah dan matang. Pastikan untuk selalu mencuci tangan Mama saat sedang menyiapkan makanan baik mentah ataupun matang.

Di situasi ini, guna membangun daya tahan tubuh yang kuat, jangan lupa juga pastikan kebutuhan nutrisi harian si Kecil terpenuhi. Mama tidak harus menghindari daging hanya cukup memastikan semua daging dimasak hingga matang dan terjaga kebersihannya. Corona Virus (COVID-19) dapat menyebar melalui permukaan alat masak yang tersentuh atau bahan makanan yang belum matang. Oleh karena itu, sangat penting bagi Mama yang menyiapkan makanan yang telah dimasak sebagai langkah pencegahan.

7.
Simak Informasi dan Saran dari Sumber Terpercaya

Penting untuk mengetahui informasi terbaru tentang Pandemi Corona Virus (COVID-19) di Indonesia yang tersedia melalui situs resmi pemerintah. Dan bila Mama ingin mengetahui informasi dari sumber yang terpercaya lainnya, silakan untuk mengunjungi situs web World Health Organization (WHO) www.who.int

Dan jangan ragu untuk meminta saran dari sumber terpercaya untuk Mama dan si Kecil, serta hubungi dokter atau tenaga kesehatan segera saat Mama dan si Kecil memiliki gejala Corona Virus (COVID-19).

Sebagai dukungan Lactamil & Nutrilon Royal untuk mencegah penyebaran Corona Virus (COVID-19), Kami membuka layanan gratis untuk Mama yang memiliki pertanyaan tentang si Kecil dan Corona Virus (COVID-19). Mama dapat hubungi Careline Kami di 0800-1360360

Informasi yang tersedia pada laman tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran tenaga kesehatan profesional. Oleh karena itu, Mama harus selalu mencari saran dari tenaga ahli jika Mama memiliki pertanyaan atau masalah.

banner expert banner expert

Mama dan Papa memiliki pertanyaan lebih lanjut?

Punya Pertanyaan Seputar Konsumsi dan Nutrisi?

Hubungi Tim Careline Nutricia yang siap menjawab pertanyaan Mama dan Papa.
  • Call Careline (Bebas Biaya)

    0800-1360360

  • Whatsapp Careline

    +6282258581818

  • Tanya Nutriclub Careline

    Respon selambatnya 1x24 jam