Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
panduan-penyimpanan-makanan-si-kecil_large
Pola Asuh Anak

Panduan Penyimpanan Makanan Si Kecil

15 Januari 2020

Ibu sebaiknya memanaskan makanan dengan sempurna dan kemudian mendinginkannya, sebelum memberikan makanan tersebut pada bayi. Berikut adalah panduan penyimpanan makanan bayi.

Cara Memanaskan Makanan Bayi

Si Kecil biasanya tidak akan menolak makanan yang hangat atau makanan yang memiliki suhu ruangan. Dengan cara memanaskan dan menyimpan yang tepat, maka nutrisi yang terkandung di dalam makanan juga akan bertahan dan dapat dimanfaatkan oleh tubuh si Kecil dengan optimal.

Ikuti langkah-langkah pada panduan di bawah ini untuk memanaskan makanan si Kecil dengan tepat.

  • Panaskan makanan dengan microwave atau dengan panci di atas kompor sampai mendidih. Jangan tergoda untuk mengangkat makanan jika suhunya belum panas atau masih terbilang hangat. Periksa dengan baik apakah makanan itu sudah matang. Kemudian, pastikan agar makanan tidak terlalu panas sebelum diberikan pada si Kecil.
  • Jika Ibu menggunakan kontainer makanan, letakkan kontainer tersebut dalam air panas untuk memanaskannya.  
  • Jangan memanaskan makanan lebih dari sekali dan buanglah makanan yang tersisa. Makanan yang telah disentuh mulut bayi atau sendok mungkin telah mengandung bakteri.
  • Jika Ibu sudah memanaskan makanan itu sebelumnya, jangan terlalu lama membiarkankannya berada dalam suhu ruang. Bakteri mulai berkembang dalam dua jam dan akan berlipat ganda dengan cepat.

Did you know?

”Jangan biarkan wadah dibiarkan terbuka pada suhu ruangan lebih dari dua jam, karena dengan suhu seperti ini makanan cair akan menjadi tempat bagi bakteri berkembang biak. Ketahui selengkapnya di sini.“

Cara Menyimpan Makanan Buatan Sendiri

Pada awalnya, bayi Ibu mungkin hanya makan sedikit saja dari makanan lumat yang Ibu masak. Namun, ada baiknya membuat persediaan dan membekukannya untuk menghemat waktu keesokan harinya. Pembekuan menyimpan vitamin sehingga bayi tidak kehilangan manfaatnya, tapi beberapa petunjuk pengamanan yang perlu diperhatikan:

  • Setelah dingin, bekukan makanan secepat mungkin.
 
  • Suhu freezer harus 18°C atau lebih dingin.
 
  • Gunakan wadah plastik dengan tutup yang rapat atau gunakan kontainer makanan. Tandai dengan jelas isi dan tanggalnya tanggal pembuatannya. 


  • Makanan bayi tidak mengalami perubahan apapun selama tiga bulan dalam freezer. Bila ingin menggunakannya, Ibu dapat mencairkan atau memanaskannya. 
  • Jangan membekukan ulang makanan yang telah dihangatkan. Bila sudah dipanaskan, berikan pada bayi atau buang.
  
comment-icon comment-icon